Kuliner Mudik dan Lebaran

Ini Rahasia Kelezatan Telur Asin Brebes yang Gurih, Masir dan Berminyak

Devi Setya - detikFood Rabu, 29 Mei 2019 18:00 WIB
Foto: dok.detikFood/Istimewa
Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi kalau Brebes dikenal memiliki telur asin yang enak. Ternyata ada beberapa rahasia yang membuat telur asin ini begitu gurih dan bikin nagih.

Bahan baku telur bebek yang digunakan untuk membuat telur asin ini bukan sembarang telur bebek. Masyarakat mendapatkan pasokan telur bebek yang diperoleh dari peternakan di kawasan Brebes.

Bebek-bebek di Brebes diberi pakan kerang laut dan bekatul, inilah yang membuat hasil telurnya lebih gurih. Selain bahan bakunya, proses pembuatan telur asin ini juga dilakukan secara tradisional dengan resep turun temurun.
Ini Rahasia Kelezatan Telur Asin Brebes yang Gurih, Masir dan BerminyakFoto: Imam Suripto/detikcom

Baca juga : Lebih Baik Mana, Telur Rebus Bebek Biasa atau Telur Asin?

Telur asin Brebes terkenal dengan rasanya yang asin gurih dan tidak amis. Tekstur kuning telurnya padat masir dan berbulir sementara bagian putihnya lembut.

Kelebihan lainnya yakni telur asin Brebes tidak memiliki bau amis yang menyengat. Hal ini yang membuat telur asin menjadi kudapan sekaligus oleh-oleh buruan kala orang melintas di Brebes.

Selain telur asin original, di Brebes kini juga banyaj dijajakan telur asin asap dan telur asin bakar. Kedua varian baru telur asin ini juga tak kalah diburu masyarakat.

Di sepanjang jalan Brebes hampir ada penjual telur asin tapi jangan asal sembarangan membeli. Karena tidak semua penjual menawarkan telur asin yang berkualitas. Berikut beberapa tips memilih telur asin.

1. Pilih yang bersih dan berwarna biru cerah
Sebelum membeli telur asin, pilih telur yang berwarna biru cerah dengan permukaan kulit bersih. Warna biru cerah menandakan kalau telur masih dalam keadaan segar dan baru dibuat.

Hindari membeli telur asin dengan warna kusam atau berbintik kehitaman. Bintik ini adalah jamur yang tumbuh karena telur asin terlalu lama disimpan.

2. Memiliki bobot yang berat
Mirip seperti telur segar, telur asin yang bagus memiliki bobot yang berat. Coba rasakan berat telur dengan tangan, kalau telur terasa enteng sebaiknya jangan dibeli.

3. Lihat bagian dalam dan cicipi
Ini Rahasia Kelezatan Telur Asin Brebes yang Gurih, Masir dan BerminyakFoto: Imam Suripto

Untuk lebih meyakinkan, coba minta penjualnya membelah telur asin. Telur asin yang berkualitas memiliki bagian putih yang bersih dan cerah. Sementara bagian kuning telurnya terlihat berwarna oranye cerah dengan sedikit minyak.

Soal rasa, telur asin yang enak pastinya memiliki rasa asin yang gurih dan tidak terlalu menyengat. Cara paling mudah menilai kualitas telur asin yakni dengan mencicipnya. Selamat berbelanja telur asin!

Baca juga : Memiliki Rasa Asin, Ini Saran Ahli Gizi dalam Konsumsi Telur Asin (dvs/odi)