Mengapa 7 Makanan dan Minuman Ini Sebaiknya Tak Dikonsumsi di Dalam Pesawat?

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 20 Jun 2019 07:22 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tak semua makanan cocok disantap di dalam pesawat. Baik karena tekstur dan rasanya tetapi juga efek buruk pada tubuh saat dalam penerbangan.

Saat dalam penerbangan atau berada dalam ketinggian, makanan bisa berubah rasa dan aroma. Makanya menu di pesawat dibuat khusus. Demikian juga jika ingin membawa makanan sendiri, ada baiknya perhatikan jenis-jenis makanan yang tak cocok dikonsumsi dalam penerbangan.

Berikut 7 makanan yang sebaiknya tidak dibawa atau dikonsumsii selama perjalanan di udara, seperti dirangkum The Daily Meal (13/6).

1. Alkohol

Nugget hingga Sushi, Ini 7 Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Dalam PesawatFoto: Istimewa
Konsumsi alkohol selama penerbangan memang diperbolehkan. Namun jangan sekali-kali membawa alkohol sendiri ke dalam kabin. Sebab kru kabin akan menyajikan alkohol sesuai dengan batas maksimal konsumsi alkohol di dalam pesawat.

Jadi terbayang kan jika Anda membawa alkohol sendiri ke dalam kabin. Niat menghemat Anda justru bisa menyusahkan para awak kabin.

2. Minum kopi

Nugget hingga Sushi, Ini 7 Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Dalam PesawatFoto: Istimewa

Menikmati secangkir kopi hangat sambil melihat pergerakan awan yang biru dari jendela pesawat kelihatan menyenangkan. Padahal konsumsi kopi di pesawat justru bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

Penyebabnya ialah air yang digunakan di dalam kabin. Tangki air yang digunakan biasanya tidak rutin dibersihkan hingga berpotensi tercemar bakteri.

Baca Juga : Sebaiknya Jangan Konsumsi Kopi di Pesawat, Ini Sebabnya

3. Nugget dan kentang goreng

Nugget hingga Sushi, Ini 7 Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Dalam PesawatFoto: Istock

Duo nugget dan kentang goreng memang jadi camilan yang enak sekaligus mengenyangkan. Namun sebaiknya jangan bawa keduanya ke dalam kabin. Aroma nugget dan kentang goreng yang semerbak dijamin bikin ngiler penumpang lain. Hal ini tentu mengusik ketenangan mereka.

4. Minuman bersoda

Nugget hingga Sushi, Ini 7 Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Dalam PesawatFoto: Istimewa

Konsumsi minuman bersoda di dalam pesawat justru bikin perut tidak nyaman. Itu karena minuman berkarbonasi sebabkan perut kembung. Perut yang kembung justru bikin susah tidur. Karenanya Anda pasti tidak akan menikmati perjalanan yang ada.

5. Sushi

Nugget hingga Sushi, Ini 7 Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Dalam PesawatFoto: Istimewa

Sushi tidak terlalu beraroma dan mudah dibawa. Lalu apa masalahnya jika membawa sushi ke dalam kabin pesawat? Jawabannya karena sushi terdiri dari beberapa komponen, seperti soy sauce hingga wasabi.

Saat pesawat mengalami turbulensi, sushi hingga komponen lainnya berisiko terjatuh ke lantai pesawat. Selain mengganggu kebersihan pesawat, Anda juga mengganggu penumpang di sebelah Anda. Jika sushi dan bahan lain jatuh ke badan mereka.

6. Trail mix

Nugget hingga Sushi, Ini 7 Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Dalam PesawatFoto: Istimewa

Snack yang terdiri dari buah-buahan kering dan kacang-kacangan ini biasa dijadikan camilan di pesawat. Paduan kedua bahan ini berpotensi sebabkan alergi. Kedua bahan itu juga sulit dicerna oleh tubuh. Sebab keduanya mengandung lemak dan gula. Untuk itu lebih baik ambil chocolate chips yang ada sebagai camilan.

7. Yogurt

Nugget hingga Sushi, Ini 7 Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Dalam PesawatFoto: iStock

Membawa yogurt kemasan sendiri ke dalam kabin sebenarnya diperbolehkan oleh petugas. Tapi pastikan Anda memakannya sebelum pesawat terbang. Sebab perubahan tekanan udara dalam kabin justru sebabkan cup yogurt meledak. Hal ini sudah dialami beberapa orang yang membawa yogurt ke dalam kabin.

Baca Juga : Ingin Kulit Kencang dan Mulus? Makanlah Yogurt Tiap Hari

(dwa/odi)