Komunitas Kuliner

Seru! Komunitas Belanga Indonesia Ajak Orang Lebih Cinta Makanan Indonesia

Devi Setya - detikFood Minggu, 23 Sep 2018 13:13 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
FOKUS BERITA Komunitas Kuliner
Jakarta - Banyak komunitas kuliner di Indonesia. Salah satunya Belanga Indonesia yang mengajak lebih banyak orang untuk cinta pada makanan Indonesia lewat kegiatan seru.

Komunitas yang dibentuk pada 2017 ini kerap mengadakan kegiatan rutin untuk berkumpul sambil mengenal dan mencicip makanan Indonesia. Seperti yang digelar pada Sabtu (22/9) di Kafe Pidis Gorontalo, Mampang Jakarta Selatan.

Baca juga : Berawal dari Hobi Makan dan Masak, Komunitas Kuliner Berkembang Pesat

Seru! Komunitas Belanga Indonesia Ajak Orang Lebih Cinta Makanan IndonesiaFoto: detikfood

Ditemui detikFood, Mariska dan Cici selaku founder Belanga Indonesia menjelaskan tentang komunitas kuliner besutannya ini. "Belanga itu sebenernya bukan komunitas tapi media komunitas. Terbentuk sekitar tahun lalu tapi kita aktif mulai Januari," kata Mariska.

Lebih lanjut, wanita berambut panjang ini mengatakan sebenarnya pendiri Belanga Indonesia adalah beberapa orang yang menganggap makanan Indonesia belum bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri. Apalagi sekarang semakin banyak restoran dari luar yang masuk ke Indonesia seperti resto Jepang dan Korea, padahal resto Indonesia makananya enak juga.


Karena bergerak pada fokus kuliner, Belanga Indonesia lewat websitenya belanga.id menyediakan wadah bagi siapapun yang ingin berbagi kisah kuliner. "Di sini bisa berbagi cerita masakan Indonesia, resep, review, sejarah masakan Indonesia. Ayo bareng-bareng kita posting," lanjut Mariska. Belanga Indonesia juga kerap mengajak icip-icip kuliner Nusantara.

"Kita punya kegiatan salah satunya begini, icip kuliner Nusantara. Kita di resto Gorontalo, pernah juga sebelumnya di resto Papua. Jadi memang kita pengennya ke tempat makan yang Indonesia tapi nggak banyak. Kalo nggak niat banget atau nggak diajak temen nggak mungkin nyari. Kan yang begini nggak segampng kita ke resto Padang atau Sunda." beber Cici.

Baca juga : Inilah Komunitas Food Blogger Indonesia Pertama

Seru! Komunitas Belanga Indonesia Ajak Orang Lebih Cinta Makanan IndonesiaFoto: detikfood

Saat kegiatan icip kuliner Gorontalo ini setidaknya Belanga mengajak 25 pencinta kuliner, agen belanga, influencer dan pemenang lomba di media sosial. Di sini semua diajak menikmati makanan Gorontalo mulai dari binthe buluhute, popo lulu, kuah bugis, ikan belah, terong santan hingga omu alias es kelapa Gorontalo dengan gula aren.

Jika tertarik menjadi bagian dari Belanga Indonesia, caranya gampang cukup daftar di websitenya saja. "Siapa aja boleh gabung, boleh sharing, kita terbuka buat siapapun. Caranya tinggal buka web kita belanga.id nanti register. Kalau mau tau kegiatan kita tjnggal pantengin terus medsos," tutup Mariska.

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Komunitas Kuliner