Menyeruput Kopi Bukan Hanya Nikmat, Tapi Juga Bantu Bakar Lemak Tubuh

Shara Azzahra - detikFood Jumat, 28 Jun 2019 05:31 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kopi menjadi minuman populer di dunia setelah air putih dan teh. Tak hanya karena aroma dan rasanya yang enak, kopi juga bantu pembakaran lemak tubuh.

Kabar gembira bagi Anda pencinta kopi. Baru-baru ini, profesor di Universitas Nottingham, Michael Symonds, melakukan mengemukakan penemuan bahwa kopi dapat menstimulasi lemak yang disebut sebagai brown fat. "Brown fat adalah organ unik yang dapat memproduksi panas. Organ ini ada dalam jumlah yang sedikit dalam tubuh," ungkapnya seperti dilansir dari USA Today (25/6).

Baca juga : Mana yang Lebih Sehat untuk Sarapan, Minum Teh atau Kopi?

Menyeruput Kopi Bukan Hanya Nikmat, Tapi Juga Bantu Bakar Lemak TubuhFoto: iStock

Brown fat adalah sel pelawan lemak dalam tubuh. Ketika tubuh memproduksi panas, maka energi terpakai dan kalori akan terbakar. Ini merupakan penelitian pertama yang menunjukkan bagaimana secangkir kopi mampu berdampak pada kinerja brown fat.

Organ yang juga dikenal sebagai jaringan adiposa cokelat, mempengaruhi seberapa cepat tubuh seseorang membakar kalori. Tipe jaringan ini sebelumnya dipercaya hanya ada dalam tubuh bayi dan hewan yang sedang berhibernasi. ternyata, organ ini juga dimiliki oleh manusia dewasa. Orang dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah memiliki lebih banyak brown fat dalam tubuh.

Penelitian yang dipublikasi dalam Scientific Reports ini juga menyatakan bahwa orang dewasa memiliki antara 50 hingga 100 gram brown fat dalam tubuhnya. Ketika organ tersebut diaktifkan, akan memproduksi panas yang 300 kali lipat lebih dari pada organ yang lain. Jika aktif secara maksimal, brown fat berpotensi untuk meningkatkan 10% panas tubuh sehari-hari.

Menyeruput Kopi Bukan Hanya Nikmat, Tapi Juga Bantu Bakar Lemak TubuhFoto: iStock

Para peneliti mulai menggunakan sel induk dari tikus dan manusia untuk menguji aktifitas lemak cokelat. Kemudian melanjutkan penelitian dengan mengobservasi aktivitas lemak cokelat pada leher partisipan manusia dalam satu jam setelah mengonsumsi kopi. Kopi yang digunakan adalah Nescafe Original dengan 65 mg kafein.

Baca juga : Kata Ahli Hanya Membayangkan Kopi Bisa Bikin Pikiran Fokus

Hasilnya, peneliti menemukan konsumsi kopi dapat meningkatkan aktivitas lemak cokelat dalam tubuh manusia. Peneliti memyatakan kafein yang dilarutkan dalam air tidak berdampak pada aktivitas lemak cokelat.

Menyeruput Kopi Bukan Hanya Nikmat, Tapi Juga Bantu Bakar Lemak TubuhFoto: iStock

Symonds juga menegaskan bahwa kopi dapat membantu melawan diabetes hingga obesitas. Hal ini dapat terjadi karena bukan hanya aktifitas lemak cokelat yang akan meningkat namun juga memperbaiki tingkat gula dalam darah.

Tidak berhenti di situ, para peneliti selanjutnya akan mencari tahu apakah kafein sendiri dapat meningkatkan aktifitas lemak cokelat. "Dari penelitian ini kita hanya melihat peningkatan dalam aktifitas (dari lemak cokelat), Tapi secara potensial, dengan penelitian jangka panjang yang mencari efek dari mengonsumsi pil kafein sekali atau dua kali sehari selama dua minggu dapat meningkatkan lemak cokelat itu sendiri dan aktivitasnya.".

Baca juga : Menyeruput Kopi Sambil Luluran Kopi Luwak di Cikole



Simak Video "Nggak Cuma Diminum, Kopi Juga Bisa Jadi Parfum Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)