Kuliner Mudik dan Liburan

Kuliner Pantura Enak, Pindang Gombyang dari Indramayu yang Asam Pedas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 28 Mei 2019 14:30 WIB
Foto: Instagram azlazzn Foto: Instagram azlazzn
Jakarta - Mudik lewat jalur Pantai Utara (Pantura)? Saat singgah di Indramayu, jangan lewatkan kuliner Pantura enak, pindang gombyang. Dijamin bikin nambah nasi!

Indramayu termasuk daerah pesisir utara Jawa Barat yang dilalui pemudik via jalur Pantura. Seperti halnya Cirebon, lokasi Indramayu dekat dengan laut sehingga masyarakatnya mengandalkan hasil laut sebagai mata pencaharian utama.

Salah satu hasil laut populer di Indramayu adalah ikan manyung. Biasanya bagian badan ikan manyung diolah jadi ikan asin jambal roti di sana. Namun untuk kepala ikan manyung biasanya dibuang dan tak dianggap berharga.

Kuliner Pantura Enak, Pindang Gombyang dari Indramayu yang Asam PedasFoto: Instagram wieloify

Baca Juga: 7 Kuliner Enak di Indramayu yang Sayang Dilewatkan!

Seiring waktu, pada tahun 2006 beberapa penjual makanan mulai memanfaatkan kepala ikan manyung untuk diolah jadi makanan enak. Kepala ikan dibumbui pindang sehingga menu ini dikenal dengan nama Pindang Gombyang. Nama 'gombyang' sendiri bisa berarti besar, merujuk pada ukuran kepala ikan manyung yang memang besar.

Seporsi pindang gombyang bisa memakai kepala ikan manyung berukuran 2-3 kg. Konon kepala ikan manyung perlu dikukus atau direbus sebelum dibumbui. Setelah itu, kepala ikan manyung diberi bumbu utama seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, asam Jawa, tomat, dan cabe rawit.

Kuliner Pantura Enak, Pindang Gombyang dari Indramayu yang Asam PedasFoto: Instagram kulinercirebon

Hasilnya pindang gombyang terasa asam, pedas, dan segar. Biasanya pindang gombyang dibanderol Rp 50.000-60.000 per porsi. Menu ini banyak ditemui di kawasan Pantai Indramayu seperti Desa Karangsong.

Nah, kalau mau mencicip pindang gombyang di Indramayu, ada beberapa rumah makan yang bisa disambangi. Salah satunya di Warung Bogarasa atau Warung Ijo Karangsinom. Warung makan ini menjual pindang gombyang seharga sekitar Rp 30.000, belum termasuk nasi.

Yang juga terkenal dengan sajian pindang gombyangnya adalah RM Panorama. Lokasinya ada di Jalan Tambak Raya. Rumah makan ini kabarnya hanya menggunakan kepala ikan manyung segar untuk diolah jadi pindang. Kepala manyung didapat dari tempat pelelangan ikan di Karangsong lalu dimasak di hari yang sama. Nikmat!

Baca Juga: Murah Meriah! Racikan Sate Kikil dan Kulit Ayam Pak Salim yang Khas Indramayu

(adr/odi)