Bubble Tea Kekinian

Mengintip Proses Pembuatan Boba Brown Sugar Fenomenal dari Taiwan

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 19 Jun 2019 15:10 WIB
Foto: Lusiana detikFood Foto: Lusiana detikFood
FOKUS BERITA Bubble Tea Kekinian
Jakarta - Minuman boba brown sugar dari Taiwan sedang tren. Salah satunya Xing Fu Tang pertama kali hadir di Indonesia. Apa keistimewaan minuman ini?

Xing Fu Tang menjadi salah satu merek bubble asal Taiwan yang terkenal. Berbeda dengan gerai bubble tea yang sudah ada di Indonesia, Xing Fu Tang punya cara penyajian yang berbeda.

Seperti gerai minuman lain, gerai ini juga punya ragam varian minuman. Xing Fu Tang punya menu andalan yang kini jadi buruan banyak orang yaitu Brown Sugar Boba Milk.

Mengintip Proses Pembuatan Boba Brown Sugar Fenomenal dari TaiwanFoto: Lusiana detikFood

"Yang membuat Xing Fu Tang beda memang dari cara pembuatan bobanya," ujar Vani Wirajaya, selaku owner dari Xing Fu Tang Indonesia kepada detikFood pada Selasa (18/06).

Baca juga: Ini 3 Trik Minum Bubble Tea Agar 'Boba' Tak Tersisa di Gelas

Bobanya dibuat dengan menggunakan 2 bahan yaitu tepung tapioka dan brown sugar. "Kita bisa melihat di gerai dari mulai membuat adonan jadi bulatan boba," jelas wanita ramah ini.

Adonan boba dibuat dengan campuran tepung tapioka, brown sugar dan air yang diadoni sampai rata. Kemduian adonan dimasukkan ke mesin pembentuk boba sehingga berbentuk bulatan-bulatan boba.

Bulatan boba ini lalu dimasukkan ke dalam mesin steamer selama 40 menit. Selanjutkan brown sugar dipanaskan dalam wajan hingga leleh. Barulah boba dimasak dengan brown sugar sampai tercampur rata.

Mengintip Proses Pembuatan Boba Brown Sugar Fenomenal dari TaiwanFoto: Lusiana detikFood

Cup anti panas yang didatangkan langsung dari Taiwan dilumuri dengan boba brown sugar yang masih panas. Kemudian ditambah dengan es batu dan susu segar plus krimer.

Sebelum dinikmati, Brown Sugar Boba Milk diberi taburan brown sugar dan di panaskan dengan blow torch hingga gula gosong atau menjadi karamel.

"Kita anjurkan untuk aduk 18 kali supaya benar-benar tercampur dan benar-benar rasa manisnya itu didapatkan langsung dari bobanya saja," saran Vani.

Untuk brown sugarnya sendiri kita ada 3 varian yaitu Brown Sugar Boba Milk, Brown Sugar Milk Tea dan Brown Sugar Herbal Jelly.

Mengintip Proses Pembuatan Boba Brown Sugar Fenomenal dari TaiwanFoto: Lusiana detikFood

"Kalau mau mencicip rasa roasted tea yang lebih strong bisa coba Brown Sugar Milk Tea," ujar Vani.

Selain itu ada juga Matcha Boba Milk dan Strawberry Boba Milk dan Soda Handmade Jelly yang di dalamnya terdapat edible gliter yang unik. Jika ingin mencicipi Anda harus mau antre beberapa jam di gerai yang baru beberapa minggu dibuka ini.

Seperti pengunjung ini, Novita dan Xio akhirnya mendapatkan minuman ini setelah sabar mengantre 2 jam.

"Penasaran aja sih, dia kan baru buka. Lihat orang ngantre akhirnya ikutan ngantri. Rasanya enak, aku coba yang signature brown sugar boba milk," jelas Novita.

"Bedanya sama yang lain. Kalau yang ini si bobanya dimasak langsung. Pas masuk masih hangat. Dan harus diaduk 18 kali biar bahagia," pungkas Novita sambil tertawa.

Ketika ditanya soal rasa. Nunggu 2 jam sia-sia nggak nih? Keduanya menjawab, "Ya, okelah."

Baca juga: Populer di Dunia, Ini 5 Fakta Menarik Bubble Tea yang Kekinian


(lus/odi)
FOKUS BERITA Bubble Tea Kekinian