5 Kafe Ini Bikin Dessert dari Mugwort, Teh Hijau dari Korea

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 25 Mar 2019 07:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Teh hijau dalam bentuk bubuk sering dibuat menjadi campuran dessert. Rasanya manis dengan sensasi pahit. Dessert ini kini dijual di kafe-kafe tertentu.

Di Korea, ada salah satu bahan yang sedang naik daun. "Ssuk" atau Mugwort, merupakan jenis teh herbal yang biasa ditemukan di Korea. Mugwort sering dipadu dalam masakan Korea. Biasanya, daun Mugwort ditabahkan ke sup atau kue beras Korea untuk memberikan rasa segar.

Menambahkan teh hijau pada campuran minuman atau kue akan menambahkan rasa yang khas. Teh hijau menciptakan satu rasa yang sangat harmonis. Dengan menambahkan bubuk teh hijau, maka akan memberikan nuansa berbeda pada makanan Asia hingga ke dessert di Eropa.

Baru-baru ini, semakin banyak toko dessert yang memanfaatkan varian mugwort ini supaya memiliki rasa yang tidak membosankan. Dari es krim hingga kue tiramisu yang dilansir dalam Korea Daily Us.

Baca Juga: Resep Kue: Green Tea Cronut

1. Madame Tiramisu

5 Kafe Ini Bikin Dessert dari Mugwort, Teh Hijau dari KoreaFoto: Istimewa

Madame Tiramisu, seperti namanya, ini adalah kafe dessert atau makanan penutup yang hanya menyajikan tiramisu. Selain tiramisu klasik, mereka membuat dessert Italia yang kental dalam berbagai rasa. Matcha Green Tea, Banana Caramel, dan Pumpkin tersedia di sini. Tetapi Mugwort adalah salah satu jenis tiramaisu yang paling menonjol disini.

Tekstur lengket kue Madame Tiramisu memberikan hidangan penutup yang unik karena Mugwort Tiramisu mereka memiliki rasa yang agak kuat daripada varian lainnya.

2. Jaein

5 Kafe Ini Bikin Dessert dari Mugwort, Teh Hijau dari KoreaFoto: Istimewa

Foto: istimewa

Jaein adalah tempat dessert yang terletak di lingkungan Yeonhee-dong yang sunyi dan nyaman. Tempat makan ini baru dibuka dan makanannya selalu cepat habis terjual sebelum waktunya tempat makan ini tutup.

Jaein juga membuat kue musiman sebagai tambahan seperti madeleine, cookies dan pound cake. Tapi yang menjadi favorite orang-orang disini adalah Mugwort Madeleine.

3. The Martin

5 Kafe Ini Bikin Dessert dari Mugwort, Teh Hijau dari Korea
Foto: instagram @eunjusdb


Martin adalah kedai es krim yang berlokasi di gang Seochon. Toko es krim terkenal ini memang dikenal untuk membuat es krim kecil gelato yang berkualitas dan menggunakan bahan-bahan organik.

Selain rasa gelato tradisional, The Martin juga membuat es krim Italia dengan menggunakan bahan-bahan lokal dari Korea. Salah satunya adalah membuat dari bahan mugwort. Ternyata es krim mugwort memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan yang lainnya.

4. Omoknooni

5 Kafe Ini Bikin Dessert dari Mugwort, Teh Hijau dari Korea
Foto: instagram @omoknooni


Omoknooni adalah kafe dessert yang paling terkenal dalam membuat berbagai scone yang lezat. Selain makanan Inggris, Anda juga dapat menemukan paket lengkap makanan penutup dan minuman mugwort. Dalam paket tersebut Anda akan mendapatkan es krim mugwort, kue mugwort, dan minuman mugwort.

Mugwort Crumble Cake adalah kreasi terbaru dari cafe, yang disukai banyak orang. Krim mugwort yang manis dibalut di antara kue lalu semuanya ditutup dan diperkaya oleh rasa mugwort yang meleleh dimulut. Nyam!

5. Re, Birds

5 Kafe Ini Bikin Dessert dari Mugwort, Teh Hijau dari Korea
Foto: instagram @rebirds_official

Re, Birds telah merilis berbagai dessert dengan varian mugwort secara musiman. Saat musim panas lalu, kafe dessert kecil ini telah menyajikan kreasi mugwort sendiri mulai dari kue, scone, hingga keju terrines.

Di antara kreasi tersebut, Mugwort Cheese Terrine paling menonjol. Re, Birds Mugwort Cheese Terrine adalah varian yang paling ditingkatkan dibandingkan yang lainnya, cheese ini menggunakan krim mugwort atau krim kacang yang memberikan rasa berbeda.

Baca Juga: Pecinta Dessert di Kafe Ini Bisa Cicip Cake Sepuasnya Selama 40 Menit (lus/lus)