Manakah yang Lebih Bagus, Air Fryer atau Oven?

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 16 Mei 2019 06:54 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sama-sama menghasilkan tekstur makanan yang renyah. Apakah perlu membeli air fryer padahal sudah punya oven? Sebaiknya kenali perbedaan keduanya.

Belakangan ini sedang populer air fryer untuk menggoreng makanan lebih sehat dengan rasa renyah. Dalam menggoreng atau memanggang, kedua alat ini memang menggunakan sedikit minyak saat memasak. Sehingga sama-sama sehat dan lebih rendah kalori.

Tetapi ada perbedaan antara menggoreng dengan memanggang. Alat air fryer termasuk alat yang mudah dengan bentuk yang sederhana. Perbedaannya dengan oven, ialah oven memiliki panas dari atas dan bawah sehingga makanan lebih matang secara merata.

Lalu, haruskah Anda memiliki alat air fryer jika sudah memiliki oven? Seperti yang telah dilansir dilaman ETimes (30/04/2019), berikut adalah beberapa poin perbedaan di antara keduanya.

Baca Juga: Bersihkan Oven Pakai Soda Kue dan Cuka dengan 7 Cara Ini

1. Perbedaan Antara Air Fryer dengan Oven

Oven dapat menghasilkan panas karena dibantu oleh beberapa elemen. Panas perlahan-lahan menyebar diseluruh bagian oven seiring waktu. Kipas pada oven digunakan untuk mengedarkan udara lebih cepat. Tentu dengan oven, akan membantu memasak lebih cepat karena konduksi panas yang cepat ke dalam makanan.

Di sisi lain, air fryer juga menggunakan teknologi udara yang cepat untuk menghasilkan panas, dan tidak memperlukan elemen seperti pada oven. Udara yang bersirkulasi melalui air fryer, akan lebih cepat dibandingkan dengan udara yang bergerak di dalam oven.

Manakah yang Lebih Bagus, Air Fryer atau Oven? Foto: iStock

2. Tekstur Makanan

Alat air fryer menghasilkan makanan lebih renyah dan beraroma dibandingkan dengan oven. Jadi rasa dan teskturnya mirip dengan makanan yang digoreng.

3. Kapasitas

Oven memiliki ruang memasak yang lebih besar dibandingkan dengan air fryer. Anda dapat memasukkan banyak makanan sekaligus ke dalam oven, sementara air fryer biasanya dirancang untuk memasak dengan porsi lebih sedikit.

Manakah yang Lebih Bagus, Air Fryer atau Oven? Foto: iStock

4. Durasi Memasak

Makanan biasanya lebih cepat dimasak di air fryer karena gerakan udaranya berkecepatan lebih tinggi daripada di oven.

Manakah yang Lebih Bagus, Air Fryer atau Oven? Foto: iStock

5. Lalu, Manakah yang Lebih Sehat?

Dengan air fryer, Anda dapat menikmati junk food tanpa merasa bersalah. Karena tanpa menggunakan tambahan minyak Anda dapat merasakan rasa dan tekstur yang sama seperti makanan yang digoreng. Dari udara panas di sekitar makanan tersebut, dapat menghasilkan tekstur yang renyah. Makanan yang digoreng dengan air fryer biasanya lebih rendah lemak, maka kalori menjadikannya pilihan yang lebih sehat.

Baca Juga: Oven Tak Panas Merata? Cek Dulu 7 Bagian Penting Ini (lus/lus)