Tempat Buka Puasa Asyik

Pasti Puas! Buka Puasa Pakai Nasi Kuning hingga Nasi Bogana di Sini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 15 Mei 2019 15:28 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Nasi rames Nusantara bisa jadi ide buka puasa hari ini. Pilihannya beragam seperti nasi kuning, nasi campur Bali, hingga nasi gudeg.

Pencinta nasi pasti puas buka puasa di sini. Sajian nasi hangat dikelilingi banyak lauk pendamping sehingga dijamin mengenyangkan. Mau cicip nasi rames dari Jawa Barat, Jogja, atau Bali?

1. Nasi campur Bali

Pasti Puas! Buka Puasa Pakai Nasi Kuning hingga Nasi Bogana di SiniFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Bali punya nasi campur enak dengan lauk lengkap seperti sate lilit, tum ayam, jukut urap, telur pindang Bali, lawar ayam, dan tentu saja sambal matah. Seporsi nasi campur Bali enak bisa ditemui di beberapa restoran Bali di Jakarta.

Di Smarapura, nasi campur dibanderol sekitar Rp 35.000 per porsi. Bisa tambah aneka lauk seperti iga bakar, bebek garing, ayam betutu, atau empal penyet. Sementara di Ayam Betutu Khas Gilimanuk, nasi campur Bali harganya Rp 40.000 dengan lauk dua tusuk sate dan suwiran ayam pedas.

Smarapura
Jl. Tebet Timur Dalam 2 No. 43, Tebet
Telepon: 021 83702402

Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Jl. Wolter Monginsidi No. 63A, Senopati
Telepon: 021 7233245

2. Nasi liwet Solo

Pasti Puas! Buka Puasa Pakai Nasi Kuning hingga Nasi Bogana di SiniFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Dari Solo ada nasi alias sego liwet yang populer. Paduan nasi gurih dengan sayur labu siam, suwiran ayam, dan areh ini jadi favorit banyak orang. Makin enak saat ditambahkan potongan hati/ampela ayam, tempe, tahu dan telor bacem, dan kerupuk kulit.

Nasi liwet Solo enak, salah satunya, bisa dicicip di Waroeng Solo. Nasi liwet di sini disajikan di atas daun pisang beralas piring anyaman lidi. Pelengkapnya ada sambal goreng labu siam, telur kukus, suwiran ayam opor, dan areh. Harganya sekitar Rp 45.000.

Waroeng Solo
Joglo @ Kemang, Jl. Madrasah No. 14, Kemang
Telepon: 021 78849898

Baca Juga: Waroeng Solo: Sedep Uenak! Garang Asem Ayam dan Tengkleng di Rumah Joglo

3. Nasi bogana

Pasti Puas! Buka Puasa Pakai Nasi Kuning hingga Nasi Bogana di SiniFoto: Istimewa

Foto: Istimewa
Nasi bogana merupakan nasi rames yang berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Nasinya terdiri dari nasi putih dengan lauk opor ayam, sambal, telur pindang, dendeng hingga oseng tempe dan buncis.

Di kawasan Senopati ada rumah makan yang terkenal dengan nasi bogana enak. Namanya Koko Bogana yang diracik dengan lauk telur pindang, orek tempe, suwir ayam opor, serundeng daging, sambal goreng ampela, dan tumis kacang panjang.

Koko Bogana
Jl. Cipaku I No. 2
Senopati
Jakarta Selatan
Telepon: 021 7203754

4. Nasi gudeg

Pasti Puas! Buka Puasa Pakai Nasi Kuning hingga Nasi Bogana di SiniFoto: Istimewa

Foto: Istimewa
Menyebut Jogja tak bisa meninggalkan racikan nasi gudegnya yang enak. Banyak rumah makan atau restoran gudeg yang bisa disambangi di Jakarta dan sekitarnya. Salah satunya Gudeg Kandjeng di kawasan Kebayoran Baru. Gudeg di sini bertipe nyemek dengan rasa tak terlalu manis.

