Kenali Coco De Mer, Pohon Kelapa Langka dengan Buah Terbesar di Dunia

Devi Setya - detikFood Selasa, 11 Jun 2019 12:30 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Hampir semua orang tahu bentuk, ukuran dan rasa buah kelapa. Tapi tahukah Anda ada buah kelapa dengan ukuran jumbo yang tercatat sebagai buah kelapa terbesar di dunia?

Tumbuhan kelapa unik ini dikenal dengan nama coco de mer, pohon kelapa super langka ini punya buah berukuran sangat besar. Selain ukurannya, buah kelapa ini juga punya sederet keunikan lain, berikut 5 fakta unik seputar coco de mer.

1. Sejenis kelapa
Kenali Coco De Mer, Pohon Kelapa Langka dengan Buah Terbesar di Dunia Foto: istimewa

Pohon ini masih satu keluarga dengan jenis pohon kelapa yang dikenal luas. Bentuk batang, daun bahkan buahnya mirip seperti buah kelapa pada umumnya namun lebih tinggi dan rimbun.

Yang membuatnya tampak berbeda hanya pada bagian buah yang ukuranya super besar. Pohon ini juga mengalami masa pembuahan yang sangat lama. Kabarnya satu pohon coco de mer membutuhkan waktu tanam hingga 80 tahun sampai bisa berbuah.

Baca juga : Gandaria dan Cermai, Buah Langka yang Bikin Rujak Makin Enak

2. Ukuran dan bentuk buahnya
Sekilas memang buah coco de mer tampak seperti kelapa namun dengan bentuk yang unik. Pada bagian bawah buah ini terlihat garis lekukan yang membuat kelapa tampak agak terbelah dua. Sekilas terlihat seperti bagian pinggul atau bokong manusia.

Ukuran buah ini juga super besar, kira-kira dua kali ukuran kepala orang dewasa. Berat setiap buahnya sekitar 15-30 kilogram. Ketika dibelah, terlihat di dalamnya seperti ada dua batok kelapa kembar.

3. Terdapat pohon jantan dan betina
Kenali Coco De Mer, Pohon Kelapa Langka dengan Buah Terbesar di Dunia Foto: istimewa

Tidak semua pohon coco de mer bisa menghasilkan buah, hanya pohon betina yang sudah terbuahi yang bisa menumbuhkan buah. Proses penyerbukan pohon ini mengandalkan alam dengan bantuan angin.

Tak heran buah pohon ini terbilang langka karena butuh proses panjang hingga menghasilkan buah yang siap konsumsi. Pohon yang sudah dibuahi setidaknya membutuhkan wakti 5-7 tahun untuk mengembangkan buah. Jika ditanam dari bibit, pohon ini butuh 80 tahun. Wow!

4. Hanya tumbuh di satu lokasi
Jelas saja banyak orang yang tidak tahun coco de mer karena tumbuhan ini sangat langka dan tak bisa dibudidaya di banyak tempat. Pohon ini hanya tumbuh di Seycelles sebuah negara kepulaian yang terletak di timur laut Madagaskar, Afrika.

Pohon ini tumbuh subur d Taman Nasional Praislin, Vallee de Mai. Pada tahun 1983, taman nasional ini masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO karena menyimpan banyak tumbuhan langka. Oiya, coco de mer bahkan juga dianggap sebagai tanaman purba.

Baca juga : Keren! Pohon Ajaib Ini Hasilkan 40 Jenis Buah Mulai Plum hingga Almond

5. Mitos buah coco de mer
Kenali Coco De Mer, Pohon Kelapa Langka dengan Buah Terbesar di Dunia Foto: istimewa

Masyarakat di pesisir Kepulauan Maladewa kerap kali menemukan buah unik ini di tepi laut namun tak pernah berhasil menemukan pohonnya. Hal ini membuat banyak orang percaya kalau coco de mer adalah tumbuhan yang hidup di dasar laut.

Masyarakat Maladewa bahkan memiliki sebutan sendiri untuk buah ini yakni coco de mer lodoicea maldivica yakni buah yang berasal dari Maladewa.

Uniknya lagi, karena mitos yang berkembang, para pangeran Timur Tengah hingga Kaisar Romawi Suci, Rudolf II menawarkan banyak uang bagi siapapun yang bisa menemukan buah ini. Seorang ahli kosmologi Kristen, Mayor Jenderal Charles George Gordon pernah berasumsi kalau coco de mer adalah buah terlarang yang membuat Hawa dan Adam terusir dari surga. (dvs/odi)