Diracik Dengan Jahe dan Garam, Ini Fuljar Soda Minuman Viral di India

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 14 Jun 2019 15:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Di India sedang tren minuman soda yang dicampur dari berbagai rempah seperti jahe, daun mint, hingga tambahan garam. Rasanya unik dan mengejutkan.

Berawal dari situs video TikTok dan YouTube, kepopuleran minuman fuljar soda kian meningkat. Terutama di Kerala, India. Banyak orang yang mulai tertarik untuk mencobanya, hingga membuatnya sendiri di rumah. Minuman ini sekilas tampak biasa dan tidak ada yang spesial, tapi minuman ini mirip seperti Jaegrbomb asal Jerman, di mana gelas minuman ditumpahkan ke dalam minuman lainnya.

Baca Juga: Paduan Milo, Keju dan Durian Kini Jadi Minuman Hits di Malaysia
Diracik Dengan Jahe dan Garam, Ini Fuljar Soda Minuman Viral di IndiaFoto: Istimewa

Dikabarkan Latestly (13/06), fuljar soda memiliki perpaduan rasa dari manis, asam, hingga pedas. Minuman ini tidak mengandung alkohol, sehingga banyak restoran hingga toko jus yang mulai menjualnya.

Bahan-bahan yang digunakan ada daun mint, pasta cabe hijau, jahe, sirup, lemon, biji poppy, dan garam. Semua bahan ini dihaluskan kemudian ditaburkan biji poppy di atasnya, dengan satu sendok garam.
Diracik Dengan Jahe dan Garam, Ini Fuljar Soda Minuman Viral di IndiaFoto: Istimewa

Setelah itu minuman ini bisa langsung dicampur dengan air soda, sehingga sensasi soda dan minuman fuljar ini langsung terasa. Meski rasanya aneh, ternyata banyak orang yang menyukainya. Bahkan banyak juga yang menambahkan rasa buah, seperti semangka, jeruk, strawberry, hingga nanas di dalam minuman fuljar.

Minuman ini bahan-bahannya bisa diganti sesuai selera. Ada yang ditambah dengan daun neem, madu, kayu manis hingga rempah lainnya.
Diracik Dengan Jahe dan Garam, Ini Fuljar Soda Minuman Viral di IndiaFoto: Istimewa

"Kami mengganti resep fuljar ini sesuai yang permintaan pelanggan. Jika mereka meminta rasa yang berbeda, kita bisa menambahkan jeruk, semangka, atau nanas yang dipadukan dengan soda," tutur Aravindan, salah satu pelayan restoran di India.

Meski terbilang baru tapi animo banyak orang untuk mencicipi minuman ini terbilang besar. Banyak orang India yang merasa bahwa minuman segar dan unik ini cocok untuk menyambut musim panas.

Baca Juga: Unik! Minuman Ini Tersaji di Dalam Gelas Labu 3 Liter

(sob/odi)