Happy Banana: Segarnya Carpaccio Tenggiri dan Fusion Sushi Enak di Labuan Bajo

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 18 Jun 2019 17:00 WIB
Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini
Jakarta - Di sini ada fusion sushi roll tuna hingga unagi segar. Carpaccio ikan tuna dan tenggirinya pun tak kalah menggoda. Mantap!

Berada di seberang kantor cabang Bank Mandiri, Labuan Bajo, Flores, Happy Banana tidak pernah sepi pengunjung. Walau tidak menempati gerai yang luas, restoran yang dikenal dengan sajian Japanese Fusion hingga vegan ini tergolong nyaman.

Happy Banana: Segarnya Carpaccio Tenggiri dan Fusion Sushi Enak di Labuan BajoFoto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Mengusung konsep ethnic rustic, cafe mungil ini didominasi warna cokelat kayu. Beberapa barang etnik turut mempercantik ruangan.

Mengintip buku menunya, Happy Banana punya banyak pilihan sajian sehat serta Japanese fusion dan Italia. Kabarnya, semua seafood yang digunakan di sini dijamin kesegarannya. Tak heran kalau restoran yang juga dikelola oleh Chef Itoph ini berada di urutan teratas berdasarkan hasil ulasan di situs TripAdvistor di wilayah Labuan Bajo.

Happy Banana: Segarnya Carpaccio Tenggiri dan Fusion Sushi Enak di Labuan BajoJamu ala Happy Banana, berwarna oranye tua. Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Dari pantauan kami saat datang ke sini, kabanyakan justru turis asing yang sering berkunjung. Rata-rata mereka mencicip minuman dingin tradisional Indonesia, yakni jamu hingga hidangan sehat seperti Poke Bowl serta sushi.

Kami memulai santap malam dengan menu pembuka favorit bernama Happy Carpaccio (Rp 62.000). Kalau biasanya ikan salmon dan tuna yang dijadikan carpaccio, Happy Banana justru pilih padukan tuna dan ikan tenggiri.

Happy Banana: Segarnya Carpaccio Tenggiri dan Fusion Sushi Enak di Labuan BajoCarpaccio tenggiri dan tuna dari laut Flores. Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Aroma wangi minyak zaitun dan saus ponzu saling beradu dalam menu ini. Empat iris ikan tenggiri sengaja diletakkan di tengah dan diapit oleh dua iris tuna di tiap sisinya.

Hmmm.. Wangi gurihnya semerbak. Paduan rasa saus ponzu dan minyak zaitun dengan potongan tomat segar dan daun bawang terasa manjakan lidah. Ditambah lagi dengan taburan rempah berwarna merah bernama 'sumac'.

Rempah yang tumbuh di kawasan Timur Tengah dan Mediterania ini punya rasa yang asam dengan selipan rasa asin. Penambahan sumac dalam carpaccio turut menyemarakkan rasa. Nyam!

Happy Banana: Segarnya Carpaccio Tenggiri dan Fusion Sushi Enak di Labuan BajoBajo Sandwich. Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Sebelum menyantap hidangan utama, kami penasaran dengan rasa Bajo Sandwich (Rp 89.000). Berdasarkan keterangan salah satu stafnya, menu ini disajikan dengan gaya berbeda.

Benar saja, begitu datang tampilan Bajo Sandwich sangatlah cantik dan sedikit mirip Poke Bowl. Roti gandum panggang berwarna cokelat sengaja dipotong dadu. Begitu pun dengan isian berupa alpukat juga tuna. Tuna di sini memang tidak semerah tuna yang biasa Anda lihat. Namun segar dan tanpa campuran bahan pewarna.

Karena dikenal dengan kesegaran tunanya, Happy Banana sengaja menyajikan tuna dalam keadaan mentah sebagai isian sandwich. Irisan tipis lobak dan potongan black olive turut memperindah tampilan sandwich. Rasanya, potongan roti yang renyah dengan tuna segar lembut dan alpukat creamy menyatu dalam saus yang bercita rasa ringan nan tak terlalu asam.

Happy Banana: Segarnya Carpaccio Tenggiri dan Fusion Sushi Enak di Labuan BajoTiger Roll, fusion sushi dengan tampilan cantik. Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Tibalah saatnya kami mencicip dua menu sushi favorit di sini yakni, Tiger Roll dan Happy Banana Roll.

Tiger Roll (Rp 89.000), sushi roll berisi crab stik goreng tepung dan alpukat yang diberi topping irisan tuna segar dan tobiko. Lalu diberi lelehan saus shoyu dan mayo. Rasanya selezat tampilannya, gurih segar dengan saus yang asam gurih.

Berbeda dengan Tiger Roll, Happy Banana Roll justru tawarkan rasa yang unik. Fusion sushi ini berisi irisan tuna, ikan tenggiri, wakame, unagi, cincangan tuna dan tenggiri yang sudah diolah, irisan satu buat cabe rawit, dan cottage cheese. Semua bahan digulung dalam lembaran nori. Kemudian dibalut tepung dan digoreng sehingga tampilannya mirip seperti tempura.

Happy Banana: Segarnya Carpaccio Tenggiri dan Fusion Sushi Enak di Labuan BajoHappy Banana Roll yang lebih besar dari kimbab. Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Begitu digulung dengan nasi, tobiko, dan nori, tampilan Happy Banana Roll jadi terlihat mirip seperti kimbab. Ukurannya yang besar jika dimakan seporsi juga mengenyangkan.

Sushi roll yang satu ini cukup mengejutkan lidah. Rasa lezat unagi dan tenggiri cukup dominan. Kunyahan berikutnya terselip rasa cottage cheese dan lelehan saus shoyu dan mayo. Enaknya, begitu digigit ada tekstur renyah dari isian sushi.

Happy Banana: Segarnya Carpaccio Tenggiri dan Fusion Sushi Enak di Labuan BajoMenu sehat, Rainbow Poke Bowl. Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Oh ya, shoyu di sini sudah diracik oleh tim chef Happy Banana sehingga rasanya sudah sangat pas untuk dicelup dengan sushi.

Selain carpaccio, sandwich, dan sushi, lidah Anda juga bisa dimanjakan dengan poke bowl, smoothie bowl hingga ragam sajian khas Italia. Seperti pasta dan polenta. Selain itu, Happy Banana juga menyediakan menu sehat gluten free hingga dessert unik bernama Coconut Chia Pudding.

Selain enak, restoran ini juga ramah bagi vegan. Jadi, kalau ke Labuan Bajo jangan lupa mampir ke sini!

Happy Banana
Jl Soekarno Hatta
Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
Telp: 0812-3849-5329

(dwa/odi)