Potongan Rumput Plastik Selalu Diselipkan pada Sushi, Apa Gunanya?

Shara Azzhara - detikFood Kamis, 04 Jul 2019 14:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sushi yang disajikan di piring atau dikemas dalam kotak plastik selalu diselipi potongan plastik berwarna hijau seperti rumput. Apa gunanya?

Asli dari negei sakura, sushi kini sudah menjadi makanan global. Versi dan jenisnya juga sangat beragam. Bahkan banyak variasi sushi yang kian kekinian. Beberapa gerai sushi masih memegang teguh tradisi penyajian sushi. Termasuk sushi dalam kemasan untuk takeaway.

Saat membeli sushi untuk dibawa pulang, Anda akan mendapatkan pelengkap seperti wasabi, acar jahe (gari), serta shoyu. Namun benda lain yang tidak pernah absen dari kemasan sushi lainnya adalah potongan plastik kecil, berwarna hijau dan berbentuk rumput. Bukan hanya dekorasi, sebenarnya potongan ini memiliki pengaruh penting dalam tradisi Jepang.

Potongan Rumput Plastik Selalu Diselipkan pada Sushi, Apa Gunanya?Foto: Istimewa

Baca juga : Ini 9 Tips dari Sushi Chef untuk Nikmati Sushi Secara Maksimal (1)

Menurut New York Times, potongan plastik tersebut digunakan sebagai pengganti tradisi yang sudah dijalankan selama berabad-abad. "Itu berasal dari haran, Ha adalah daun. Ran adalah anggrek atau lily," ungkap Chef Masa Sasaki dari Sasaki Restaurant di San Fransisco.

Pada masanya, orang menggunakan haran untuk mencegah aroma dan rasa makanan bercampur menjadi satu. Seperti campuran aroma nas dan ikan yang digunakan dalam sushi.

Para koki di Jepang biasanya menggunakan daun bambu yang bukan hanya mencegah pencampuran rasa dan aroma, tetapi juga mengandung zat antimikroba. Sehingga makanan yang dibuat tidak mudah terkontaminasi bakteri dan memperlambat pertumbuhannya. Haran adalah tradisi yang sangat dihormati di Jepang hingga ada pula seni memotong daun menjadi pola-pola cantik yang disebut dengan sasagiri.

Potongan Rumput Plastik Selalu Diselipkan pada Sushi, Apa Gunanya?Foto: Istimewa

Baca juga : Happy Banana: Segarnya Carpaccio Tenggiri dan Fusion Sushi Enak di Labuan Bajo

Di zaman modern, kini daun telah digantikan dengan potongan plastik baik di Jepang maupun di negara lainnya. Meski tidak memiliki fungsi antibakterii, namun jika plastik diletakkan di setiap potongan sushi akan memisahkan rasa masing-masing potongan. Terlebih lagi, potongan plastik yang digunakan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

Selain dapat digunakan untuk memisahkan rasa sushi, haran kini juga hadir dalam berbagai bentuk yang cantik dan lucu. Haran jenis ini biasa digunakan untuk menghias bento atau bekal makan untuk anak-anak agar lebih semangat menyantapnya.

Baca juga : Auto Gendut! Wanita Ini Mukbang Sushi Salmon hingga Octopus Super Jumbo



Simak Video "Tinker Kitchen, Dapur untuk Para Chef Amatir"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)