Rekomendasi Buka Puasa

Yuk, Buka Puasa Bareng di 5 Tempat Asyik dan Unik Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 26 Mei 2019 15:33 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/dok. detikFood Foto: Lusiana Mustinda/dok. detikFood
Jakarta - Banyak tempat buka puasa di Jogja yang asyik. Ada yang punya kopi tradisional enak hingga sajian rumahan khas Jawa. Mau pilih yang mana?

Sego megono, tempe mendoan, mangut lele sampai garang asem bisa dicoba di sini. Ditambah dengan suasana kampung yang nyaman plus sawah yang hijau. Sedang berada di Jogja, Anda bisa berbuka puasa di beberapa tempat ini.

Baca juga: Ini 5 Tempat Makan Ikonik Di Jogja yang Wajib Disinggahi

1. Warung Kopi Klothok Pakem

Yuk, Buka Puasa Bareng di 5 Tempat Asyik dan Unik Ini!Foto: Istimewa

Buka puasa di pinggir sawah memang menyenangkan. Kalau sedang ada di Yogya, sebaiknya mampir ke warung ini untuk menikmati buka puasa enak. Kalau tak ingin makanan berat, bisa menikmati kopi klotok dengan sajian pisang goreng yang hangat.

Berkonsep layaknya rumah, pengunjung memang disuguhkan dengan makanan prasmanan dan dapat melihat proses pembuatan pisang goreng hingga telur dadar.

Salah satu yang wajib dicoba adalah sego megono dengan lauk telur goreng plus oseng-oseng welut. Warung Kopi Klotok ini berlokasi di Jalan Kaliurang KM. 16, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Monggo mampir!

Warung Kopi Klotok
Jl. Kaliurang KM. 16
Pakem, Sleman - Jogjakarta
Telp: 0812 2221 1635

Baca juga: Warung Kopi Klotok: Wueenak Tenan! Menikmati Pisang Goreng dan Kopi Klotok di Pinggir Sawah

2. Restoran Leyeh-leyeh

Yuk, Buka Puasa Bareng di 5 Tempat Asyik dan Unik Ini!Foto: Istimewa

Sesuai dengan namanya, tempat ini cocok jadi lokasi leyeh-leyeh atau bersantai. Dengan suasana layaknya rumah. Bukan hanya menawarkan suasana alam yang asri, di sini pengunjung diajak bersatu dengan alam.

Ada area terbuka yang memanjakan pengunjung untuk duduk di atas jaring dengan lantai sungai dan atap pepohonan. Sambil leyeh-leyeh bisa makan dan minum sajian spesial resto ini.

Khusus bulan Ramadhan, Leyeh-leyeh punya beberapa set menu khusus buka puasa. Salah satunya ada entok gobyos, nasgor entok hingga nasi kebuli yang bisa disantap bersama-sama.

Restoran Leyeh-leyeh
Jl. Kaliurang km 15,5
Utara Raminten Jakal
D.I. Yogyakarta

3. Kampung Jawa

Yuk, Buka Puasa Bareng di 5 Tempat Asyik dan Unik Ini!Foto: Lusiana Mustinda

Kampung Jawa juga menawarkan sajian menarik dan tentunya makanan tradisional khas Jawa. Di rumah makan ini tersedia kopi, wedangan, camilan tradisional hingga makanan berat yang nasi serta lauknya bisa diambil sepuasnya.

Menu yang disuguhkan cukup beragam, ada nasi jagung, urap, tumis labu, tumis pare, oseng teri, ayam balado, sayur asem, sop, bandeng, ati amela, ayam goreng hingga aneka sambal bawang dan terasi mentah.

Salah satu yang bisa dicoba adalah mangut lele dan oseng ati ampela. Bumbu kuah pedas dengan sensasi rasa gurih, enak disantap dengan nasi hangat. Buat berbuka, Anda bisa menikmati ragam es dan tempe mendoan hangat.

Kampung Jawa
Jl. Damai Gg. Watugede No. 67
Sariharjo Ngaglik, Sleman
Yogyakarta
Telp: 087781742506/082243273336

Baca juga: Kampung Jawa: Menikmati Mangut Lele hingga Mendoan dengan Suasana Ndeso

4. Wedang Kopi

Yuk, Buka Puasa Bareng di 5 Tempat Asyik dan Unik Ini!Foto: Lusiana Mustinda/dok. detikFood

Dekat dengan kawasan Prambanan, restoran dengan konsep rumah joglo ini bisa jadi pilihan buka puasa.

Menyajikan makanan tradisional secara prasmanan, Anda bisa dengan bebas memilih lauk pauk seperti tumis jantung pisang, tumis bunga pepaya, gareh lombok, garang asem, bothok mlanding, gereh lombok ijo, ayam goreng sereh, telur dadar, garang asem, telur ceplok, ayam balado hingga sop jamur. Beragam jenis kopi specialty lokal hingga wedangan dan camilan kampung bisa Anda pesan.

Namun salah satu yang bisa dipilih adalah garang asem. Dibungkus daun pisang, kuahnya terasa segar dengan tekstur ayam yang empuk. Tertarik mencoba?

Wedang Kopi
Jalan Manisrenggo KM 1
Bugisan, Prambanan, Yogyakarta

Baca juga: Wedang Kopi: Menatap Hijau Sawah Sambil Nikmati Gereh Lombok Ijo

5. Warung Bumi

Yuk, Buka Puasa Bareng di 5 Tempat Asyik dan Unik Ini!Foto: Maya Safira/Detikfood

Pernah dikunjungi Obama, restoran yang ada di kawasan Imogiri ini dikenal dengan bahan baku organiknya.

Meskipun menyajikan menu sehat, akan tetapi rasanya tetap enak dan asli. Berbuka puasa sehat bisa diawali dengan menikmati setangkup roti gandum. Roti cantel dengan selai buah homemade.

Untuk makanan berat, bisa juga mencoba nasi goreng kecombrang. Serta mie goreng lethek yang juga pernah disantap oleh Obama kala menyambangi restoran ini.

Warung Bumi
Jl. Imogiri-Mangunan KM 3
Desa Giriloyo, Wukisari
Imogiri
Bantul
Yogyakarta
Telp: 0896-6011-1730

Baca juga: Warung Bumi: Sedapnya Nasi Goreng Kecombrang dan Roti Panggang Markisa Khas Imogiri (lus/odi)