7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Bumbui Masakan

Shara Azzhara - detikFood Jumat, 24 Mei 2019 07:05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pemasak pemula kerap melakukan kesalahan sepele saat membuat hidangan. Termasuk 7 kesalahan dalam membumbui masakan seperti berikut.

Membumbui masakan mungkin terasa lebih rumit dari perkiraan karena tidak ada tolak ukur khusus dalam setiap resep. Hal ini pasti dirasa jadi hambatan utama terutama bagi mereka yang baru belajar memasak.

Setiap jenis bumbu dan rempah memiliki kadar rasa yang berbeda sehingga takaran yang tepat dapat berbeda pula. Jika masakan Anda kerap terasa hambar atau tidak memuaskan dalam hal bumbu, mungkin ada yang salah dengan cara membumbuinya. Mulai dari menggunakan garam dalam jumlah terlalu sedikit atau menyimpan rempah terlalu lama.

Baca juga: Bisa Jadi Anda Sering Lakukan 8 Kesalahan Umum Ini Saat Memasak

Menurut Dan Zuccarello, editor eksekutif buku kuliner di America's Test Kitchen, ada tujuh kesalahan umum yang dilakukan saat membumbui masakan. Informasinya dirangkum Self (23/5) seperti berikut.

7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Bumbui MasakanFoto: iStock

1. Tidak menambahkan garam
Menggarami masakan sangatlah penting untuk keberhasilan resep. Garam memiliki kekuatan untuk membuat daging lebih juicy hingga makanan manis menjadi lebih manis. Samin Nosrat menjelaskan dalam bukunya yang berjudul "Salt Fat Acid Heat", ketika garam digunakan dalam jumlah yang tepat, makanan akan terasa lebih alami dan lezat.

2. Menggunakan garam dalam jumlah yang salah
Kapanpun Anda merebus sesuatu, air yang digunakan harus ditambahkan 1 sendok makan garam (disarankan menggunakan garam kosher) dalam setiap 4 liter air. Dengan demikian, makanan akan lebih efektif menyerap bumbu ketika diolah. Jumlah garam yang banyak akhirnya akan menguap, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan masakan. Cobalah rasakan kadar rasa asin pada air sebelum digunakan. Jika asinnya membuat bibir Anda terasa keriput, maka air siap digunakan.

Tambahkanlah garam pada masakan secara bertahap dan rasakan terlebih dahulu. Hal ini mencegah masakan menjadi terlalu asin atau kurang asin. Jika mengolah daging, Zuccarello menyarankan untuk menggunakan 1 sendok teh garam kosher untuk setiap pound daging. Pastikan Anda tidak mengasinkan daging terlalu lama dan sesuaikan dengan jenis dagingnya.

7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Bumbui MasakanFoto: iStock

3. Selalu menggunakan lada hitam
Zuccarella mengatakan, "Lebih dari sekadar sensasi hangat dan menggigit yang diberikan, lada hitam meningkatkan kemampuan lidah untuk merasakan makanan, menstimulasi kelenjar ludah sehingga merasakan lebih baik." Namun tidak perlu selalu menggunakannya bersama dengan garam karena lada memang meningkatkan kemampuan perasa namun tidak dapat mengelurkan rasa asli dari makanan seperti garam.

Baca juga: Jangan Ditiru, 5 Kesalahan Soal Makanan yang Sering Dilakukan Orang

4. Menggunakan bumbu instan
Penggunaan bumbu instan memang populer dalam gaya hidup yang praktis. Namun, lebih baik menggunakan rempah segar dan diolah sendiri agar masakan menjadi lebih lezat maksimal. "Proses pemarutan akan melepaskan senyawa mudah menguap yang memberikan rasa dan aroma pada rempah," ujar Zuccarello. Anda dapat tetap menggunakan bumbu yang sudah jadi atau sudah digiling dari pasar, tetapi jika mengharapkan rasa yang kuat cobalah untuk mengolahnya sendiri.

5. Rempah sudah terlalu lama
Jika Anda sudah menggunakan rempah yang melimpah namun tetap tidak mendapatkan rasa yang diinginkan, mungkin Anda sudah terlalu lama menyimpan rempah tersebut di dapur. Hal ini dikarenakan semakin lama rempah disimpan, maka semakin banyak senyawa yang hilang. Sebaliknya, semakin segar rempah tersebut maka rasanya akan semakin kuat. Cobalah untuk memperbarui simpanan rempah Anda enam bulan atau satu tahun sekali. Deteksi usia rempah dengan menciumnya, jika aromanya tidak terasa berarti sudah saatnya untuk disingkirkan.

7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Bumbui MasakanFoto: iStock

6. Tidak memasak rempah dahulu
Menurut Zuccarello, mengembangkan rempah atau "blooming" menggunakan lemak (minyak, butter, atau ghee) atau memanggangnya dalam wajan kering akan membantu rempah melepaskan senyawa lebih maksimal. Menumis rempah dengan sedikit minyak hingga harum akan mempengaruhi keseluruhan cita rasa masakan. Meskipun hanya menambahkan rempah sebagai taburan masakan, Zuccarello tetap menyarankan untuk memasaknya terlebih dahulu.

7. Tidak mencicipi
Satu-satunya cara untuk mengetahui rasa masakan adalah dengan mencicipinya. Jika Anda menambahkan sejumlah garam dan rempah di awal memasak dan tidak mencicipinya kembali hingga matang, maka hasilnya tidak akan terlalu maksiimal. Selain itu, bebaskanlah diri Anda untuk improvisasi di luar resep karena selera setiap orang berbeda. Cicipilah setiap kali Anda menambahkan bumbu baru agar rasanya terkontrol.

Baca juga: Masakan Terlalu Asin? Pakai 7 Trik Ini Agar Tetap Enak Dimakan

(adr/adr)