Ini 5 Alasan Mengapa Kuliner Selalu Jadi Bagian Penting Travelling

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 18 Jun 2019 08:44 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat travelling, selain obyek wisata budaya dan alam, makanan jadi perhatian. Bahkan jadi bagian terpenting saat berwisata dimanapun.

Hal ini dikarenakan setiap daerah memiliki makanan khas. Dengan menggunakan bahan dan bumbu asli dari negara tersebut, tentu bisa jadi sesuatu yang unik dan bisa jadi pengalaman baru. Selain itu makanan juga menrupakan suatu produk budaya yang memiliki cerita menarik.

Dikutip dalam Books Culinary Vacation, berikut ini beberapa alasannya.

Baca juga: Di 5 Kota Besar Ini Juga Ada Komunitas Kuliner yang Seru

1. Menemukan makanan baru

Ada 5 Alasan Penting Kenapa Kuliner Selalu Jadi Bagian TravellingFoto: iStock

Saat travelling, tentunya yang perlu masuk daftar adalah tempat makan. Tak hanya tempat wisata, ketika Anda mampir ke suatu daerah tentu yang akan dicari tempat makan untuk mengisi perut.

Misalnya saja, ketika Anda menghampiri Sumatera Barat, beragam makanan dengan rempah autentik akan Anda temukan. Lain halnya kalau liburan ke luar negeri seperti Jepang, tentu ada makanan yang memiliki rasa berbeda dan terkesan baru di lidah.

Rasa dari masakan bisa tersimpan dalam memori otak. Inilah yang membuat Anda kangen dengan suatu daerah terutama kulinernya.

2. Rasanya autentik

Ada 5 Alasan Penting Kenapa Kuliner Selalu Jadi Bagian TravellingFoto: iStock


Jika makanan tersebut bukan berada di negara asalnya, tentu ada sedikit rasa yang sudah diubah. Sehingga kalau travelling, pastikan untuk mencoba makanan asli dari daerah tersebut. Pemakaian bumbu autentik dan teknik memasak yang unik akan menjadi cerita menarik soal makanan.

3. Makanan sarat akan budaya

Ada 5 Alasan Penting Kenapa Kuliner Selalu Jadi Bagian TravellingFoto: iStock

Sangat menarik kalau Anda pergi ke suatu negara berbeda dan cicip kulinernya. Setiap makanan memiliki cerita dan juga sejarah. Misalnya saja, di Costa Rica, makanan pokoknya berupa nasi, pisang dan aneka protein.

Costa Rica memiliki tagline "pura vida" sehingga mereka lebih menjunjung makanan tradisional yang dimasak sederhana.

4. Menambah kebersamaan

Ada 5 Alasan Penting Kenapa Kuliner Selalu Jadi Bagian TravellingFoto: iStock

Mencicip makanan baru tentu semakin seru kalau ditemani dengan seseorang. Apalagi travelling bersama dengan seorang foodies. Namun, kalau travelling sendirian dan ingin mencicip makanan tak perlu khawatir.

Dengan kulineran, tAnda tentu akan bertemu dengan orang baru. Pembicaraan pun bisa dimulai dengan menanya makanan hingga mengomentari makanan. Beberapa negara juga menyediakan tur kuliner sehingga Anda bisa menambah teman baru.

5. Membawa bumbu dan makanan baru

Ada 5 Alasan Penting Kenapa Kuliner Selalu Jadi Bagian TravellingFoto: iStock

Travelling selalu akan mendapatkan pengalaman berharga. Makanan yang Anda coba di daerah tertentu juga bisa diaplikasikan di rumah. Apalagi kalau Anda mengikuti tur atau kelas memasak.

Selain itu, Anda juga bisa bekeliling pasar untuk melihat bumbu baru. bumbu atau makanan unik bisa Anda jadikan oleh-oleh.

Baca juga: Santai Seru! Makan Sambil Ngumpul Bersama Keluarga di Resto Taman (lus/odi)