'365harinyoto' Rangkum Perjalanan Arsitek Ini Makan Soto Tiap Hari

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 17 Jun 2019 12:30 WIB
Instagram 365harinyoto yang merangkum perjalanan Endo (Foto: Denfarino Endo Tersiano) Instagram 365harinyoto yang merangkum perjalanan Endo (Foto: Denfarino Endo Tersiano)
Jakarta - Saking cintanya sama soto, arsitek ini menantang dirinya makan soto tiap hari selama satu tahun. Bagaimana keasyikannya memburu soto?

Sehari-hari Denfarino Endo Tersiano atau akrab disapa Endo bekerja sebagai arsitek di Jakarta. Sisi lainnya, ia begitu menyukai soto sampai-sampai menyebut dirinya 'soto freak'. Endo bahkan menjadikan kegiatan makan soto sebagai tantangan kala dirinya bosan dengan pekerjaan.

"Jadi ada obrolan dengan temen iseng aja... Saya selama ini bosen dengan rutinitas sebagai arsitek yang udah jalan, nah pengen ada tantangan suatu yang baru apa. Teman saya bilang apa kira-kira yang sesuai hobi saya. Saya jawab hobiku makan soto," tutur Endo saat dihubungi detikFood (17/6).

'365harinyoto' Rangkum Perjalanan Arsitek Ini Makan Soto Tiap HariEndo, sosok di balik '365harinyoto' yang sangat suka soto (Foto: Denfarino Endo Tersiano)

Baca Juga: Gurih dan Enak, 5 Jenis Soto Populer yang Wajib Dicoba!

Berdasarkan hobi makan soto itu Endo terinspirasi membuat tantangan 365 hari makan soto yang berbeda-beda. Kegiatan makan sotonya setiap hari dirangkum lewat Instagram @365harinyoto yang kini punya lebih dari 1.600 followers.

Petualangan Endo dimulai pada 1 Maret 2019. Lewat keterangan foto di Instagram ia juga mengatakan akan menilai rasa dari tiap soto yang dicicipnya. Endo menulis, "Ada penilaian rasa dari setiap soto yang aku makan dilihat dari pendapat lidahku sendiri.. (enak atau asem atau pahit ...jujur wes)."

'365harinyoto' Rangkum Perjalanan Arsitek Ini Makan Soto Tiap HariSoto Ayam Muria di Semarang, tempat makan soto terbaru yang dikunjungi Endo (Foto: Denfarino Endo Tersiano)

Soal agenda makan soto, Endo menceritakan ide tempatnya bisa dari internet atau rekomendasi dari teman. "Bisa juga asal selewatan, istilahku kelas random: mencari soto yang melewati rute kerja atau kalau pas lagi mau kemana," ujar Endo.

Terakhir ia menyambangi beberapa tempat makan soto di Solo, Surabaya, dan Semarang. "Sekalian mudik ke Jogja naik mobil," kata pria ramah ini.


'365harinyoto' Rangkum Perjalanan Arsitek Ini Makan Soto Tiap HariLokasi Soto Ayam Muria di Semarang (Foto: Denfarino Endo Tersiano)

Yang terbaru, di hari ke-108, Endo mampir ke Soto Ayam Muria di Semarang. Soto bening ini dinilai Endo begitu gurih dengan aroma bawang putih goreng yang enak. Harganya pun tidak mahal, sekitar Rp 10.000 untuk satu soto campur.

Ke depannya Endo sangat ingin menjelajahi seluruh daerah di Indonesia untuk mencicip soto enak. "Nanti bakal keluar Jawa juga maunya... Semoga ada yang sponsorin lah yaa," pungkasnya sambil bersenda gurau.

Baca Juga: Racikan Soto Legendaris di Jakarta Ini Cocok Buat Makan Siang

(adr/odi)