Kreasi Mie Instan Unik

6 Fakta Momofoku Ando, Sosok Penemu Mie Instan Pertama di Dunia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 01 Jul 2019 14:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Kreasi Mie Instan Unik
Jakarta - Mie instan yang kita nikmati sekarang merupakan penemuan seorang pengusaha Jepang, Momofuku Ando. Bagaimana kisahnya saat membuat mie instan pertama di dunia?

Pencinta mie instan perlu tahu sosok yang berjasa menciptakan mie instan pertama kali. Adalah Momofuku Ando yang membuat mie instan "Chicken Ramen" pada tahun 1958. Berikut fakta unik soal Momofuku Ando seperti dikutip dari Heavy (1/7):

Baca Juga: Chicken Ramen, Mie Instan Pertama Diciptakan 55 Tahun Lalu

1. Meninggal di usia 96 tahun

6 Fakta Momofoku Ando, Sosok Penemu Mie Instan Pertama di DuniaFoto: Istimewa

Ando adalah pengusaha Jepang kelahiran Taiwan yang lahir pada 5 Maret 1910. Ia dikenal dunia berkat jasanya menciptakan ramen instan pertama di dunia pada tahun 1958 dengan nama Chickan Ramen. Ando wafat tahun 2007 dalam usia 96 tahun karena gagal jantung.

Meski begitu, Ando mengaku salah satu rahasia umur panjangnya adalah karena memakan Chicken Ramen hampir setiap hari. Saat wafat, ia meninggal seorang istri bernama Masako, dan dua anak yaitu satu anak laki-laki dan satu anak perempuan.

2. Ide menciptakan mie instan dari kelangkaan makanan di Jepang

6 Fakta Momofoku Ando, Sosok Penemu Mie Instan Pertama di DuniaFoto: Istimewa

Ando mengalami masa kelangkaan makanan di Jepang pada era pasca-Perang Dunia II. Saat itu, setelah menyerah, pemerintah Jepang mendorong masyarakat untuk makan roti alih-alih mie. Alasannya adalah karena perusahaan mie pada waktu itu sangat tidak stabil dalam memenuhi permintaan konsumen.

Ando lalu terinspirasi membuat Chicken Ramen pada tahun 1958. Mie dibuat dengan cara menyemprot mie yang sudah dikukus dan dibumbui dalam minyak panas. Biaya produksinya kala itu 6 kali lipat dari mie biasa. Perlahan, bisnis mie instan Ando berjalan baik.

Setelah melakukan perjalanan bisnis ke Amerika Serikat tahun 1971, ia memperhatikan bagaimana orang Amerika mengonsumsi mie. Ando kemudian terinspirasi menjual produknya di cangkir polystyrene yang sekarang terkenal. Konsep ini membuat mie panas lebih lama.

3. Pernah dipenjara karena pajak

6 Fakta Momofoku Ando, Sosok Penemu Mie Instan Pertama di DuniaFoto: Istimewa

Tepat sebelum mendirikan 'kerajaan' mie-nya, Ando bekerja di bidang keuangan dan duduk sebagai dewan Credit Union di Jepang. Tahun 1948, menurut berita kematiannya di Los Angeles Times, Ando ternyata pernah dipenjara karena menghindari pajak.

Namun Ando mengklaim dirinya memberikan beasiswa kuliah untuk siswa miskin. Saat itu hal tersebut dianggap ilegal di Jepang. Segera setelah pembebasannya, Ando benar-benar bangkrut dan kehilangan hampir segalanya. Sebelumnya ia juga diketahui memiliki toko tekstil, yang merupakan bisnis keluarga. Ketika dia menemukan pencerahan lewat inovasi mie instan, Ando juga baru mendirikan perusahaannya yang bernama Nissin untuk memproduksi garam di Osaka.

Baca Juga: Mie Instan Ternyata Jadi Penemuan yang Paling Membanggakan Bagi Orang Jepang

4. Alasan khusus memilih ayam sebagai rasa pertama mie instannya

6 Fakta Momofoku Ando, Sosok Penemu Mie Instan Pertama di DuniaFoto: Istimewa

Dalam otobiografinya tahun 2002 berjudul 'How I Invented Magic Noodles', Ando menulis bahwa secara khusus ia memilih ayam sebagai rasa pertama mie instannya. Menurut Ando, konsumsi ayam tidak dilarang di agama mana pun.

Ia menulis, "Dengan menggunakan sup ayam, ramen instan berhasil menghindari tabu agama saat diperkenalkan di berbagai negara. Orang-orang Hindu mungkin tidak makan daging sapi dan orang-orang Muslim mungkin tidak makan daging babi, tetapi tidak ada satu budaya, agama atau negara yang melarang makan ayam."

5. Ada dua museum yang mendedikasikan sosok Momofoku Ando

6 Fakta Momofoku Ando, Sosok Penemu Mie Instan Pertama di DuniaFoto: Istimewa

Ada sebuah museum yang didedikasikan untuk Ando di kota Ikeda di Osaka, Jepang. Namanya Museum Ramen Instan Momofuku Ando yang tiket masuknya gratis. Ada juga museum CupNoodles di Yokohama. Di dalam museum tersebut, pengunjung dapat membuat cangkir mie sendiri menggunakan berbagai bahan.

Di tahun 2005 Ando merasa bangga karena saat itu astronot Jepang bernama Soichi Noguchi berhasil membawa mie instan yang sudah dikemas dalam vakum khusus dalam pesawatnya. Ando berujar, "Aku telah menyadari mimpiku bahwa mie bisa pergi ke luar angkasa."

6. Ada perayaan Momofuku Ando Day

6 Fakta Momofoku Ando, Sosok Penemu Mie Instan Pertama di DuniaFoto: Istimewa

Tiap tahun di Texas, Amerika Serikat terdapat perayaan Momofuku Ando Day. Hal ini berawal tahun 2007, tepat di bulan wafatnya Ando di sebuah rumah sakit di Dallas. Tujuan perayaan ini adalah untuk menghormati sosok legenda ini.

Momofuku Ando Day jatuh pada hari Jumat kedua di bulan Januari. Banyak orang menyukai perayaan ini karena ramen atau mie instan dianggap sebagai makanan cepat saji andalan banyak orang. Baik untuk pegawai rumah sakit, mahasiswa, hingga para korban bencana.

Simak Video "Puas Menjajal Rice Bowl Lidah Sapi yang Mengenyangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Kreasi Mie Instan Unik