Masakan Terlalu Asin? Pakai 7 Trik Ini Agar Tetap Enak Dimakan

Shara Azzhara - detikFood Kamis, 21 Mar 2019 17:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak sengaja menambahkan banyak garam bisa membuat masakan jadi terlalu asin. Jangan membuang masakan itu, ada 7 trik untuk mengatasinya.

Garam merupakan bumbu dapur yang tidak ketinggalan di setiap hidangan. Garam dapat memperkuat cita rasa sebuah masakan. Karena pengaruhnya yang kuat, takaran garam dalam masakan harus sangat diperhitungkan. Jika tidak, makanan akan terasa hambar atau justru keasinan.

Kalau sudah terlanjur asin, jangan membuang masakan. Ada beberapa trik yang bisa Anda coba untuk mengoreksi rasa asin pada masakan seperti diungkap She Knows (21/3) berikut.

Baca juga: Makanan Kemanisan atau Keasinan? Ini Cara Mengoreksi Rasanya

Masakan Terlalu Asin? Pakai 7 Trik Ini Agar Tetap Enak DimakanFoto: iStock

1. Tambahkan air
Untuk masakan kuah, cukup tambahkan sedikit air atau kaldu tanpa garam kedalam masakan. Hal ini akan membantu mengurangi rasa asin yang berlebih. Namun jangan didihkan kembali masakan Anda karena rasa asinnya akan kembali terasa. Menurut Rachel Ray, menambahkan bubur nasi plus air ke dalam masakan juga bisa jadi solusi karena mampu menyerap rasa asin tanpa merusak cita rasa hidangan.

2. Tambahkan Krim
Bahan makanan berbasis krim seperti susu dan yogurt dapat menetralkan rasa asin pada beberapa resep. Jika ditambahkan dalam bentuk cair pada hidangan berkuah maka krim akan mengurangi rasa asin. Sour cream, plain yogurt, dan keju bersodium rendah (seperti keju Swiss atau rocotta) juga dapat membantu menetralkan rasa asin dari pemakaian garam berlebih pada resep seperti mac and cheese dan kari ayam.

3. Tambahkan bahan ekstra
Menambahkan bahan seperti potongan kentang dan wortel pada sup akan mengurangi rasa asin. Makanan itu akan menyerap kandungan garam berlebih pada masakan. Suku Indian juga memiliki teknik bernama chhaunk yang dapat Anda coba. Panaskan rempah aromatik dalam minyak atau ghee (mentega yang kandungan susu dan airnya dibuang) lalu tambahkan secukupnya pada makanan yang keasinan. Anda juga dapat menambahkan bahan lain pada makanan yang sudah jadi untuk menyeimbangkan rasa asinnya. Seperti potongan alpukat untuk daging isian taco yang keasinan atau nasi sebagai pendamping masakan.

Masakan Terlalu Asin? Pakai 7 Trik Ini Agar Tetap Enak DimakanFoto: iStock

4. Tambahkan gula
Rasa manis pada gula mampu menyeimbangkan rasa asin berlebih pada suatu hidangan. Cukup tambahkan sedikit gula atau bahan manis lainnya seperti madu pada masakan yang dianggap keasinan.

5. Tambahkan rasa asam
Air jeruk lemon, air jeruk nipis, cuka atau air asam Jawa dapat mengoreksi rasa asin akibat terlalu banyak garam pada masakan. Sama seperti asin, rasa asam merupakan cita rasa penting yang dapat mendominasi masakan. Metode ini tidak mengurangi rasa asin namun akan menutupinya.

Masakan Terlalu Asin? Pakai 7 Trik Ini Agar Tetap Enak DimakanFoto: Istock

6. Buat resep dua kali lipat
Jika sudah terlanjur menambahkan garam berlebih pada hidangan, perbaikilah dengan menggandakan resepnya. Seperti pada nasi goreng, jika satu porsi terasa keasinan maka anda dapat menambahkan satu porsi nasi lagi tanpa garam tambahan.

7. Kurangi rasa pada resep pendamping
Saat ayam panggang terasa keasinan, buatlah saus tomat dengan kadar garam yang lebih sedikit. Trik ini akan menyeimbangkan rasa pada keseluruhan masakan.

Baca juga: 12 Tempat Garam yang Unik Ini Bisa Mempercantik Dapur Anda

(adr/odi)