Komunitas Kuliner

Di 5 Kota Besar Ini Juga Ada Komunitas Kuliner yang Seru

Devi Setya - detikFood Senin, 24 Sep 2018 13:35 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Komunitas Kuliner
Jakarta - Bukan hanya Jakarta, di kota besar lain juga ada komunitas kuliner yang tak kalah ramai dan seru. Di mana saja?

Beberapa daerah di Indonesia justru terkenal dengan kekayaan kulinernya yang sangat beragam. Inilah yang dimanfaatkan para pencinta makanan untuk berkumpul sambil berburu makanan.

Mulai dari Bandung, Yogya hingga Bali, berikut komunitas kuliner yang ada di 5 kota besar di Indonesia.

1. Yogyakarta
Di 5 Kota Besar Ini Juga Ada Komunitas Kuliner yang Seru Foto: Istimewa
Pencinta kuliner Yogya yang senang berburu makanan bisa bergabung dalam komunitas Mampir Makan. Komunitas ini digawangi orang-orang asli Yogyakarta yang ingin mengajak orang untuk makan bersama-sama.

Lewat instagramnya @mampirmakan, dalam komunitas ini bisa makan sekaligus sharing kuliner tradisional atau kuliner kekinian yang sedang hits di kota pelajar. Siapapun bisa bergabung dengan komunitas ini tanpa syarat, cukup pantau instagramnya saja untuk informasi kegiatan.

Baca juga : Keren! 5 Komunitas Kuliner Ini Punya Ribuan Anggota

2. Malang
Di 5 Kota Besar Ini Juga Ada Komunitas Kuliner yang Seru Foto: Istimewa
Di Kota Malang para pencinta kuliner berkumpul dalam Komunitas Malang Kuliner atau disingkat Makul. Komunitas ini awalnya terbentuk karena keisengan semata namu sekarang anggota grupnya sudah menyentuh angka puluhan ribu.

Makul aktif di media sosial Facebook. Kegiatan dalam komunitas ini juga cukup beragam. Mulai icip-icip kuliner populer di kota Malang hingga diskusi seputar bisnis kuliner.

Admin grup ini memberi keleluasaan bagi siapapun yang ingin bergabung dalam komunitas. Tidak ada syarat khusus, asal suka makan dan tertarik dalam dunia kuliner, bisa bergabung dan berkumpul dalam komunitas.

3. Bandung
Di 5 Kota Besar Ini Juga Ada Komunitas Kuliner yang Seru Foto: Istimewa
Bandung bisa dibilang surganya kuliner enak dan kekinian. Orang-orang di Bandung kemudian membentuk wadah berkumpul yang juga bisa jadi ajang silaturahmi sambil makan-makan.

Komunitas Kuliner Bandung yang aktif di instagram @komunitas_kuliner.bdg ini juga sering mengadakan kopi darat alias kumpul. Selain untuk makan, ada juga kegiatan seperti kursus membuat kue dan lain sebagainya.

4. Bali
Di 5 Kota Besar Ini Juga Ada Komunitas Kuliner yang Seru Foto: Istimewa
Komunitas yang digawangi Herman Tanggar ini mengawali komunitas karena awalnya tergelitik mencari tahu kuliner khas Bali yang unik. Awal dibentuk, komunitas ini hanya beranggotakan warga Bali saja.

Sekarang Kuliner Bali sudah memiliki ribuan anggota yang aktif dari seluruh Indonesia. Komunitas ini sering mengadakan kopdar rutin. Lewat komunitas ini diharapkan sebanyak yang lebih mengenal kuliner Bali.

Baca juga : Seru! Komunitas Belanga Indonesia Ajak Orang Lebih Cinta Makanan Indonesia

5. Semarang
Di 5 Kota Besar Ini Juga Ada Komunitas Kuliner yang Seru Foto: Istimewa

Kalau bingung mau kulineran apa di Semarang, coba cari tahu lewat Komunitas Kuliner Semarang. Komunitas ini selalu mengulas makanan-makanan yang ada di Semarang.

Selain berkumpul untuk mencicip makanan, komunitas ini juga sering mendiskusikan kuliner yang tengah menjadi sorotan. Komunitas ini juga sering mengadakan wisata kuliner untuk menjelajah makanan yang ada di kota Semarang.

Di sini juga anggota komunitas bisa saling berpromosi usaha kuliner yang dijalaninya. Komunitas yang terbentuk September 2014 ini sekarang sudah memiliki ribuan anggota.
Di 5 Kota Besar Ini Juga Ada Komunitas Kuliner yang Seru Foto: Istimewa
Di Semarang juga ada Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata (Kopi Semawis). Komunitas ini bermula sejak tahun 2004 dan membentuk Waroeng Semawis yang menjadi pusat jajanan kuliner terpanjang di daerah Semarang.

Sajian makanan di Waroeng Semawis antara lain ada nasi ayaam, es puter, bubur dan kue. Setiap akkhir Minggu malam ada jalanan yang ditutup untuk gelaran kuliner ini. Seru! (dvs/odi)
FOKUS BERITA Komunitas Kuliner