Bubble Tea Kekinian

Populer di Dunia, Ini 5 Fakta Menarik Bubble Tea yang Kekinian

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 18 Jun 2019 13:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Bubble Tea Kekinian
Jakarta - Mirip seperti tren matcha atau green tea, kini bubble tea jadi salah satu minuman yang digemari hampir di seluruh dunia. Ternyata ada fakta menarik soal minuman ini.

Meski berasal dari Taiwan, tapi kini minuman bubble tea atau boba tea sudah terkenal di Asia hingga Amerika. Sudah eksis sejak tahun 1980, ini fakta-fakta menarik tentang minuman bubble tea.

Baca Juga: Sudah Ada Sejak Tahun 80-an, Kini Bubble Tea Makin Beragam

1. Berasal dari Taiwan
Populer di Dunia, Ini 5 Fakta Menarik  Bubble Tea yang KekinianFoto: Istimewa

Bubble tea pertama kali muncul di Taiwan, yang dijual oleh wanita bernama Lin Hsiu di tahun 1980. Lin bekerja di salah satu gerai teh, dan saat itu merasa bosan dan mulai bereksperimen dengan bahan-bahan yang ada.

Dia mencampurkan dessert bernama 'Fen Yaun', dengan tambahan puding manis dari tapioka, dan dicampur dengan es teh. Hasilnya sangat enak, dan beberapa kafe mulai menambahkan bola tapioka dan sejenisnya ke menu minuman mereka.

2. Bubble Tea Tanpa Tapioka
Populer di Dunia, Ini 5 Fakta Menarik  Bubble Tea yang KekinianFoto: Istimewa

Dulu racikan minuman bubble tea ini sebenarnya tidak menggunakan bola tapioka, atau sering disebut sebagai tapioca pearls. Nama bubble, diambil dari foam atau busa di bagian atas teh yang dikocok setelah gelasnya ditutup.

Jadi minuman bubble tea ini sudah eksis sejak dulu. Dibuat dari es, susu, teh, dan gula yang dikocok secara bersama. Kini metode pembuatannya masih sama, hanya saja ditambah dengan boba atau tapioca pearls.

3. Punya Banyak Nama
Populer di Dunia, Ini 5 Fakta Menarik  Bubble Tea yang KekinianFoto: iStock

Bubble tea punya banyak nama yang berbeda. Salah satunya ada milk tea, pearl tea, tapioca tea, boba tea, boba nai cha, foam milk tea, momi milk tea, hingga big pearls.

Tapi yang paling terkenal tetap bubble tea. Namun tetap ciri khas dari minuman populer ini, terletak pada pearls atau boba yang kenyal manis.

4. Minuman dan Snack
Populer di Dunia, Ini 5 Fakta Menarik  Bubble Tea yang KekinianFoto: iStock

Bubble tea ini bisa dibilang perpaduan antara minuman dan makanan ringan. Mengapa disebut sebagai makanan ringan? Karena biasanya bubble tea, memiliki banyak topping selain boba, ada juga pudding, hingga kacang merah.

Sehingga bagian bawah bubble tea akan dipenuhi berbagai topping ini, dan ketika diminum dengan sedotan besar, semua topping ini akan membuat perut lebih kenyang. Sehingga sering disebut sebagai 'drink snack'.


5. Bubble Tea untuk Orang Dewasa
Populer di Dunia, Ini 5 Fakta Menarik  Bubble Tea yang KekinianFoto: Istimewa

Banyak yang menyangka bahwa bubble tea ini adalah minuman anak-anak, karena karena rasanya yang manis dan perpaduan antara susu, teh, serta boba yang kenyal. Serta tampilannya yang menarik.

Padahal minuman ini juga digemari oleh orang dewasa. Awalnya memang, minuman ini terkenal di kalangan anak sekolah yang ada di Taiwan. Tapi semakin berkembangnya waktu, bubble tea juga jadi minuman yang digemari oleh orang dewasa. Bahkan beberapa bar sempat menambahkan bobadan bubble tea ke dalam menu mereka.

Baca Juga: Slurrp! Di 5 Gerai Ini Ada Bubble Tea Brown Sugar yang Lagi Ngetren (sob/odi)
FOKUS BERITA Bubble Tea Kekinian