Tempat Buka Puasa Asyik

Jangan Tergoda! Ada Rendang Hingga Ayam Pop Enak di Sini

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 15 Mei 2019 12:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Lapar berat? Anda bisa mampir mencicip makanan enak di rumah makan khas Minang ini. Menu rendang, tunjang, ayam bakar, dendeng hingga ayam pop tersaji lengkap.

Masakan Minang tak pernah gagal memunculkan selera makan. Beberapa restoran memiliki menu andalan yang sudah terjamin enak rasanya. Nasi putih hangat dengan paduan lauk Minang sudah pasti mantap.

Berikut ini beberapa restoran Minang di Jakarta yang bisa Anda kunjungi untuk berbuka puasa.

1. Pagi Sore

Jangan Tergoda! Ada Rendang Hingga Ayam Pop Enak di SiniFoto: iStock

Rumah makan Pagi Sore ini adalah gaya Minang dengan sentuhan Palembang. Pagi Sore memiliki beberapa cabang yaitu di Cipete dan Jeruk Purut. Kalau mau menikmati buka puasa bersama di tempat yang lebih luas, Anda bisa datang ek Jeruk Purut.

Berada di lantai dua gedung, desain interior rumah makan ini didominasi dengan warna cokelat dan meja berwarna hitam. Susunan meja-meja panjang membuat rumah makan ini memiliki konsep keluarga.

Deretan menu makanan khas Minang juga tersaji lengkap di atas meja. Ada dendeng balado, gulai tunjang, udang bakar, gulai ayam, rendang, sayur daun singkong tumbuk, ayam pop hingga ikan goreng sambal dabu-dabu.

Nasi hangat, disiram kuah gulai dengan paduan ayam pop terasa enak. Apalagi dipadu bersama dengan cabe ijo yang gurih sedikit pedas.

Karena banyak penggemarnya, pastikan Anda sudah reservasi beberapa hari sebelumnya ya agar dapat tempat duduk.

Pagi Sore
Jalan Benda Bawah
Cilandak, Jakarta
Telp: (021) 22785555

2. Sari Bundo

Jangan Tergoda! Ada Rendang Hingga Ayam Pop Enak di SiniFoto: iStock

Berada di kawasan Gambir, Anda bisa mampir ke Sari Bundo. Rumah makan Minang ini sudah ada sejak tahun 1967. Gulai otak, paru goreng, gulai cinang, ikan asam padeh, telur dadar hingga sambal ati ampela bisa dinikmati di sini.

Sari Bundo memiliki tempat yang sederhana dengan logo berwarna merah dan biru. Di dalamnua berjajar kursi dan meja yang tersusun rapih dalam ruangan yang luas.

Jika ingin berbuka di sini, Anda bisa mampir sebelum jam buka puasa. Kalau ingin memastikan, ada baiknya telfon terlebih dulu ya sebelum mampir dan bisa lakukan reservasi.

Sari Bundo
Jalan Ir. H. Juanda
Gambir, Jakarta
Telp: (021) 3458343

3. RM. Surya

Jangan Tergoda! Ada Rendang Hingga Ayam Pop Enak di SiniFoto: detikFood

Tak ada salahnya sesekali buka bersama di rumah makan Minang legendaris. Rumah Makan Surya sudah berdiri sejak tahun 1970. Berlokasi di Bendungan Hilir, rumah makan ini bisa jadi tempat buka bersama teman-teman kantor atau keluarga.

Walaupun rumah makannya sederhana, akan tetapi Anda bisa puas mencicip ayam gulai, ayam bakar, telur dadar, rendang hingga ayam pop dengan tangan. Adukan makanan dengan menggunakan tangan memang sedap, apalagi nasi, kuah dan sambalnya berpadu jadi satu.

Rumah makan ini punya menu andalan berupa rendang. Balutan bumbu berwarna pekat menyelimuti daging sapi yang empuk. Sungguh nikmat dipadu dengan nasi hangat.

Rumah Makan Surya
Jalan Bendungan Hilir No. 5
Jakarta Pusat
Telepon: 021 5731474
HP: 081310032485

Baca juga: RM Surya: Saat Rendang Daging Legendaris Berbumbu Pekat Diaduk dengan Nasi Hangat, Lamak Nian!

4. Bopet Mini

Jangan Tergoda! Ada Rendang Hingga Ayam Pop Enak di SiniFoto: Detikfood

Masih di kawasan Benhil (Bendungan Hilir), rumah makan Bopet Mini lokasinya ada di dekat pasar Benhil samping studio foto. Tempatnya tak terlalu besar dan Anda dapat mengambil makanan sendiri di lantai 2.

