Selera Meener: Bernostalgia dengan Nasi Kuning Entjiem dan Bistik Ayam Berlauk Komplet

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 29 Jul 2015 12:47 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Menyantap makanan tradisional sangatlah nikmat. Apalagi di restoran ini menyajikan beragam hidangan yang dapat mengingatkan kami pada memori masa dulu. Mau mencicip nasi kuning komplet atau bistik Ayam? Semuanya dapat Anda pesan di sini!

Sedang melewati kawasan Radio Dalam, kami pun mencari tempat makan dengan suasana yang nyaman dan makanan yang enak. Tujuan kami mencari hidangan tradisional dapat terealisasi setelah menemukan restoran mungil bernama Selera Meneer yang terletak di seberang Hospitalis Restaurant, Radio Dalam.

Jika dilihat dari luar, memang tempat ini terlihat kecil dengan warna cat merah maroon. Akan tetapi saat memasuki area dalam restoran, Anda akan disuguhi dengan interior yang nyaman mirip seperti rumah sederhana lengkap dengan beragam dekorasi antik. Sehingga memberi kesan 'homey'.

Hidangan yang ditawarkan di sini merupakan hidangan tradisional dan kolonial. Seperti Bitterballen, Bakmi Djowo, Lontong Cap Gomeh, Nasi langgi hingga Nasi Kuning Entjim yang sedap.

Selera Meneer artinya selera tuan. Tak salah kami memilih Bistik Ayam a la Meneer (Rp 27.500). Sajian biefsteik ayam ini dimasak dengan paduan belanda Indonesia.

Ciri khasnya kuahnya cokelat karena memakai kecap manis dan kecap Inggris dengan sentuhan pala dan merica yang wangi.

Bistik yang empuk juicy disajikan juga dengan kentang goreng, setup sayuran, irisan mentimun dan daun selada. Dilengkapi dengan keripik kentang. Penyajian khas bistik Belanda.

Untuk hidangan tradisional kami memilih Nasi Kuning Entjiem (Rp 30.000) . Nasi gurih yang berwarna kuning ditata cantik. Nasi berbentuk kerucut mungil ini juga di kelilingi dengan lauk sedap.

Ada mie goreng, acar wortel, orek tempe, sambal goreng hati dan kentang, telur, perkedel kering kentang dan suwiran opor ayam.

Wangi kunyit aromatik dan gurihnya santan tercium dari nasinya. Teksturnya pulen dengan rasa sedap dan mantap. Sangat cocok disantap dengan aneka lauk yang gurih pedas.

Lauknya juga tak mengecewakan, daging opor ayam suwir gurih wangi. Telur pindangnya di belah dua dengan kucuran santan gurih nan sedap!

Mie gorengnya berwarna kecoklatan dengan rasa yang gurih dan tekstur mie yang lembut kenyal. Apalagi ditambah dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Tempe oreknya juga memiliki rasa yang gurih sedikit manis. Sangat pas berpadu dengan kering kentang yang dimasak dengan tambahan kacang tanah goreng yang menambah ramai dan gurih sajian nasi kuning.

Tak boleh tertinggal, sambal goreng hati ampela dan kentang yang mantap. Jangan lupa juga menyuap perkedel kentang yang lembut gurih dengan potongan acara kuning kunyit yang segar plus sambal merah yang mantap.

Semua nasi dan juga lauk ditataki dengan daun pisang yang dibentuk apik. Sajian ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang lapar atau ingin mencicip nasi gurih dengan aneka lauk yang sedap dan komplet!

Menurut kami makanan ini memiliki rasa yang enak dengan tempat yang nyaman. Hanya saja, pelayanan agak lambat.

Setelah selesai bersantap dengan kedua sajian nikmat ini, kami menutupnya dengan segelas Wedang Kacang Tanah (Rp 10.000) yang unik. Dalam bahasa Jawa, Wedang memiliki arti sebagai 'minuman panas'.

Kacang tanah berukuran besar ini terasa empuk karena sudah dimasak dengan waktu selama 5 jam. Sangat pas dipadu dengan rebusan santan, jahe dan gula merah sehingga menghasilkan rasa yang manis dan gurih. Rasanya mengingatkan kami pada rasa bajigur yang hangat.

Datang ke restoran ini, rasanya ingin menyantap sajian lain yang tampak menggiurkan. Ada Bakmi Djowo Mbah Kam Soo dan Lontong Cap Gomeh Sam Po Kong yang akan menjadi incaran kami saat kami berkunjung ke sini lagi.

Nah, bagi Anda yang tak sempat atau malas keluar rumah. Anda dapat memesan secara delivery order untuk berbagai menu yang tersedia di sini. Selain itu, Anda juga dapat memesan nasi kotak atau menu khusus untuk acara tertentu seperti nasi tumpeng.
 

Selera Meneer
Jl. Ahmad Dahlan No. 30
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp: (021) 29055155/ 57
Buka: 08.00 – 21.00

(lus/odi)