Unik dan Menantang! 'Mie' Kopi dengan Sirup Blueberry dari Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 30 Jun 2019 07:06 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kembali dari Jepang, inovasi makanan kali ini datang dari produk mie. Ada paduan 'mie' dan kopi dingin yang disebut-sebut bisa bikin tubuh segar saat musim panas.

Dalam budaya makanan dan minuman Barat, mie dan kopi biasanya disajikan hangat. Namun di Jepang hadir versi berbeda dimana mie dan kopi justru dingin. Efeknya yang menyegarkan diharapkan bisa menumpas kegerahan saat musim panas.

Supaya efek tersebut lebih maksimal, Tanuki Coffee di Chiba membuat menu inovasi. Gerai kopi ini memperkenalkan Coffee Gelatin Soda yang memadukan mie dan kopi dingin sekaligus dalam satu sajian.

Unik dan Menantang! 'Mie' Kopi dengan Sirup Blueberry dari JepangFoto: Istimewa

Dikutip dari Sora News 24 (27/6), menu ini perlu dimakan dengan sumpit layaknya mie lain di Jepang. Tapi meski namanya mie, bahan pembuatannya tidak memakan tepung atau gandum sama sekali.

Mie merupakan gelatin berbahan kopi buatan Tanuki yang diseduh menggunakan French-press. Kopi ini memadukan rasa manis dengan jejak getir di akhir.

Baca Juga: 5 Kafe Ini Bikin Dessert dari Mugwort, Teh Hijau dari Korea

Kalau mie dingin biasanya ditemani kaldu gurih untuk mencelup lembaran mie, Tanuki Coffee memperkenalkan sesuatu yang berbeda pada Coffee Gelatin Soda. Pendampingnya adalah sirup blueberry yang dibuat dari blueberry asal kota Kisarazu, Prefektur Chiba.

Unik dan Menantang! 'Mie' Kopi dengan Sirup Blueberry dari JepangFoto: Istimewa

Kalau penasaran mencicip, Coffee Gelatin Soda dijual 650 yen per porsi atau sekitar Rp 85.000. Menu ini mulai dijual pada 29 Juni 2019 dan bersifat sementara. Lokasi Tanuki Coffee ada di Chiba-ken, Kisarazu-shi, Gion 1-26-9.

Sebelum kreasi 'mie' kopi, Dominique Ansel pernah membuat ramen manis yang mencuri perhatian. Bukan ramen sungguhan, kreasinya merupakan dessert unik berbahan Kataifi, sebuah jenis kue kering Yunani yang renyah.

Kataifi diletakkan di atas roti yang terendam Baileys Irish Cream (whiskey Irlandia) dan puding mentega serta disajikan hangat. Sajian ini diberi topping telur yang terbuat dari markisa, fishcake dari marshmallow, dan nori dari waffle. Tidak lupa, ramen manis ini juga disajikan dengan saus berupa selai cherry.

Baca Juga: Dominique Ansel Kembali Ciptakan Dessert Unik Berupa Ramen Manis



Simak Video "Redakan Gerah dengan Segarnya Rujak Es Krim Pakualaman"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)