Garrett Popcorn Tidak Halal, Ini 5 Fakta Unik Tentang Camilan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 08 Jul 2019 13:10 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Garrett Popcorn sedang ramai dibincangkan terkait ketidakhalalan produknya. Menilik sejarah dan varian produknya, ini fakta unik Garrett Popcorn.

Garrett Popcorn dikenal di Indonesia sebagai popcorn premium dengan cita rasa manis maupun gurih yang legit. Harganya juga relatif mahal. Sayangnya Garrett Popcorn belum memiliki gerai resmi di Indonesia.

Akhirnya banyak warga Indonesia mengandalkan Garrett Popcorn dari negara terdekat seperti Malaysia dan Singapura. Bahkan Garrett Popcorn jadi salah satu oleh-oleh hits dari kedua negara ini.

Sebenarnya seperti apa sejarah Garrett Popcorn dan varian apa yang paling disukai banyak orang? Hungry Go Where (8/7) merangkum faktanya seperti berikut.

Baca Juga: Begini Ceritanya Popcorn Bisa Jadi Camilan Wajib di Bioskop Seluruh Dunia

1. Sejarah Garrett Popcorn

Garrett Popcorn Tidak Halal, Ini 5 Fakta Unik Tentang Camilan IniFoto: Istimewa

Mengusung konsep 'Gourmet Popcorn in Chicago' merek popcorn ini sudah ada sejak 1949. Semuanya bermula dari penciptaan popcorn di Jalan West Madison 10, Chicago. Amerika Serikat. Kala itu keluarga Garrett membuka gerai pertama mereka. Kreasi popcornnya ternyata digemari hingga mereka punya lusinan gerai di Chicago sendiri.

Perlahan, Garrett Popcorn juga menyebar ke berbagai negara di dunia. Salah satu kunci kesuksesan perusahaan adalah mempertahankan resep rahasia keluarga Garrett. Konon rasa popcorn ini tak berubah sejak 70 tahun lalu sampai sekarang. Semuanya dibuat handmade dalam skala produksi kecil tiap hari. Popcorn juga dijamin fresh dan enak.

2. Rasa favorit, Chicago Mix

Garrett Popcorn Tidak Halal, Ini 5 Fakta Unik Tentang Camilan IniFoto: Istimewa

Chicago Mix merupakan rasa favorit di Garrett Popcorn. Varian ini menggabungkan popcorn karamel manis dan popcorn keju gurih dalam satu kemasan. Siapa sangka penciptaan produk ini terinspirasi dari para penggemar Garrett Popcorn.

Tahun 1970, mereka melihat banyak fans membeli popcorn CaramelCrisp dan CheeseCorn berbarengan lalu menggabungkan keduanya. Sejak itulah, Garrett Popcorn terinspirasi membuat gabungan keduanya dalam rasa 'Chicago Mix'.

3. Ada rasa unik musiman

Garrett Popcorn Tidak Halal, Ini 5 Fakta Unik Tentang Camilan IniFoto: Istimewa

Bukan hanya rasa keju, karamel, plain, atau almond caramel yang ada di Garrett Popcorn. Secara musiman mereka memperkenalkan rasa unik dalam edisi terbatas. Beberapa diantaranya adalah popcorn strawberry dan Smoky CheeseCorn yang pernah hadir di Malaysia.

Ada juga Matcha CaramelCrisp yang dicampurkan matcha Harada dari Prefektur Shizuoka Jepang. Selain rasa unik, kaleng popcorn edisi terbatas juga kerap jadi buruan para pencinta Garrett Popcorn.

4. Bahan dan kalori Garrett Popcorn

Garrett Popcorn Tidak Halal, Ini 5 Fakta Unik Tentang Camilan IniFoto: Istimewa

Garrett Popcorn mengklaim pihaknya hanya menggunakan kernel jagung non-GMO (Genetically Modified Organisms) dan tanpa bahan tambahan pangan. Semua produk popcorn juga dibuat handmade.

Soal kalori, Nutritionix melaporkan untuk Garrett Mix mengandung 150 kalori per 30 gramnya. Diikuti lemak total sebanyak 6 gram, kolesterol 15 mg, sodium 180 mg, dan total karbohidrat sebanyak 21 gram.

5. Kehalalan Garrett Popcorn

Garrett Popcorn Tidak Halal, Ini 5 Fakta Unik Tentang Camilan IniFoto: Istimewa

Yang sedang ramai dibincangkan di Indonesia adalah soal Garrett Popcorn yang disebut tidak halal. Semua berawal dari unggahan pengguna akun Instagram @anca.id yang dikenal sebagai Halal Food Influencer (6/7). Kala itu ia menyertakan konfirmasi dari netizen @dianwidayanti dengan Garrett Popcorn soal kehalalan produknya.

"Sayangnya, Garrett tidak halal karena proses pembuatan yang digunakan untuk membuatnya (popcorn)." tutur pihak Garrett Popcorn. Lewat Twitter mereka juga menegaskan soal komposisi popcorn premium ini. "Meski tidak semua bahan yang digunakan memiliki sertifikasi halal. Tapi tidak ada daging babi, lemak babi, dan alkohol dalam resep popcorn kami. Untuk daftar bahan-bahan makanan yang kami gunakan untuk setiap resep, bisa dilihat langsung di situs kami," tulis pihak perusahaan.

Baca Juga: Netizen Heboh Garrett Popcorn Tidak Halal, Ini Penjelasannya!



Simak Video "Kejayaan Pedagang di Pasar Baru Sebelum Corona Menyerang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)