Puding Topping Semut Sedang Digandrungi di China

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 22 Mei 2019 15:30 WIB
Jakarta - Di China ada makanan baru yang jadi sorotan di media sosial. Bukan karena rasa atau tampilannya, tapi karena bahannya menggunakan ratusan semut hitam.

Makanan ini disebut sebagai puding yang terbuat dari telur, tapi yang menarik perhatian justru terletak di bagian atas puding. Karena puding ini dipenuhi oleh ratusan semut, dan mulai dipasarkan dari tanggal 16 Mei lalu.

Baca Juga: Disebut Pengganti Daging, Belatung Akan Ditambahkan ke Dalam Sosis
Puding Topping Semut Sedang Digandrungi di ChinaFoto: Istimewa
Dikabarkan The Epoch Times (20/05), puding semut ini pertama kali muncul di Fuyang Normal University, di Provinsi Anhui, China. Kemunculan puding dengan topping semut ini bukan tanpa sebab. Penyebab penurunan babi karena wabah di China, membuat beberapa produsen makanan mulai menggantinya dengan semut.

Biasanya egg pudding atau puding telur ini, dibuat menggunakan kocokan telur dan air. Kemudian disajikan dengan daging babi. Sehingga ketika pasokan daging babi menurun, puding ini disajikan dengan semut.

Ratusan semut hitam ini memiliki ukuran yang cukup besar, dan tidak hanya berada di atas permukaan, tapi sampai ke bagian dalam puding. Lewat grup chat, foto-foto puding semut ini mulai menyebar. Banyak orang yang mengkritik bahwa puding ini terlalu menjijikkan, hingga masuk ke makanan yang ekstrem.
Puding Topping Semut Sedang Digandrungi di ChinaFoto: Istimewa
"Serangga? Ini (puding) terlalu menjijikkan," tutur salah satu netizen. Sementara itu banyak juga netizen yang justru tertarik untuk mencoba rasa dari puding semut ini.

Tren pencampuran semut ke dalam makanan, memang tengah diminati di China. Sebelum munculnya puding ini, sudah ada orang-orang yang menggunakan semut untuk campuran di makanan mereka. Salah satunya menggabungkan kacang dengan semut, hingga ke nasi goreng.

Banyak juga yang menganggap bahwa serangga jauh lebih efisien dari sumber makanan lainnya. Sehingga perubahan makanan yang berada di China ini sudah tidak mengejutkan lagi.
Puding Topping Semut Sedang Digandrungi di ChinaFoto: Istimewa

China sendiri dikenal sebagai konsumen daging babi terbesar di dunia. Sehingga mengganti daging babi di serangga, diprediksi akan lebih umum di masa depan.

Negara China bukan satu-satunya yang mulai beralih ke serangga. Sebelumnya sebuah perusahaan asal Afrika Selatan, membuat es krim terbaru yang terbuat dari belatung dan tanpa menggunakan susu.

Baca Juga: Perusahaan Ini Buat Es Krim Bukan Pakai Susu Tetapi Belatung

(sob/odi)