Stoknya Melimpah di Singapura, Durian Musang King Turun Harga!

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 28 Mei 2019 15:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta -
Penggemar Musang King di Singapura bisa manjakan lidah tanpa takut kantong bolong. Stok durian yang melimpah membuat harga Musang King turun.

Durian Musang King di Singapura kembali alami penurunan harga. Kalau biasanya satu kilogram durian Musang King dijual seharga $28 (Rp 292 ribu) kini harganya menjadi $18 (Rp 188 ribu).

Stoknya Melimpah di Singapura, Durian Musang King Turun Harga!Foto: Istimewa

Dilansir Asia One (27/5), hal ini disebabkan oleh meningkatnya pasokan durian Mao Shan Wang atau dikenal dengan Musang King dari Malaysia. Meski harganya turun, salah satu penjual durian mengaku kalau kualitas pasokan durian itu lebih baik dibanding durian yang ada pada minggu lalu.

"Karena cuaca yang baik, kami melihat banyak durian dari Pahang dan Johor. Kualitas durian minggu ini juga jauh lebih baik daripada minggu lalu," jelas Loh De Wei, pemilik Bao Jiak Durian pada The New Paper.

Stoknya Melimpah di Singapura, Durian Musang King Turun Harga!Foto: Istimewa

Penurunan harga ini justru menguntungkan penikmat buah berdaging creamy itu. Salah satunya, pelanggan tetap kedai Loh De Wei bernama Tang Yong Jun. Dengan harga yang ada, Tang Yong Jun mengaku kalau dirinya akan lebih sering memborong durian dari kedai durian langganannya itu.

"Saya pasti akan membeli lebih banyak durian sekarang karena harga yang rendah berarti pasokan (durian) berada di puncaknya dan punya kualitas terbaik," ungkap pria berusia 18 tahun itu.

Seorang penjual durian di sana menyebut bahwa melimpahnya durian Mao Shan Wang di Singapura saat ini akan bertahan hingga 2,5 bulan ke depan.

Stoknya Melimpah di Singapura, Durian Musang King Turun Harga!Foto: Istimewa

Dibandingkan penurunan Musang King tahun lalu, harga satu kilogram durian berdaging tebal itu kini sedikit lebih tinggi. Pada November 2018, Musang King di Singapura dijual seharga $16 atau sekitar Rp 235 ribu hingga $20 atau sekitar Rp 294 ribu per kilogram.

Saat itu penurunan harga Musang King diakibatkan oleh penurunan jumlah pelanggan. Untuk itu banyak vendor durian di Singapura yang sengaja menurunkan harga agar durian miliknya dibeli orang.

Saking sepinya, vendor durian bernama King Fruits bahkan menjual durian seharga hingga $10 atau sekitar Rp 147 ribu untuk satu buah durian.

Baca juga: Sepi Peminat, Harga Durian Musang King di Singapura Turun
(dwa/odi)