Alenia: Jatuh Hati pada Nasi Campur Papua dan Kopi Gula Bakar yang Sedap di Sini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 26 Feb 2018 17:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Penggemar kuliner Indonesia Timur harus mampir ke sini. Ada nasi campur isi ikan kuah kuning sampai kopi gula merah bakar yang nikmat.

Belum lama dibuka, Alenia Papua Coffee & Kitchen menarik perhatian para foodies. Kafe di Kemang ini menyuguhkan sesuatu yang beda berupa kuliner Indonesia Timur seperti Sulawesi dan Papua.

Semua berawal dari kecintaan sang pemilik, aktor Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen terhadap Indonesia Timur khususnya Papua. Karenanya interior Papua begitu terasa saat memasuki kafe mungil ini.

Alenia: Jatuh Hati pada Nasi Campur Papua dan Kopi Gula Bakar yang Sedap di SiniFoto: dok. detikFood

Di dindingnya ada peta Indonesia Timur dengan ejaan zaman dulu. Ukiran kayu khas Papua juga dipajang dan bisa dibeli kalau pengunjung tertarik. Yang tak kalah istimewa, sarung bantal sofa berlapis batik Papua.

Tentang menu, Alenia Papua Coffee & Kitchen menawarkan ragam nasi, ikan bakar, dan sup khas Papua dan Manado. Ada juga dessert dan minuman kopi yang menarik selera.

Datang dalam keadaan lapar, kami memesan Nasi Campur Papua (Rp 65.000) dan Nasi Campur Alenia (Rp 65.000). Nasi Campur Papua berada dalam kategori 'Menu Andalan.'

Berupa nasi putih dengan ikan goreng cakalang, telur pedis, bakwan ikan puri, tumis bunga papaya, ikan kuah kuning dan sambal. Ada juga pelengkap acar segar, kerupuk, dan sambal bawang.

Alenia: Jatuh Hati pada Nasi Campur Papua dan Kopi Gula Bakar yang Sedap di SiniFoto: dok. detikFood

Nasi putihnya berbentuk tumpeng dengan porsi royal. Berpadu enak dengan tumis bunga pepaya yang renyah segar dan sedikit pahit. Sementara telur pedisnya berupa telur balado utuh berlapis sambal merah yang pedas gurih.

Pencinta ikan bisa puas mencicip ikan cakalang yang digoreng garing lalu dibalut sambal merah. Ada juga bakwan puri berupa bakwan ikan teri yang empuk dan tebal.

Ikan kuah kuning disajikan dalam mangkuk terpisah. Kuahnya kuning bening dengan potongan kakap merah dari Papua. Rasa kuahnya gurih segar mirip soto dengan aroma kemangi. Yang istimewa adalah potongan ikan kakap yang terasa manis karena diolah segar.

Alenia: Jatuh Hati pada Nasi Campur Papua dan Kopi Gula Bakar yang Sedap di SiniFoto: dok. detikFood

Nasi Campur Alenia juga tak kalah meriah. Menu nasi campur ini menggunakan nasi daun jeruk dengan susunan lauk ikan cakalang goreng, lidah cabe ijo, ayam kuning, paru asam manis, sambal bawang dan gulai daun singkong. Tak lupa acar dan kerupuk.

Hmmm.. penambahan daun jeruk memberi aroma wangi segar pada nasi. Membuat kami lebih semangat menyantapnya. Apalagi ditambah paduan lidah cabe ijo yang kenyal juicy. Kami juga suka ayam goreng bumbu kuning yang gurih.

Wah, deretan lauknya masih banyak! Paru asam manis dipotong kotak-kotak kecil dengan bumbu cabai yang tak terlalu pedas. Kami sangat suka menyantapnya sambil menyesap gulai daun singkong yang gurih enak.

Alenia: Jatuh Hati pada Nasi Campur Papua dan Kopi Gula Bakar yang Sedap di SiniFoto: dok. detikFood

Santap sore kami tutup dengan Puding Sagu Kenari Alenia (Rp 40.000). Disajikan dalam mason jar berpenutup, dessert ini rupanya sudah dibuat dan didinginkan dalam kulkas sebelum disajikan.

Saat dibuka, tercium wangi rum yang manis semerbak. Sagunya sudah dihaluskan namun masih ada butiran kasar mirip oatmeal. Berpadu enak dengan selingan kenari yang renyah. Wah, kami jatuh cinta dengan dessert ini! Apalagi rasanya tak terlalu manis.

Alenia: Jatuh Hati pada Nasi Campur Papua dan Kopi Gula Bakar yang Sedap di SiniFoto: dok. detikFood

Kopi Gula Bakar (Rp 27.000) tak kami lewatkan. Kabarnya minuman kopi di sini memakai biji kopi Biak, Papua. Disajikan dalam gelas mungil, nampak permukaannya ada karamel yang dibuat dari gula merah bakar. Slurpp! Kopinya terasa cukup manis karena dipadukan susu segar. Penambahan gula merah bakar memberi rasa manis yang khas dengan aroma smoky yang samar. Cocok di lidah pencinta kopi susu seperti kami.

Wah, santap sore kami begitu memuaskan. Makanan di sini berporsi besar dengan suguhan dessert dan kopi yang puaskan selera. Coba, yuk!

Alenia Papua Coffee & Kitchen
Jl. Kemang Raya No.66 B, Kemang
Telepon: 021 71790141



(adr/odi)