Sangat Langka! Restoran Ini Temukan Lobster Berwarna Biru Terang

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 14 Jun 2019 16:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Awal minggu ini, restoran Cape Cod menerima lobster unik. Dari 2 juta lobster, ditemukan salah satunya yang berwarna biru terang.

Staf di Arnold's Lobster & Clam Bar pertama kali berbagi berita tentang hadirnya lobster biru pada 08 Juni kemarin. Foto tersebut didapatkan langsung dari pemilik Nathan Nickerson III. Ia menulis di Facebook tentang lobster yang ia tangkap di atlantik dan dikirim oleh pemasok.

Meskipun begitu, lobster biru ini tidak dimasak. Karena lobsternya masih hidup, pihak restoran akhirnya berencana melepaskan kembali ke laut.

Sangat Langka! Restoran Ini Temukan Lobster Berwarna Biru TerangFoto: Istimewa

Dikutip dalam ABC7 (14/06), restoran mengatakan mereka belum pernah melihat lobster biru secara langsung. Lembaga lobster dari University Maine mengatakan peluang untuk menemukan lobster berwarna biru hanya ada 1 dari 2 juta.

Baca juga: Restoran Ini Pilih Lepaskan Lobster 'Cotton Candy' Langka Daripada Memasaknya

"Warna biru berasal dari cacat genetik yang menyebabkan lobster menghasilkan jumlah berlebihan dari protein tertentu yang akhirnya memberikan warna unik pada lobster," jelas lembaga tersebut.

Di lautan, lobster biasanya berwarna biru kehijauan atau cokelat. Warna ini berubah setelah dilakukan proses memasak.

Sangat Langka! Restoran Ini Temukan Lobster Berwarna Biru TerangFoto: iStock

Selain lobster biru, Lobster Institute menyadari adanya albino hidup, lobster merah berwarna kuning dan cemerlang serta lobster dengan cangkang bercorak warna calico.

Di antara kelompok lobster yang tak biasa, albino adalah yang paling langka. University of Maine mengatakan hanya ada 1 dari 100 juta peluang untuk menemukannya.

Artinya lobster jenis ini lebih langka dibanding lobster biru terang yang ditemukan.

Baca juga: Jakarta King Lobster: Puas Makan Lobster hingga Aneka Kerang Gurih Manis (lus/odi)