Pencinta Durian Bisa Ikut Tur Sambil Makan Durian Enak di Penang

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 20 Jun 2019 14:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tourism Malaysia membuat paket tur menarik. Berjalan-jalan sambil mencicip ragam durian enak khas Penang.

Menikmati durian secara prasmanan bisa dilakukan dengan merogoh kocek RM186 atau sekitar Rp 635 ribu. Harga ini sudah termasuk tiket menginap semalam di hotel.

Untuk orang Malaysia yang tidak pernah menginap di hotel harganya hanya RM66 atau Rp 225 ribu per orang untuk prasmanan saja.

Pencinta Durian Bisa Ikut Tur Sambil Makan Durian Enak di PenangFoto: iStock

Upaya terbaru ini merupakan ide dari Dewan Promosi Pariwisata untuk membawa pecinta durian ke Penang, berpesta tanpa bikin kantong bolong.

Baca juga: Kelezatan Durian Potianak Bikin Lidah Bergoyang Ketagihan

Dikutip dalam Asia One (19/06), Wakil Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya, Muhammad Bakhtiar Wan Chik mengatakan para wisatawan dari Hong Kong dan China telah mulai mencoba paket itu.

Trik untuk membuatnya terjangkau bagi wisatawan dan menguntungkan bagi petani durian adalah menjauhkannya dari varian durian yang terlanjur sangat populer yaitu Musang King dan Black Thorn.

"Jangan terlalu terobsesi dengan dua klon ini. Ada lebih banyak varietas yang tersedia di Penang," kata Muhammad Bakhtiar.

Bulan lalu, seorang wanita dan temannya menikmati dua durian Black Thorn dan Musang King. Mereka harus membayar RM937 atau Rp 3,2 juta. Keduanya menulis kekecewaan di media sosial dan menjadi viral.

Muhammad Bakhtiar mengatakan di antara varietas yang hanya ditemukan di Penang, salah satunya adalah Felicia Khor.

"Ada semburat rasa pahit tidak seperti klon lainnya. Itu hanya berasal dari satu pohon kampung durian di pulau itu," Kata Bakhtiar.

Bakhtiar mengatakan lima tahun yang lalu, Khor adalah seorang Malaysia yang sekarang tinggal di Inggris. Kemudian ia pulang dan mencobanya.

Di tahun berikutnya, ia memberi tahu penjual durian di Teluk Bahang bahwa ia menginginkan varietas spesifik itu lagi.

"Butuh banyak upaya untuk menemukannya. Jadi petani durian menemaninya," katanya. Dan ia menambahkan bahwa saat itu harga per kilonya RM20 atau Rp 63 ribu.

Di antara klon durian klasik yang ditawarkan dalam paket tersebut adalah Red Prawn, Kung Poh, Xiao Hong, Lipan, Capri, D11, D14 dan Kacang Hijau.

Pencinta Durian Bisa Ikut Tur Sambil Makan Durian Enak di PenangFoto: iStock

Dibuka hingga 6 Agustus, Menteri Pariwisata bekerjasama dengan kebun buah di Telung Bahang yang bersedia menyajikan prasmanan durian.

"Kami fokus pada wisatawan independen daripada tur kelompok. Jadi orang dapat membuat pengaturan penerbangan sendiri dan ketika mereka mencapai hotel, kami akan mengatur transportasi untuk membawa mereka ke kebun durian," jelasnya.

Pemilik kebun, Eric Yeap mengatakan meskipun laba bersihnya tidak besar, dia ingin membantu pemerintah menjadikan durian Penang terkenal.

Pada catatan terpisah, Yeap juga memiliki durian jenis Musang King dan Black Thorn di kebunnya. Namun jika wisatawan mau, mereka harus membayarnya secara terpisah.

Bahkan maskapai Air Asia juga mendukung tur ini. "Mereka memberi diskon 10 persen jika memiliki boarding pass Air Asia ke penang," pungkasnya.

Baca juga:Begini Rasa dan Tekstur Durian J-Queen Rp 14 Juta yang Viral (lus/odi)