Sudah ada sejak tahun 1980-an, kalau buka puasa jangan lupa cicip bubur kampiun. Bubur ini berisi srikaya, pacar Cina, biji salak, bubur sumsum, kolak pisang, bubur kacang hijau dan ketan. Semuanya berpadu dalam satu piring.

Selain itu ada juga aneka kue-kue enak seperti Ketan Srikaya, Surabi, Lupis, Lamang Tapai, Ketan Pisang Goreng dan kue-kue khas Padang.

Selain makanan manis untuk buka puasa, wajib juga cicip nasi dendeng balado, sop iga, ayam pop, gulai ikan mas, udang balado, ayam panggang hingga gulai kepala ikan.

Rumah Makan Bopet Mini
Jl. Raya Bendungan Hilir Kav. IA
(Samping Pasar Bendungan Hilir)
Bendungan Hilir
Jakarta Selatan
Telpon: 021-5713505

Baca juga: Bopet Mini: Katupe Sayur hingga Bubur Kampiun Khas Minang Ada di Sini

5. Garuda

Jangan Tergoda! Ada Rendang Hingga Ayam Pop Enak di SiniFoto: iStock

Hadirkan konsep Minang-Melayu, rumah makan Garuda ini bisa jadi pilihan untuk tempat buka puasa bareng. Area tempat makannya luas sehingga Anda bisa makan bareng bersama keluarga atau teman kantor.

Rumah makan ini menawarkan sekitar 40 menu dengan pilihan ayam gulai, ayam saos udang cucuk, sambal terong, ikan teri bilis dan gulai otak. Di sini juga tersedia udang berbalut tepung renyah yang wajib dicoba.

Ada juga sate Padang dengan bumbu kental dan gurih sebagai menu buka puasa.

Garuda
Jl. Hayam Wuruk No. 105, Hayam Wuruk
Jakarta Pusat
Telepon: 021 6262940

6. Mekar Jaya

Jangan Tergoda! Ada Rendang Hingga Ayam Pop Enak di SiniFoto: dok. detikFood

Buka 24 jam, rumah makan Mekar Jaya ini bisa jadi pilihan berbuka puasa ataupun sahur. Didirikan sejak tahun 2004, rumah makan yang berada di kawasan Mampang ini punya menu enak.

Ada ayam bakar, rendang, dendeng, kikil, gulai otak, cincang kambing, sambal ati ampela, paru, ayam pop dan lainnya. Penyajian lauk bisa pilih mau dihidangkan semua di atas meja atau di atas piring nasi berdasarkan pesanan.

Rumah makan sederhana ini disusun rapih dan cukup luas. Salah satu yang patut dicoba adalah ayam bakar. Menu ini katanya menjadi primadona banyak orang. Bumbunya terserap sempurna dengan aroma bakaran nikmat.

RM Mekar Jaya
Jl. Mampang Prapatan Raya No.19
Jakarta Selatan
Telepon: 021 7941449

Baca juga: Mekar Jaya: Lamak Bana! Nasi Disuap dengan Cincang Kambing di Rumah Makan 24 Jam!

7. Sari Ratu

Jangan Tergoda! Ada Rendang Hingga Ayam Pop Enak di SiniFoto: dok. detikFood

Jadi tempat makan favorit Jokowi dan beberapa tokoh politik lain. Sari Ratu bisa jadi pilihan berbuka puasa ala Minang yang berlokasi di mall.

Di Jakarta, Sari Ratu mudah ditemui di beberapa mall besar di Jakarta termasuk Pondok Indah Mall, Plaza Senayan, Mall Taman Anggrek, dan Plaza Indonesia.

Menikmati makanan di sini Anda akan disuguhkan dengan 14 menu. Mulai dari Tumis pare, perkedel jagung, dendeng balado, sambal goreng kentang dan teri, rendang, udang goreng, ayam goreng, ayam bakar, ayam gulai, kikil, telur balado, dan sayur singkong.

Tempatnya luas dan bersih. Meja-meja dan kursinya tersusun apik sehingga cocok jadi tempat berbuka puasa enak dengan makanan tradisional Minang.

Sari Ratu
Lantai Basement, Plaza Indonesia
Jl. MH Thamrin, Thamrin
Jakarta Pusat
Telepon: 021 3107534

Baca juga: Sari Ratu: Lamaknyo! Gulai Tunjang dan Sambal Lado Mudo yang Legendaris (lus/odi)