Masih di kawasan yang sama, ada Gudeg Pak Atmo yang bisa dicoba. Kabarnya Pak Atmo mantan kepala koki di Istana Mangkunegara tahun 1927. Gudeg di sini tak terlalu manis dan agak basah. Pelengkapnya ada telur pindang, sambal goreng krecek dan sayur singkong rebus.

Gudeg Kandjeng
(Ibu Yani Jogja)
Jl. Hang Tuah X (samping Lapangan Tenis Bulungan)
Kebayoran Baru, Jaksel
Telepon: 021 71594977, 94508239

Gudeg Pak Atmo
Jl. Gandaria 1 No. 2
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telepon: 021 7251882, 7261264

Baca Juga: Gudeg Komplet Gurih Manis Bisa Dicicip di 5 Tempat Ini

5. Nasi kuning

Pasti Puas! Buka Puasa Pakai Nasi Kuning hingga Nasi Bogana di SiniFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Berwarna cerah, nasi kuning juga banyak diburu penggemar nasi rames Nusantara. Biasanya nasi kuning diberi lauk orek tempe, telur balado, sampai ayam goreng. Meski umumnya ditemui saat perayaan-perayaan khusus, nasi kuning enak juga bisa dinikmati untuk buka puasa.

Salah satu restoran yang menawarkannya adalah Selera Meneer di Gandaria. Nasi Kuning Entijem harganya sekitar Rp 38.000. Lauknya antara lain mie goreng, acar wortel, orek tempe, sambal goreng hati dan kentang, telur, perkedel kering kentang dan suwiran opor ayam.

Selera Meneer
Jl. Bacang 1 No. 2, Gandaria
Telepon: 021 29055155

Baca Juga: Selera Meener: Bernostalgia dengan Nasi Kuning Entjiem dan Bistik Ayam Berlauk Komplet

6. Nasi bakar

Pasti Puas! Buka Puasa Pakai Nasi Kuning hingga Nasi Bogana di SiniFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Selain nasi kuning, nasi bakar juga banyak disukai karena aromanya harum daun pisang. Nasi bakar bisa diberi isian aneka lauk sesuai selera. Dijamin mantap dengan tambahan sambal terasi super pedas.

Mau cicip nasi bakar untuk buka puasa? Nasi Bakar Karomah di Setiabudi bisa jadi pilihan. Ada tiga pilihan nasi bakar yaitu nasi bakar ayam, teri, dan polos. Jika Anda memesan nasi bakar polos, tersedia beragam lauk yang bisa dipilih. Mulai dari ayam goreng, ayam geprek, gurame goreng, ati hingga usus goreng hingga ikan asin.

Nasi Bakar Karomah
Jl. Pedurenan Masjid 2 No. 57
Setiabudi, Jakarta Selatan
Telepon: 0812 82317899

Baca Juga: Mantul! Nasi Bakar Aneka Isi yang Sedap dan Murah Ada di Sini

7. Nasi campur Papua

Pasti Puas! Buka Puasa Pakai Nasi Kuning hingga Nasi Bogana di SiniFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Sesekali coba nasi campur yang agak beda. Papua ternyata punya racikan nasi berlauk lengkap ini. Nasi campur khas Papua bisa dicicip di Alenia yang ada di Kemang. Lauknya ikan goreng cakalang, telur pedis, bakwan ikan puri, tumis bunga papaya, ikan kuah kuning dan sambal. Ada juga pelengkap acar segar, kerupuk, dan sambal bawang.

Selain nasi campur Papua, Alenia juga menyediakan ragam nasi ikan bakar, dan sup khas Papua dan Manado. Ada juga dessert dan minuman kopi yang menarik selera.

Alenia Papua Coffee & Kitchen
Jl. Kemang Raya No.66 B, Kemang
Telepon: 021 71790141

Baca Juga: Alenia: Jatuh Hati pada Nasi Campur Papua dan Kopi Gula Bakar yang Sedap di Sini

(adr/odi)