Keren! Ini 5 Restoran di Bali yang Terapkan Konsep Ramah Lingkungan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 28 Jun 2019 14:15 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Restoran berkonsep hijau yang mementingkan kelestarian lingkungan kini banyak hadir di Bali. Menunya juga enak seperti yang ditawarkan 5 restoran ini.

Berbuat baik untuk lingkungan bisa dimulai di semua tempat termasuk restoran yang lekat dengan masalah limbah makanan. Banyak restoran kini sudah mulai menerapkan konsep hijau, etis, dan berkelanjutan.

Mereka melakukan berbagai inisiatif ramah lingkungan. Diantaranya mengurangi jumlah limbah makanan, berkontribusi pada komunitas lokal, tidak memakai material plastik seperti sedotan dan kantung plastik, menghemat energi, menggunakan material daur ulang seperti untuk dekorasi, serta menggunakan berbagai bahan lokal segar.

Trip Canvas (28/6) merangkum beberapa restoran di Bali yang berkonsep ramah lingkungan. Tentu bisa jadi inspirasi saat Anda menyambangi Pulau Dewata.

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Supermarket di Bali hingga Vietnam Pakai Kemasan Daun pisang

1. Ijen

Keren! Ini 5 Restoran di Bali yang Terapkan Konsep Ramah LingkunganFoto: Istimewa

Ijen berlokasi di Potato Head Beach Club, Seminyak. Dibuka tahun 2018, restoran ini kabarnya menjadi restoran pertama di Indonesia yang sifatnya zero-waste alias tidak ada limbah. Makan di sini, kamu tak akan menemukan plastik karena ada penggunaannya digantikan daun pisang.

Untuk gas, Ijen memakai api kayu bakar. Begitu juga dengan sayuran yang didapat dari petani lokal. Dekorasi Ijen tak kalah mencuri perhatian karena semua bahannya bisa didaur ulang. Untuk menu, Ijen menawarkan olahan daging dan ikan yang didapat dari sumber ramah lingkungan. Untuk harga menu, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 60.000 hingga Rp 380.000.

2. Six Senses Uluwatu

Keren! Ini 5 Restoran di Bali yang Terapkan Konsep Ramah LingkunganFoto: Istimewa

Six Senses Uluwatu terkenal sebagai resort yang super luas, mewah, dan eksklusif. Rupanya resort ini juga memedulikan lingkungan dalam operasionalnya. Di kamar, misalnya, Six Senses Uluwatu tidak menyediakan air minum dalam botol plastik, melainkan gelas kaca. Air yang digunakan seluruh tamu resort juga akan didaur ulang, misalnya untuk menyirami kebun.

Tamu juga bisa menikmati berbagai kegiatan positif untuk lingkungan seperti belajar bikin kompos dan mendaur ulang kertas. Soal makanan, Six Senses Uluwatu memanfaatkan berbagai buah dan sayur segar dari petani lokal atau dari kebun organik mereka sendiri. Yang menarik adalah kehadiran Full Immersion Programme (Cleanse & Detox, Trim & Fit, Sleep & Resilience, and Full Potential) yang bisa meningkatkan kesehatan fisik, emosional, dan mental melalui pilihan makanan.

3. Cuca

Keren! Ini 5 Restoran di Bali yang Terapkan Konsep Ramah LingkunganFoto: Istimewa

Cuca memadukan 3 konsep istimewa yaitu makanan Barat, bahan makanan dari Indonesia, dan hubungan yang baik dengan alam. Chef Kevin Cherkas membuat menu-menu lezat berbahan hasil gunung, laut, dan pertanian di Indonesia. Ada juga ragam makanan tapas yang wajib dicoba.

Untuk menu makan malam, Cuca menawarkan 3 kategori yaitu Harvested (sayuran), Hooked (seafood), dan Farmed (daging dan unggas). Beberapa bahan makanan juga didapat dari sumbernya langsung seperti kepiting soka Kalimantan dan keluak dari Toraja. Harga makanan di sini mulai dari Rp 60.000 sampai Rp 210.000.

4. Warung Goûthé

Keren! Ini 5 Restoran di Bali yang Terapkan Konsep Ramah LingkunganFoto: Istimewa

Siapa bilang warung tak bisa berkonsep ramah lingkungan? Warung Goûthé di Canggu adalah buktinya. Dimiliki pasangan Prancis-Indonesia, Warung Goûthé memiliki filosofi "Zero foodprint". Menunya didasarkan pada bahan makanan segar yang tersedia di hari itu. Namanya "Plate of the Day".

Kalau ke sini juga wajib cicip panini dan berbagai dessert Prancis yang tampilannya istimewa. Lokasi Warung Goûthé ada di Jl. Pantai Berawa No.7A, Tibubeneng. Rangkaian menu seharga Rp 55.000 - Rp 120.000 tersedia mulai pukul 8 pagi sampai 10 malam.

5. The Elephant Restaurant

Keren! Ini 5 Restoran di Bali yang Terapkan Konsep Ramah LingkunganFoto: Istimewa

Berlokasi di Hotel Taman Indrakila, Jalan Raya Sanggingan, Ubud, ada The Elephant Restaurant yang sangat mementingkan kebaikan lingkungan dalam operasionalnya. Konsep utama restoran ini adalah kesehatan manusia dan planet. Karenanya semua buah dan sayur di sini bebas bahan kimia. Didapat dari petani lokal terpercaya.

Manajemen sampah The Elephant Restaurant juga patut diacungi jempol. Mereka menggunakan buah dan sayur yang bentuknya tidak sempurna agar semua produk itu tidak berakhir di pembuangan. Mereka juga akan memisahkan sampah organik berupa makanan yang nantinya dikirimkan ke petani lokal untuk dijadikan pakan babi. Harga bersantap di sini mulai dari Rp 80.000 - Rp 135.000.

Baca Juga: Ini Sedotan 'Lukay' yang Ramah Lingkungan dari Daun Kelapa



Simak Video "Bikin Laper: Kerang Kampak Bakar Keju di Alam Sutera"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)