Netizen Heboh Garrett Popcorn Tidak Halal, Ini Penjelasannya!

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 07 Jul 2019 10:28 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan kabar bahwa Garrett Popcorn tidak halal. Sehingga menimbulkan perdebatan di media sosial.

Berasal dari Chicago, Garrett Popcorn sudah ada sejak tahun 1949 dan sudah mendunia. Meski belum masuk resmi masuk Indonesia, tapi banyak orang Indonesia yang gemar membeli aneka popcorn buatan Garrett di lewat jasa titip (jastip), atau sebagai oleh-oleh dari luar negeri.

Baca Juga: Begini Ceritanya Popcorn Bisa Jadi Camilan Wajib di Bioskop Seluruh Dunia

Netizen Heboh Garrett Popcorn Tidak Halal, Ini Penjelasannya!Foto: Istimewa

Gerai Garrett Popcorn ini banyak ditemui di Singapura, Malaysia, hingga Thailand. Tapi menurut akun Instagram @dianwidayanti, produk popcorn ini ternyata tidak halal. Di mana hal ini membuat banyak penggemar Garrett Popcorn di Indonesia terkejut.

"Garrett Popcorn. TIDAK HALAL. Jangan shock, jangan denial. Tapi dari konfirmasi @dianwidayanti dengan Garrett, pihak Garrett sudah konfirm bahwa produk mereka tidak halal. Jadi dear Muslim, stop jastip Garret ya, masih banyak makanan halal di luar sana," tulis pengguna akun Instagram @anca.id, yang dikenal sebagai Halal Food Influencer (06/07).

Dari lampiran tersebut, pihak Garrett Popcorn mengkonfirmasi langsung tentang kebenaran hal ini, lewat akun resmi Instagram dan Twitter milik mereka.

"Sayangnya, Garrett tidak halal karena proses pembuatan yang digunakan untuk membuatnya (popcorn)." tutur pihak Garrett Popcorn

Netizen Heboh Garrett Popcorn Tidak Halal, Ini Penjelasannya!Foto: Istimewa

Lebih lanjut pihak Garrett menjelaskan bahwa meski bahan-bahan yang digunakan dalam membuat popcorn ini tidak semuanya memiliki sertifikasi halal, tapi mereka memastikan bahwa tidak ada penggunaan daging babi, lemak babi, hingga alkohol dalam Popcorn Garrett.

"Meski tidak semua bahan yang digunakan memiliki sertifikasi halal. Tapi tidak ada daging babi, lemak babi, dan alkohol dalam resep popcorn kami. Untuk daftar bahan-bahan makanan yang kami gunakan untuk setiap resep, bisa dilihat langsung di situs kami," jelas Garrett Popcorn di akun Twitter mereka @GarrettPopcorn.

Dilansir dari situs resmi Garrett Popcorn, bahan-bahan yang digunakan ada gula, butter, sirup jagung, garam, soda kue, dan produk olahan susu, termasuk kacang dan kedelai.

Berbagai reaksi netizen cukup beragam menanggapi tentang hal ini. Ada yang penasaran bahan makanan apa yang membuat Garrett jadi tidak halal, ada juga yang menyanggahnya dan berkata bahwa tidak semua Garrett itu non-halal.

"Mungkin karena yang ditanya Admin worldwide jadinya bales gak halal. Tapi di Malaysia, (Garrett Popcorn) jawabnya Halal Certified. Tinggal nunggu ada yang nanya ke Garrett Singapura," tulis netizen @pratamaadilan, lengkap dengan lampiran pernyataan dari pihak Garrett Malaysia.

Netizen Heboh Garrett Popcorn Tidak Halal, Ini Penjelasannya!Foto: Istimewa


"Kami (Garrett Popcorn Malaysia) sudah memiliki sertifikasi halal. Tapi semua produk kami tidak mengandung babi atau lemak babi. Saya harap ini dapat menjelaskan,"tutur pihak Garrett Malaysia.

"Pantesan enak banget rasa nih popcorn ternyata gak halal. Sedih kenapa harus tau ini, harusnya pura-pura gak tau aja biar bisa makan Garrett lagi," tulis seorang netizen.

Tapi banyak juga yang bergurau, bahwa meski Garrett Popcorn ternyata halal mereka tetap tidak bisa membelinya, karena harga popcorn Garrett yang cukup mahal.

"Lag rame popcorn Garrett gak halal. Mau halal atau ngga, gue kalau beli popcorn tetep paket serbu. Popcorn plus minum yang harganya Rp 20 ribu," tulis netizen lainnya.

Hingga saat ini unggahan tentang Garrett tidak halal di akun @anca.id sudah mendapatkan lebih dari 1.190 komentar, dan disukai lebih dari 13.928 pengguna.

Baca Juga: Bukan dengan Mentega, Popcorn di India Dimasak dengan 'Pasir'

Simak Video "Kenikmatan Hakiki! Makan Es Krim Sambil Selfie di Museum"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)