Mengapa Menu Sayap Ayam Ini Disebut Buffalo Wings?

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 30 Mei 2019 08:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Ada banyak kisah dibalik penamaan sebuah makanan. Salah satunya adalah buffalo wings yang kini banyak disukai. Bagaimana kisahnya?

Tidak heran jika ada asal-usul nama dari makanan, tapi tidak ada hubungannya dengan jenis makanan tersebut. Buffalo wings misalnya, pada dasarnya makanan ini bukan dari sayap kerbau.

Jika diartikan secara harfiah, buffalo memiliki arti kerbau. Kalau diartikan menjadi sayap kerbau. Dan nama ini sempat dipercayai oleh sebagian orang.

Baca Juga: Buffalo Wings hingga Country Fried, Ayam Goreng Khas Amerika yang Populer

Dikutip dalam Food Beast (24/05), rumor mengatakan asal mulanya adalah dari sebuah perusahaan makanan bernama Anchor Bar di Buffalo yang telah menciptakannya. Pemiliknya yang bernama Teressa Bellissimodid secara tidak sengaja hanya mengirimkan sayap sebagai bahan makanan, tidak dengan bagian ayam lainnya.

Mengapa Menu Sayap Ayam Ini Disebut Buffalo Wings?Foto: iStock

Dengan demikian, camilan yang sekarang terkenal itu diciptakan karena berniat untuk tidak membuang-buang bagian unggas tertentu.

Sebuah laporan lain mengatakan bahwa putra Teressa, yang bernama Dominic, meminta ibunya untuk membuatkan camilan untuknya dan teman-temannya. Ibu yang kelelahan itu hanya membuat dengan bahan dari sayap ayam yang belum diolah ke dalam penggorengan, kemudian menyiramnya dengan saus panas sebelum mereka bergegas ke tempat tidur untuk menonton TV pada tahun 1964.

Namun sayangnya, tidak ada anggota keluarga dari Teressa Bellissimo yang masih hidup saat ini untuk memverifikasi cerita-cerita ini. Sehingga rumor ini masih menjadi misteri dibalik nama buffalo wings ini.

Seperti yang Anda tahu, buffalo wings biasa disajikan dengan seledri dan keju. Namun, darimanakah asal mula bahan ini ditambahkan?

Mengapa Menu Sayap Ayam Ini Disebut Buffalo Wings?Foto: iStock

Jadi, Teressa ingin anaknya untuk memakan sayuran, kemudian ia berpikir bahwa keju yang cocok disajikan dengan apapun ini dicampur dengan seledri kemudian disajikan dengan buffalo wings.

Apa pun alasannya, buffalo wings mudah didapatkan, mungkin karena murah untuk dibeli atau dibuat sendiri dirumah. Bahkan sayap dinyatakan sebagai makanan resmi untuk menemani Anda menonton olahraga dan minum bir.

Kemudian saus dari buffalo wings itu sendiri biasanya kombinasi antara saus pedas, cuka, mentega, saus Worcestershire dan rempah-rempah.

Uniknya, di Buffalo, New York, mantan Walikota Stan Makowski menyatakan 29 Juli sebagai National Chicken Wing Day. Penggemar makanan ini dapat menemukannya dengan gratis di seluruh kota.

Baca Juga: Resep Ayam: Spicy Buffalo Wings (lus/lus)