Kuliner Mudik dan Lebaran

5 Resep Daging Sapi Untuk Sajian Spesial Lebaran

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 01 Jun 2019 10:13 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di hari raya olahan daging sapi jadi pilihan spesial. Rendang, dendeng hingga pindang khas Kudus bisa jadi suguhan spesial hari raya lebaran.

Meski memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan ayam. Daging sapi memiliki cita rasa yang nikmat dan selalu dihidangkan saat Lebaran tiba. Perpaduan bumbu dan rempah nikmat meresap hingga ke dalam serat daging.

Tak selalu berkuah santan. Sajian daging juga ada yang dibuat dengan kuah bening berpadu keluak khas Jawa Timur.

1. Dendeng Abon Sapi

5 Resep Daging Sapi Untuk Sajian Spesial LebaranFoto: detikfood

Sebagai pendamping opor atau sayur gurih. Dendeng abon sapi ini bisa dibuat sebagai suguhan tamu untuk Lebaran. Rasanya gurih pedas dan agak kering. Daging berbumbu dendeng ini terasa sedap.

Tak hanya enak dimakan dengan nasi. Dendeng abon sapi juga bisa dijadikan menu pendamping opor ataupun sayur gurih dengan potongan ketupat atau lontong. Tertarik membuatnya? Klik resepnya di sini.

2. Rendang Padang

5 Resep Daging Sapi Untuk Sajian Spesial LebaranFoto: iStock

Nah, menu khas Minang ini wajib ada saat Lebaran. Meskipun memasaknya perlu waktu yang lama. Namun tak membuat orang berpindah hati dari sajian berbumbu rempah ini.

Selain bisa disantap sebagai menu Lebaran. Anda juga bisa menjadikannya sebagai hidangan sahur. Enak dipadu dengan ketupat. Pokoknya sedap! Klik resepnya di sini ya jika ingin melihat proses pembuatannya.

3. Pindang Kudus

5 Resep Daging Sapi Untuk Sajian Spesial LebaranFoto: detikfood


Sajian pindang daging sekilas mirip rawon dan soto. Makanan khas Kudus ini memiliki rasa gurih dengan aksen sedikit manis. Diberi tambahan daun melinjo muda, paling enak disantap hangat-hangat.

Pindang Kudus dibuat dengan daging sandung lamur. Enak karena dipadu dengan santan dan bumbu halus. Enak ditambah lontong atau ketupat. Yuk, lihat resepnya di sini.

4. Tongseng Praktis

5 Resep Daging Sapi Untuk Sajian Spesial LebaranFoto: dok. detikFood

Tak ribet ternyata untuk membuat tongseng. Kuah tongseng yang gurih dan bersantan, makin sedap ditambah dengan potongan daging rebus yang empuk. Disajikan bersama dengan cabai, bawang hingga tomat merah.

Kalau Lebaran sebaiknya sajikan bersama dengan lontong. Enak dipadu dengan kerupuk gurih. Klik di sini untuk lihat resepnya.

5. Terik Daging

5 Resep Daging Sapi Untuk Sajian Spesial LebaranFoto: detikfood

Daging sapi bergaya Jawa ini punya citaraa gurih-gurih sedikit manis. Bumbunya meresap sehingga membuat rasanya gurih sampai ke serat daging.

Terik daging ini bisa disantap hanya dengan nasi hangat. Atau dipadu dengan sajian sayur santan gurih. Klik di sini untuk membuatnya.

(lus/odi)