Kuliner Mudik dan Lebaran

Dari Aceh hingga Makassar, Ini Hidangan Spesial Saat Hari Raya

Devi Setya - detikFood Selasa, 04 Jun 2019 16:20 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Sebagian besar masyarakat Jawa memang menyajikan ketupat dan opor sebagai hidangan Lebaran. Tapi lain lagi dengan di Aceh, Madura hingga Makassar.

Kekayaan kuliner Nusantara membuat ragam hidangannya sangat variatif, termasuk ketika menyajikan makanan spesial di hari Lebaran.

Banyak makanan unik yang disajikan hanya di hari raya Idul Fitri, seperti di beberapa daerah ini.

1. Aceh
Dari Aceh hingga Makassar, Ini Hidangan Spesial Saat Hari RayaFoto: istimewa

Sebagai daerah yang dikenal dengan julukan serambi mekah, masyarakat Aceh selalu menyambut Lebaran dengan sederet kuliner spesial. Saat Lebaran, para ibu akan sibuk membuat kuah labu yakni hidangan yang terbuat dari labu air yang dimasak dengan kuah santan dan berbagai bumbu serta rempah.

Ada juga bebek gulai kurma yang diolah menggunakan daging bebek diguyur kuah gulai. Meski menyebut nama kurma tapi sajian ini tak dimasak dengan tambahan buah kurma.

Baca juga : 5 Resep Daging Sapi Untuk Sajian Spesial Lebaran

2. Madura
Dari Aceh hingga Makassar, Ini Hidangan Spesial Saat Hari RayaFoto: istimewa

Di Madura, ada hidangan unik bernama kella pate. Makanan khas Madura ini biasanya hanya disajikan pada momen-momen besar termasuk ketika Idul Fitri.

Kella Pate dibuat dengan bahan baku ikan tenggiri yang digoreng kemudian dimasak dengan kuah santan dan bumbu yang pekat. Untuk memberi rasa asam segar, masakan ini juga ditambahkan irisan belimbing wuluh.

3. Makassar
Dari Aceh hingga Makassar, Ini Hidangan Spesial Saat Hari RayaFoto: istimewa

Sebagian masyarakat Makassar juga kerap menyajikan ketupat saat Lebaran. Tapi lauk pelengkapnya bukanlah opor ayam melainkan ayam gagape. Hidangan ini termasuk salah satu yang tak pernah absen ketika lebaran tiba.

Terbuat dari ayam kampung, gagape ini memiliki tekstur yang empuk karena dimasak perlahan dengan bumbu berlimpah. Tambahan santan pada masakan ini membuat rasanya semakin gurih dan mantap.

4. Kalimantan Timur
Dari Aceh hingga Makassar, Ini Hidangan Spesial Saat Hari RayaFoto: istimewa

Semangkuk soto banjar yang disajikan ketika Lebaran dianggap sebagai simbol menyambut dan menjamu tamu spesial. Soto banjar yang hangat berkuah gurih ini tak pernah absen ketika berlebaran di rumah orang asli suku Banjar.

Isian soto yang terdiri dari bihun, daging ayam suwir, telur rebus dan perkedel kentang ini diberi kuah kuning gurih. Biasanya soto banjar disajikan dengan beberapa potong ketupat atau buras.

Baca juga : Katupe Hingga Dendeng Balado Jadi Menu Istimewa Orang Minang Saat Lebaran

5. Kalimantan Barat
Dari Aceh hingga Makassar, Ini Hidangan Spesial Saat Hari RayaFoto: istimewa

Masyarakat Pontianak khususnya warga Melayu dan sekitarnya, menyantap lemang lepat lau saat Lebaran tiba. Disantap dengan lemang lepat lau dengan pelengkap rendang daging dan serundeng.

Lemang lepat lau terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam bilah bambu dan dibakar hingga matang. Campuran santan dan garam membuat lemang ini enak dan gurih. Mirip dengan lamang khas Sumatera Barat dan nasi jaha dari Sumatera Utara. (dvs/odi)