Oven Tak Panas Merata? Cek Dulu 7 Bagian Penting Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 02 Mei 2019 13:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Meski suhunya sudah pas, namun bagian daging belum matang sempurna. Hal ini bisa jadi ada kesalahan dalam oven ada. Cek 7 bagian ini!

Daging atau kue yang tidak matang sempurna sering dikaitkan dengan rusaknya oven. Ada beberapa bagian yang bisa Anda periksa dan dicek supaya tidak terjadi kerusakan yang sebabkan panas dalam oven tak menyebar.

Berikut ini 7 alasan mengapa oven Anda tidak dapat memanggang secara merata yang dilansir dalam Foodbeast (29/04).

Baca Juga: Ikuti Tips Ini Agar Dapur Bersih, Nyaman, dan Sehat

1. Elemen bakar

Elemen bakar adalah tabung logam sempit yang berada di dekat bagian bawah oven Anda. Jika bara tidak berwarna merah saat oven menyala, maka elemen tersebut tidak memanas. Untuk melihat apakah elemen tersebut terbakar, harus periksa kerusakan yang terlihat seperti lubang yang lecet. Jika elemen pembakaran rusak, maka Anda harus menggantinya.

Oven Tak Panas Merata? Cek Dulu 7 Bagian Penting IniFoto: iStock

2. Igniter

Igniter atau alat penyala pada oven bertugas untuk menyalakan gas di oven Anda. Penyala yang sudah cacat biasanya akan membutuhkan waktu lama untuk menyalakannya, sehingga akan menyebabkan masalah pada suhu. Untuk menentukan apakah itu rusak, hidupkan oven dan perhatikan alat penyalanya. Jika menyalanya selama lebih dari 90 detik tanpa menghidupkan api gas, maka perlu diganti. Anda juga dapat menguji kontinuitas listrik penyala dengan multimeter.

3. Elemen panggang

Elemen panggang terlihat mirip dengan elemen bakar. Elemen ini berada di bagian atas oven Anda. Seperti halnya dengan elemen bakar, elemen ini akan menyala merah jika dipanaskan dengan benar. Untuk melihat apakah elemen tersebut terbakar, maka harus periksa kerusakan yang terlihat seperti lubang yang lecet. Anda juga bisa mengujinya dengan multimeter. Jika elemen panggangan rusak, maka Anda harus menggantinya.

Oven Tak Panas Merata? Cek Dulu 7 Bagian Penting IniFoto: iStock

4. Sensor temperatur

Seperti namanya, sensor suhu ini membantu untuk mengatur suhu oven Anda dan sensor ini merupakan salah satu penyebab paling umum dari alasan kenapa oven tidak memanggang secara merata. Sensor ini berada di ujung yang mencuat dari dinding oven belakang. Jika sensor ini kehabisan kalibrasi, maka oven tidak akan matang secara merata. Anda dapat menguji sensor suhu menggunakan ohm meter.

5. Papan kontrol oven

Papan kontrol oven bekerjanya sama seperti sensor oven, yaitu untuk mengontrol suhu oven. Jika sensor Anda tidak berfungsi, maka papan kontrol oven tidak bisa membaca sensor dengan benar. Anda mungkin perlu mengatur ulang papan kontrol oven Anda. Jika tetap tidak berhasil, maka harus diganti.

Oven Tak Panas Merata? Cek Dulu 7 Bagian Penting IniFoto: iStock

6. Elemen konveksi

Dalam oven konveksi, beberapa oven biasanya menggunakan elemen konveksi terpisah supaya membantu memanaskan udara yang bersirkulasi di dalamnya. Jika elemen konveksi terbakar, oven tidak akan panas secara merata. Untuk melihat masih berfungsi atau tidak, gunakan multimeter. Jika tidak ada kontinuitas, harus diganti.

Oven Tak Panas Merata? Cek Dulu 7 Bagian Penting IniFoto: iStock

7. Konveksi motor

Konveksi ini biasanya mendorong kipas konveksi untuk mengalirkan udara di dalam oven. Agar oven konveksi menjadi panas secara merata, udara harus berfungsi. Jika motor tidak berfungsi, maka perlu dilihat motor konveksi berputar atau tidak. Anda juga dapat menguji kontinuitasnya menggunakan multimeter. Jika tidak berputar bebas, maka harus ganti.

Baca Juga: Tak Punya Oven? Bikin Saja Dessert Enak Ini Untuk Lebaran (lus/lus)