Kuliner Mudik dan Lebaran

Jangan Lupa Makan Bihun Bebek Hingga Kari Bihun Legendaris Jika Lebaran di Medan

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 06 Jun 2019 07:28 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Lebaran di kota Medan, jangan lewatkan beragam kuliner legendaris yang ada si sana. Mulai dari soto, bihun, hingga racikan kari yang enak.

Di kota Medan, Anda akan menemukan restoran atau warung makan yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Mempertahankan resep dan citarasa autentik, barisan tempat makan ini bisa jadi destinasi kuliner yang menarik di Medan.

Baca Juga: Bikin Ketagihan! Buka Puasa dengan Bubur Madura Legendaris di Pasar Atom

1. Soto Sinar Pagi

Jangan Lupa Makan Bihun Bebek Hingga Kari Bihun Legendaris Jika Lebaran di MedanFoto: Istimewa

Tak hanya wilayah Jawa saja yang punya racikan soto enak. Di Medan pun, ada soto khas Medan buatan Sinar Pagi yang sudah ada sejak tahun 1962 lalu. Tempat soto ini banyak didatangi artis hingga petinggi negara seperti SBY.

Ciri khas soto ini terletak pada kuah soto yang cukup kental, dengan aneka rasa dari rempah yang kuat. Isiannya pakai daging yang empuk dan gurih, sekaligus ditemani dengan nasi putih hangat. Tempat soto yang satu ini selau ramai di pagi hari hingga jam makan siang.

Soto Sinar Pagi

JL. Sei Deli No. 2, Sialas.

Medan Barat

Telpon: 0616 614943

Jam Buka: 07.00 -15.00

2. Sate Memeng

Jangan Lupa Makan Bihun Bebek Hingga Kari Bihun Legendaris Jika Lebaran di MedanFoto: Istimewa

Mau cicip sate legendaris di kota Medan yang sudah ada sejak tahun 1945? Bisa langsung mampir ke Sate Memeng yang ada di jalan Irian Barat. Sate yang satu ini terkenal dengan kualitasnya yang enak dan terjaga.

Menu yang disajikan ada sate daging sapi, ayam, hati, usus dan campur. Bumbu atau kuah satenya bisa memilih antara sambal kacang, kecap atau kuah sate Padang. Bisa dicampur langsung dengan sate atau dipisah.

Sate Memeng

JL. Irian Barat No. 1G.

Depan Uniland Medan, Sumatera Utara.

Telpon: 081361153743

Jam Buka: 18.00 -21.00

Baca Juga: Sedapnya Sate Memeng dengan Bumbu Kacang dan Kuah Sate Padang dari Medan

3. Kari Tabona

Jangan Lupa Makan Bihun Bebek Hingga Kari Bihun Legendaris Jika Lebaran di MedanFoto: Istimewa

Sarapan di kota Medan, ada Kari Tabona yang gurih pekat. Di RM Kari Tabona, menyajikan kari khas Medan yang berisi bihun, ayam, kentang, dan potongan daging sapi. Kuah karinya berwarna kuning cerah dan rasa yang enak.

Kari Tabona sendiri awalnya berasal dari kata "Tabo" atau enak. Tak perlu khawatir, karena kari yang satu ini halal. Kalau ke sini Anda harus rela mengantre, karena selalu dipenuhi pengunjung hingga pendatang yang mau mencicipi kari legendaris ini. Jadi harus bersabar jika harus antre.

RM Kari Tabona

JL. Mangkubumj No. 17 A U R.

Medan Maimun, Sumatera Utara.

Jam Buka: 06.30 - 17.30

Telpon: 061 4536952

4. Lontong Kak Lin

Jangan Lupa Makan Bihun Bebek Hingga Kari Bihun Legendaris Jika Lebaran di MedanFoto: Istimewa

Sudah ada lebih dari 25 tahun yang lalu, warung makan Lontong Kak Lin selalu ramai. Lontong sayur khas Medan ini bahkan sudah menjadi langganan SBY, dan para tokoh lainnya.

Ciri khas sajian lontong di sini terletak pada isiannya. Potongan lontong, ditambah dengan bihun, telur, disiram dengan sayur gurih dan disajikan dengan kerupuk merah muda. Makan lontong di sini dijamin bikin nagih dan kangen. Selain lontong sayur juga ada beragam camilan dan menu lainnya.

Lontong Kak Lin

JL. Cik Ditiro No. 8 (Depan SMA 1 Medan).

Medan, Sumatera Utara.

Jam Buka: 06.00 - 16.00

5. Bihun Asie Kumango

Jangan Lupa Makan Bihun Bebek Hingga Kari Bihun Legendaris Jika Lebaran di MedanFoto: Istimewa

Kalau restoran yang satu ini sudah buka sejak tahun 1930 lalu. Di sini menu andalannya ada bihun yang disajikan dengan irisan daging bebek rebus, dengan porsi royal atau besar. Dilengkapi dengan sawi dan taburan daun bawang, dan bawang putih cincang goreng. Bawang putih ini disajikan terpisah dan bisa diambil sepuasnya.

Bihun bebek ini biasanya disajikan dengan pelengkap seperti ati ampela. Kuah kaldu bebeknya gurih enak dan daging bebeknya empuk lembut tanpa bau anyir. Kualitas yang terjaga membuat sajian bihun bebek ini disukai banyak orang. Sebelum jam 11 siang biasanya bihun bebek sudah habis. Bersiaplah datang pagi dan antre.

Bihun Asie Medan

JL. Kumango Medan.

Medan, Sumatera Utara.

Jam Buka: 07.00 -11.00

Telp: 061 4512517

Baca Juga: Digoyang Kelezatan Mangkok Terakhir si Bihun Bebek

(adr/odi)