Kuliner Mudik dan Lebaran

Kare Ranjungan hingga Pindang Gombyang Enak Ada di 5 Kota Pantura Ini

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 30 Mei 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak tempat makan seafood enak di sepanjang Jalur Pantura. Ada yang punya pindang gombyang kepala manyung hingga kare ranjungan enak.

Penggemar seafood bisa puaskan selera kalau mudik lewat jalur Pantai Utara (Pantura). Sebab kare ranjungan, kepiting gemas hingga mangut kepala manyung enak bisa Anda dapatkan di 5 rumah makan ini selama dalam perjalanan.

1. RM Panorama

Kare Ranjungan hingga Pindang Gombyang Enak Ada di 5 Kota Pantura IniFoto: Instagram azlazzn


Menu andalan rumah makan ini ialah pindang gombyang kepala ikan manyung. Selain pindang ikan laut dalam itu, RM Panorama juga tawarkan ragam olahan seafood. Mulai dari ikan bakar, olahan cumi, udang hingga kepiting. Tempatnya yang asri serta area parkir yang luas jadi nilai tambah bagi rumah makan ini.

RM Panorama
Jl Samsu, Tambak
Indramayu, Jawa Barat
Telp: 0878-2888-9992

2. Pesona Laut Pantura

Kare Ranjungan hingga Pindang Gombyang Enak Ada di 5 Kota Pantura IniFoto: detikFood


Masih di wilayah Indramayu, rumah makan seafood ini juga tak kalah populer. Pesona Laut Pantura selalu disinggahi para pemudik. Lokasinya yang dekat bibir pantai dan memiliki fasilitas amben atau tempat tidur kayu membuat rumah makan ini jadi lebih istimewa. Soal makanan, tersedia ragam olahan cumi, ikan, udang, rajungan, dan bahan seafood lain.

Pesona Laut Pantura
Jl Raya Pantura Indramayu
Eretan Kulon, Indramayu, Jawa Barat
Telp: 0853-5399-5294

3. RM Bung Kombor

Kare Ranjungan hingga Pindang Gombyang Enak Ada di 5 Kota Pantura Ini
Foto: garnesia

Dikenal akan kelezatan olahan kepitingnya membuat RM Bung Kombor diincar penikmat seafood. Jika mampir, Anda wajib mencoba menu bernama Kepiting Gemes. Bumbunya yang pedas dimasak sedemikian rupa hingga meresap ke dalam daging kepiting.

Banyak orang yang menyebut kalau RM Bung Kompor ini sangat terkenal di Pekalongan. Tak heran walau menempati area yang tidak terlalu luas, orang-orang rela antre untuk makan di sana.

RM Bung Kombor
Jl. Blimbing No 134
Sampangan, Pekalongan, Jawa Tengah
Telp: (0285) 422108

4. Mangut Kepala Manyung Bu Fat

Kare Ranjungan hingga Pindang Gombyang Enak Ada di 5 Kota Pantura IniFoto: detikFood


Kelezatan mangut kepala manyung racikan Bu Fat sudah melegenda. Dibuka sejak tahun 1969, rumah makan ini selalu bisa puaskan penikmat olahan ikan laut dalam itu. Rasa kuah mangut yang pedas menggigit dijamin bikin mata melek. Dimakan dengan nasi hangat pasti bikin ketagihan.

Kepala Manyung Bu Fat
Jl. Sukun Raya No.36, Srondol Wetan
Kota Semarang, Jawa Tengah
Telp: 0821-3503-1912

Baca juga: Kepala Manyung Bu Fat: Tersengat Pedasnya Mangut Kepala Manyung Legendaris

5. Depot Langgeng

Kare Ranjungan hingga Pindang Gombyang Enak Ada di 5 Kota Pantura Ini
Foto: pokokemusttry

Depot Langgeng masuk dalam daftar tempat makan kare ranjungan terenak di Tuban. Rasa kare ranjungan di sini cukup pedas. Tentunya hal itu yang membuat banyak orang makin tambah lahap saat mampir.

Tak hanya kare ranjungan, cumi bakar, udang telur asin hingga olahan lobster jumbo juga jadi favorit. Enaknya lagi, rumah makan ini mengusung konsep lesehan dengan beberapa saung. Makan seafood bareng keluarga saat mudik pasti jadi lebih istimewa!

Depot Langgeng
Jl Manunggal No 9 Panyuran
Tuban, Jawa Timur
Telp: (0356) 324587

Baca juga: Kuliner Pantura Enak, Pindang Gombyang dari Indramayu yang Asam Pedas

(lus/odi)