Sebelum Makan di Resto Korea, Pelajari Etiket Makan Hidangan Korea Ini

Shara Azzhara - detikFood Jumat, 21 Jun 2019 09:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Menyantap hidangan Korea perlu memperhatikan etiket yang benar. Mulai dari mengenali alat makan sampai mengenal jenis hidangan Korea.

Kenikmatan menyantap makanan dari negara lain terletak pada cita rasa dan penggunaan bahan makanan baru bagi Anda. Keseruan lain juga muncul dari bertambahnya pengetahuan mengenai aturan dan etika menyantap makanan tersebut.

Meskipun yang terpenting adalah menikmati rasa hidangan, etiket dan tata cara menyantap perlu diperhatikan agar lebih menghormati budaya suatu negara sekaligus penjamu makanan. Salah satunya ketika menyantap makanan Korea yang sedang populer di berbagai negara. Chef Jung Seoyoung menjelaskan kepada Serious Eats bagaimana etiket dan aturan dasar dalam menyantap hidangan tradisional Korea (13/6).

Baca juga: Resep Daging: Korean Stir Fried Beef

Etika dan panduan ini lebih bersifat umum dan dasar. Di Korea sendiri terdapat beragam format penyajian hidangan.

1. Alat makan

Sebelum Makan di Resto Korea, Pelajari Etiket Makan Hidangan Korea IniFoto: Getty Images

Hal pertama yang akan Anda temukan saat menyantap hidangan khas Korea adalah alat makannya. Tata letak meja di Korea selalu memiliki sumpit dan sendok sebagai alat makan. Tidak seperti di China dan Jepang, Korea memiliki sumpit yang pipih, tidak bulat atau runcing, dan biasanya terbuat dari logam stainless steel. Sendok lebih umum digunakan untuk menyantap nasi ketimbang sumpit. Karenanya, mengangkat mangkuk saat mengambil nasi dianggap tidak sopan. Mengangkat piring saji berisi lauk untuk mendekatkannya juga dianggap tidak sopan.

2. Nasi adalah hidangan inti
Nasi dalam mangkuk memiliki peran inti dalam sajian hidangan Korea. Sumber karbohidrat ini menjadi pemersatu keseluruhan hidangan. Seperti di Indonesia dan negara Asia lainnya, nasi menjadi makanan pokok dan hidangan inti.

3. Banchan (lauk pendamping)

Sebelum Makan di Resto Korea, Pelajari Etiket Makan Hidangan Korea IniFoto: iStock

Jika kerap menyantap sajian BBQ khas Korea, Anda pasti familiar dengan Banchan atau aneka koleksi lauk pendamping yang disajikan. Banchan yang paling umum disajikan adalah kimchi dan telur dadar gulung. Namun masih ada beragam lauk lain seperti ikan teri goreng atau namul yang merupakan sayuran seperti tauge dan bayam.

Banchan menyediakan variasi bagi setiap makanan. Chef Seoyoung mengatakan bahwa banchan dimaksudkan untuk menjadi pendamping nasi dan mengistirahatkan lidah dari lauk dengan bumbu yang kuat. Dalam sajian tradisional Korea, banchan yang disajikan bisa mencapai 15 bahkan 20 jenis berbeda.

Baca juga: Makan Sepuasnya BBQ Daging Wagyu dengan Harga Terjangkau di Sini

4. Sup atau stew
Nasi dan banchan biasa disajikan berdampingan dengan stew atau sup. Chef Seoyoung menegaskan bahwa penempatan mangkuk sup dan nasi harus sangat diperhatikan. Etika yang berlaku menyebutkan bahwa mangkuk nasi harus selalu berada di sisi kanan mangkuk sup. Meletakkan mangkuk sup di sisi kanan melambangkan kematian dan hanya nampak pada saat memperingati hari kematian. Sup atau stew dapat dinikmati bersamaan dengan nasi ataupun dipisah sesuai selera.

5. Protein

Sebelum Makan di Resto Korea, Pelajari Etiket Makan Hidangan Korea IniFoto: Getty Images

Di negara-negara Barat, sumber protein dihidangkan sebagai inti dari hidangan. Sementara di Korea, lauk seperti irisan daging sapi atau babi dijadikan sebagai pendukung nasi. Menyajikan lauk berprotein seperti daging, seafood, atau tahu, tidaklah wajib, namun telah menjadi kebiasaan.

6. Ssam
Lauk berprotein umumnya juga dilahap dengan cara dibungkus ssam yang merupakan sayuran. Ssam biasanya terdiri dari kol, sawi, selada, dan daun perilla serta tambahan bawang putih mentah dan ssamjang yang sempurna membungkus daging dan banchan.

Chef Seoyoung mengatakan bahwa lebih sopan untuk membuat bungkusan ssam berisi daging dengan ukuran one-bite. Selain untuk kesopanan, aturan ini juga memungkinkan Anda merasakan seluruh elemen dalam satu gigitan.

Meski terkesan penuh aturan, menikmati hidangan Korea tidaklah rumit dan dapat dinikmati sepenuhnya. Sehingga tidak akan ada hambatan yang merusak kenikmatan setiap lauk. Hal penting lainnya adalah pastikan Anda berterima kasih kepada tuan rumah atas hidangan yang disajikan.

Baca juga: 5 Tempat BBQ Murah dan Enak Ini Tawarkan Harga Rp 99.000!

(adr/adr)