Kreasi Mie Instan Unik

Rasa dan Tampilannya Makin Unik, Mie Instan Tetap Digandrungi di Dunia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 01 Jul 2019 12:00 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Kreasi Mie Instan Unik
Jakarta - Kreasi mie instan terus berkembang. Dari sisi rasa, variannya semakin beragam. Begitu juga dengan paduan dan tampilannya yang penuh dengan kejutan.

Mie instan dikenal dengan varian mie cup (mie dalam kemasan), mie goreng, dan mie rebus. Olahan mie praktis ini tak hanya populer di Indonesia, tapi juga di banyak negara Asia lain seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Korea Selatan, dan Jepang.

Soal sejarah, mie instan lekat kaitannya dengan Jepang. Di negeri Sakura inilah pertama kali mie instan dibuat hingga jadi mendunia seperti sekarang. Kisahnya tak lepas dari peran pengusaha bernama Momofuku Ando.

Rasa dan Tampilannya Makin Unik, Mie Instan Tetap Digandrungi di DuniaFoto: Istimewa

Dikutip dari World Instant Noodle Association (1/7), tahun 1958 Momofoku Ando membuat "Chicken Ramen" yang menjadi mie instan pertama di dunia. Mie dibuat dengan cara menyemprot mie yang sudah dikukus dan dibumbui dalam minyak panas.

Kepopuleran mie instan berlanjut dengan munculnya mie instan kemasan merek Cup Noodles tahun 1971 di Jepang. Mie ini berbeda dari "Chicken Ramen" Ando karena ditempatkan dalam styrofoam dalam keadaan kering, berikut dengan bumbu raciknya.

Rasa dan Tampilannya Makin Unik, Mie Instan Tetap Digandrungi di DuniaFoto: Istimewa

Sejak saat itu, kehadiran mie instan merambah ke berbagai negara Asia, disusul ke Amerika dan Eropa. Banyak orang begitu menyukai mie instan. Sebagai bukti, permintaan global tahunan untuk mie instan diperkirakan sekitar 15 miliar porsi pada tahun 1990, dan permintaan meningkat menjadi 50 miliar porsi pada tahun 2001, hingga melebihi 100 miliar porsi pada tahun 2012.

Baca Juga: Saat Masak Mie Instan, Sekaligus Dengan Kuahnya Atau Dipisah?

Di Indonesia, mie instan diperkenalkan tahun 1968 oleh PT Sanmaru Foods Manufacturing Indonesia melalui merek Supermi. Kemudian di tahun 1972, mulai muncul merek mie instan lainnya yaitu Indomie.

Jika dulu variannya terbatas, kini rasa mie instan di Indonesia juga sangat beragam. Para produsen mie lokal giat melakukan inovasi. Mereka menggabungkan unsur hidangan daerah atau hidangan lokal menjadi rasa baru mie instan.

Rasa dan Tampilannya Makin Unik, Mie Instan Tetap Digandrungi di DuniaFoto: iStock/Istimewa

Contohnya mie goreng Aceh, mie goreng tahu tek, dan mie goreng cakalang yang jadi favorit. Ada juga varian rasa mie instan rebus seperti empal gentong, sop buntut, soto Medan, dan mie kocok Bandung. Semuanya sukses mengundang rasa penasaran masyarakat begitu diluncurkan.

Menilik kreasi mie instan di negara Asia lain sekarang juga tak kalah menarik. Ada Jepang yang jadi pionir pencipta rasa unik. Begitu juga dengan mie instan dari Malaysia, Singapura, Thailand, dan Korea yang kini banyak digandrungi di Indonesia.

Rasa dan Tampilannya Makin Unik, Mie Instan Tetap Digandrungi di DuniaFoto: iStock/Istimewa

Banyak supermarket menawarkan varian mie instan impor ini. Beberapa diantara merek mie itu sudah dibubuhi sertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga tak perlu dipertanyakan lagi status kehalalannya.

Baca Juga: Mie Instan Korea Bersertifikat Halal Populer di Kalangan Muslim

Saking populernya mie instan, sekarang banyak kafe dan restoran bahkan mengkhususkan diri pada penyajian mie instan kekinian. Mie dibuat lebih istimewa dengan padu padan tak biasa hingga tampilannya yang super unik seperti jadi sushi atau kebab.

Rasa dan Tampilannya Makin Unik, Mie Instan Tetap Digandrungi di DuniaFoto: iStock/Istimewa

Nah, pada ulasan kali ini, detikFood akan membahas secara khusus soal kreasi mie instan unik. Mulai dari jenis populernya di tiap negara Asia, yang hits di Indonesia, hingga rekomendasi tempat menikmati mie instan unik.

Para pencinta mie instan sebaiknya tak melewatkan bahasan ini. Untuk tahu info lengkapnya, pantau terus detikFood ya!



Simak Video "Bikin Laper: All You Can Eat dari Shabu hingga Agemono"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Kreasi Mie Instan Unik

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com