Tingginya 194 cm dengan Bobot 1,4 Ton, Sapi Jumbo Ini Jadi Terkenal

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 29 Nov 2018 17:28 WIB
Foto: Istimewa
Australia - Sapi bernama Knickers dari Myalup, Australia Barat ini sedang jadi sorotan karena fisiknya. Tinggi Knickers hampir 2 meter dengan berat 1,4 ton!

Knickers adalah sapi jenis Holstein Friesian yang ukurannya dua kali lebih besar dari sapi sejenisnya. Dikutip dari The Sun (29/11), tinggi Knickers mencapai 194 cm dengan bobot 1,4 ton. Padahal berat sapi Holstein Friesian biasanya hanya 680 kg dengan tinggi 125 cm.

Akibat ukuran super jumbo ini, pemilik Knickers yaitu Geoff Pearson mengatakan Knickers tak bisa dipotong di rumah hewan lokal. "Dia terlalu berat. Saya tidak bisa membiarkannya melewati pemrosesan daging. Jadi saya pikir, Knickers akan saya biarkan hidup bahagia selamanya," ujar Geoff.

Tingginya 194 cm dengan Bobot 1,4 Ton, Sapi Jumbo Ini Jadi TerkenalFoto: Istimewa

Baca Juga: Peternakan Sapi Hitam Terbesar di Dunia Ini Punya 32 Ribu Sapi!

Padahal jika Knickers dipotong, para tukang daging memperkirakan akan dapat sekitar 450 potong daging steak dan 370 kg daging cincang. Mengenai asal-usulnya, Geoff bercerita Knickers adalah sapi jantan yang dikebiri.

"Saat dia masih kecil, ketika kami pertama kali mendapatkannya, kami memiliki sapi jantan muda yang merupakan temannya. Jadi kami menamai mereka bra dan knickers (celana dalam wanita)," ujar Geoff.

Tingginya 194 cm dengan Bobot 1,4 Ton, Sapi Jumbo Ini Jadi TerkenalFoto: Istimewa

Geoff yang memiliki sekitar 20.000 sapi mengatakan Knickers juga disenangi sapi lainnya. Terlihat sapi-sapi lain kerap mengikuti Knickers. Makin menonjol karena fisik Knickers berbeda dari sapi Geoff lain yang berwarna hitam polos.

Meski ukuran Knickers sangat besar, ternyata sapi di Australia ini bukanlah yang terbesar. Tahun 2010 di sebuah acara ternak di Roma tercatat seekor sapi Chianina bernama Bellino memiliki tinggi 2 meter!

Baca Juga: Sejak 1838, Peternakan Rangers Valley Produksi Daging Sapi Berkualitas Internasional

(adr/odi)