Saat Masak Mie Instan, Sekaligus Dengan Kuahnya Atau Dipisah?

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 27 Jun 2019 07:27 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Tiap orang punya cara sendiri saat memasak mie instan. Ada yang memasak kuahnya bersamaan dengan mie, namun ada juga yang terpisah. Mana yang tepat?

Bagi mereka yang merebus kuah mie instan secara terpisah umumnya meyakini bahwa mie instan mengandung lilin, sehingga air rebusannya tidak boleh dikonsumsi. Padahal lilin yang digunakan pada mie adalah lilin makanan yang tidak berbahaya bagi tubuh.

Bukan hanya itu, memasak mie dan kuah secara terpisah ternyata membuat rasanya tidak seenak mie dan kuah yang dimasak bersamaan. Dilansir dalam The Takeout (14/5), Kevin Pang, melakukan percobaan antara memasak mie dan kuah yang dimasak bersamaan dan dipisah.

Saat Masak Mie Instan, Perlukah Memasak Kuahnya Secara Terpisah?Foto: iStock

Sebelumnya ia membeli dua bungkus ramen. Pertama, ia mendidihkan dua gelas air, kemudian memasukkan mie untuk dimasak selama tiga menit. Setelah matang, langsung masukkan bumbu-bumbu ke dalam kuah bekas air rebusan mie ini.

Sedangkan yang kedua, ia juga merebus mie dengan dua gelas air, tetapi disini ada panci ketiga yang berisi satu paket bumbu dan mie yang sudah matang sesudahnya. Ia sengaja memasak mie secara bersamaan supaya dapat melihat langsung perbedaannya.

Saat Masak Mie Instan, Perlukah Memasak Kuahnya Secara Terpisah?Foto: Istimewa

Mangkuk sebelah kiri terlihat mie dan kuah yang dimasak dalam air dan panci yang sama. Sedangkan mangkuk sebelah kanan, ada campuran mie instan yang kuah dan mienya dimasak secara terpisah.

Hasilnya, Anda akan melihat perbedaan volume. Meski keduanya dimasak dengan dua gelas air, namun lebih banyak cairan yang diuapkan dalam wadah yang air dan mie dimasak dalam satu panci. Sehingga hasil akhirnya, air mie ini lebih sedikit.

Baca Juga: Slurp! 5 Racikan Mie Kuah Ini Gampang Dibuat Sendiri

Kedua kuah mie itu terasa sangat asin. Tetapi yang di sebelah kiri, memiliki kuah yang lebih kental. Rasanya lebih terasa di langit-langit mulut, sedangkan kuah di sebelah kanan memiliki tekstur yang bening dan samar. Hal ini mungkin terjadi karena pengaruh kandungan tapioka pada mie.

Saat Masak Mie Instan, Perlukah Memasak Kuahnya Secara Terpisah?Foto: Istimewa

Karena merasa belum jelas, Kevin bertanya kepada Ramen Lord, Mike Satinover dari The Takeout. Kemudian ia menjawab lewat email.

"Selama ini yang saya tahu, mie instan pada awalnya dirancang untuk dimasak dan dimakan dengan air yang sama. Cara ini akan melepaskan beberapa pati dan sedikit minyak. Chikin Ramen, ramen instan asli dari Momofuku Ando sendiri, sebenarnya memiliki bumbu yang melapisi mie, bukan dalam kemasan terpisah. Maka Anda perlu memasaknya secara barengan tanpa dipisah-pisah. Beberapa produsen sekarang juga menyarankan untuk menambahkan bumbu di awal, seperti yang ada pada instruksi di Shin Ramyun. Maka semua tergantung pada produk mie ramen itu sendiri."

Saat Masak Mie Instan, Perlukah Memasak Kuahnya Secara Terpisah?Foto: Istimewa

Ungkapan Satinover, tentang harus memperhatikan bungkus mie, sangat masuk akal. Tetapi menurut Kevin, ia lebih menyukai rasa dan tekstur dari versi kuah dan mie yang dimasak dalam satu panci.

Semua tergantung pada instruksi yang ada pada bungkus setiap mie. Mungkin merek mie instan lain akan menyarankan rebus terlebih dahulu, baru di tiriskan. Pada akhirnya, Anda perlu mengikuti petunjuk yang ada pada kemasan mie untuk hasil yang optimal.

Baca Juga: Begini Cara Bikin Ramen yang Benar Menurut Pakar Kuliner Jepang



Simak Video "Tur Boba hingga Dini Hari di Surganya Bubble Tea"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)