Ramai Soal Impor Ikan Asin, Ini 5 Ikan Asin Lokal yang Enaknya Kebangetan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 19 Jun 2019 12:48 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ikan asin tengah jadi sorotan karena disebut pemerintah mengimpor ikan asin dari Thailand dan Taiwan. Olahan ikan kering ini memang begitu diminati masyarakat.

Ramai perbincangan impor ikan asin pertama kali dipicu cuitan ustaz Tengku Zulkarnain di Twitter. Ia menyoroti Indonesia, dalam hal ini pemerintah, masih mengimpor ikan asin dari Thailand dan Taiwan. "Kenapa...? SALAH URUS Kah Negeri Ini...? Ayo TIM SORAK Serbu...! Jangan Diam Saja ya...," tulisnya.

Cuitan Tengku Zulkarnain kemudian mendapat tanggapan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti. Susi membalas dengan pertanyaan pada Tengku Zulkarnain. "Tahun berapa dan kenapa? Anda pikir masyarakat bodoh? Mereka jauh lebih pintar dr kita.. kita artinya anda dan saya lebih bodoh!!!" tulis Susi.

Baca Juga: Susi Disindir Soal Impor Ikan Asin, Ini Fakta dari BPS

Menilik jenisnya, ternyata ada banyak ikan asin yang populer di Indonesia. Ikan asin diolah jadi beragam sajian enak seperti 5 jenis ikan asin berikut ini.

1. Ikan asin gabus

Ramai Soal Impor Ikan Asin, Ini 5 Ikan Asin Lokal yang Enaknya KebangetanFoto: iStock

Ikan asin gabus punya banyak penggemar karena dagingnya tebal dan saat digoreng kering begitu renyah. Dilihat dari proses pembuatannya, ikan asin gabus relatif bersih karena sebelum diasinkan, bagian sisik, insang, dan isi perut ikan air tawar ini disingkirkan.

Harga ikan asin gabus di pasaran terbilang mahal. Per kilo gramnya bisa mencapai Rp 70.000, seperti dikutip dari situs Bahas Ikan. Untuk olahannya, ikan asin gabus populer dibumbui balado, cabai hijau, atau digoreng biasa.

2. Ikan asin peda

Ramai Soal Impor Ikan Asin, Ini 5 Ikan Asin Lokal yang Enaknya KebangetanFoto: iStock

Yang juga populer di Indonesia adalah ikan asin peda yang dibuat dari ikan kembung utuh. Olahan ikan asin ini setengah kering dan harganya tidak terlalu mahal. Kisaran harganya di pasaran Rp 65.000 per kilo gram. Untuk cita rasa, asinnya tidak terlalu kuat.

Ikan asin peda bisa djadikan pepes yang nikmat. Olahan populer lainnya adalah tumis ikan asin peda. Bisa ditambahkan petai dan irisan jagung manis agar makin enak. Kalau mau yang sedikit beda, resep Orak-Arik Peda Petai ala detikFood ini bisa dicoba.

3. Ikan asin teri

Ramai Soal Impor Ikan Asin, Ini 5 Ikan Asin Lokal yang Enaknya KebangetanFoto: iStock

Ukurannya yang mungil membuat ikan asin teri mudah dikenali. Ada dua jenis ikan asin teri yang populer yaitu ikan asin teri jengki dan Medan. Untuk tampilan, ikan asin teri Medan lebih kecil dan warnanya lebih putih.

Olahan kedua jenis ikan asin teri ini juga berbeda. Ikan asin teri Medan lebih banyak dipakai sebagai campuran nasi liwet atau nasi bakar. Kalau ikan asin teri jengki, paling populer dijadikan sambal goreng teri kacang. Berikut daftar resep lengkap ikan asin teri dari detikFood.

Mengonsumsi ikan asin ini sangat baik bagi tubuh mengingat seluruh bagian ikan yaitu tulang hingga kepalanya dimakan. Karenanya orang bisa mendapat asupan kalsium dan fosfor yang tinggi.

4. Ikan asin jambal roti

Ramai Soal Impor Ikan Asin, Ini 5 Ikan Asin Lokal yang Enaknya KebangetanFoto: iStock

Ikan asin jambal roti juga sangat disukai karena daging ikannya tebal. Di pasaran, ikan asin jambal roti berharga cukup tinggi, Rp 100.000 per kilo gram. Tingginya harga ini disebabkan bahan baku yang terbatas, namun permintaannya lumayan tinggi.

Ikan asin jambal roti biasanya dibuat dari ikan manyung dan kadukang. Untuk olahannya, coba padukan ikan asin jambal roti dengan nasi goreng seperti dalam resep ini. Pilihan lainnya, ikan asin jambal roti bisa ditumis bersama cabai dan petai. Atau digoreng biasa dan dimakan dengan sayur asam plus sambal.

5. Ikan asin kapas dan ikan asin bulu ayam

Ramai Soal Impor Ikan Asin, Ini 5 Ikan Asin Lokal yang Enaknya KebangetanFoto: iStock

Bentuk kedua ikan asin ini hampir sama, bedanya ikan asin kapas lebih pipih dan melebar. Warnanya juga lebih putih. Dua jenis ikan asin ini tidak terlalu asin. Ciri khasnya terletak pada teksturnya yang tipis dan kecil.

Ikan asin kapas dan ikan asin bulu ayam perlu digoreng hingga matang. Selanjutnya dipadukan dengan bumbu balado bersama cabai merah atau cabai hijau. Jodoh paling pasnya adalah nasi hangat! Kalau terarik membuatnya, ikan asin kapas bumbu hijau bisa dibuat dengan resep ini.


Simak Juga 'Mengintip Pengolahan Ikan Asin di Pulau Papagarang':

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)