Takjil Gurih dan Manis

Kudapan Manis yang Dinikmati Warga Kalimantan Timur Saat Berbuka Puasa

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 10 Mei 2019 15:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih
Jakarta - Beberapa wilayah di Kalimantan Timur punya beragam kue manis yang diburu selama ramadhan. Mulai dari kue bingka, hingga amparan tatak yang populer.

Terletak di ujung timur yang berbatasan dengan negara Malaysia, Kalimantan Timur punya banyak pilihan kue tradisional yang memiliki ciri khas tersendiri. Berkunjung ke sini saat bulan ramadhan, Anda akan menemukan banyak kue manis yang jadi menu takjil favorit.

Baca Juga: Candil hingga Misro, Ini 5 Olahan Ubi dan Singkong Enak Untuk Menu Buka Puasa


1. Bingka Kentang

Kudapan Manis yang Dinikmati Warga Kalimantan Timur Saat Berbuka PuasaFoto: Istimewa
Kue bingka sebenarnya berasal dari Kalimantan Selatan, tapi popularitasnya juga tinggi di Kalimantan Timur (Kaltim). Di Kaltim kue bingka kentang yang terkenal, kue ini dibuat dari campuran tepung terigu dan kentang.

Bentuknya seperti bunga, dan untuk memanggangnya, biasanya diletakkan dia tas arang atau api. Teksturnya empuk, dan legit. Rasa manisnya, karena kue ini menggunakan santan, susu, dan gula. Kue ini jadi salah satu menu takjil favorit di Kaltim.


2. Amparan Tatak Pisang
Kudapan Manis yang Dinikmati Warga Kalimantan Timur Saat Berbuka PuasaFoto: Istimewa
Amparan tatak merupakan jenis kue yang terkenal di Kalimantan. Tapi kalau berkunjung ke kota Banjarmasin di Kalimantan Timur, kue Amparan Tatak Pisang ini jadi menu primadona untuk berbuka puasa.

Untuk membuat kue ini, dibutuhkan pisang, tepung beras, gula pasir, dan santan. Setelah semua bahan dihaluskan menjadi adonan, tekstur adonan yang kental ini dicetak dalam loyang dan biasanya terdiri dari dua lapis. Rasanya manis, dan sedikit gurih karena campuran dari adonan tepung beras dan pisang.


3. Roti Pisang

Kudapan Manis yang Dinikmati Warga Kalimantan Timur Saat Berbuka PuasaFoto: Istimewa
Kalau berkunjung ke Kutai Kartanegara di Kaltim, ada kue pipih berwarna kuning yang disebut sebagai roti pisang. Kue ini termasuk ke dalam jajanan pasar, dan juga menu pelengkap takjil selama bulan ramadhan. Berbeda dengan amparan tatak pisang, roti pisang ini lebih mirip dengan bingka.

Pertama bahan dasarnya, sama-sama menggunakan tepung terigu, santan, gula, telur, adn garam. Hanya saja, yang membedakan kue ini dengan bingka terletak pada penggunaan pisang. Pisang yang digunakan juga tidak bisa sembarangan, harus menggunakan pisang jenis raja atau talas. Kue ini rasanya enak ketika disajikan saat masih hangat, dan pas jadi teman minum teh.


4. Kue Gegicak

Kudapan Manis yang Dinikmati Warga Kalimantan Timur Saat Berbuka PuasaFoto: Istimewa

Kalau suka berbuka dengan kue yang manis dan lembut, cicip saja kue gegicak khas Banjar dari Kalimantan Timur. Kue ini berbeda dengan bingka kentang, yang punya tekstur kenyal lembut. Kalau gegicak lebih mirip seperti klepon di Jawa.

Jika klepon biasanya direbus, tapi kalau gegicak yang terbuat dari tepung beras ketang putih ini dimasak dengan cara dikukus, lalu ditaburi kelapa parut, kemudian disajikan dengan gula merah cair yang kental. Rasanya enak, perpaduan antara manis dan gurih.


5. Sari Penganten

Kudapan Manis yang Dinikmati Warga Kalimantan Timur Saat Berbuka PuasaFoto: Istimewa

Tidak hanya hadir dalam berbagai acara besar saja, kue sari penganten juga hits selama bulan puasa. Di Kalimantan Timur, kue ini merupakan penganan yang paling diburu sebagai takjil. Di setiap sudut jalan, Anda akan menemukan penjual kue ini.

Kue ini terdiri dari dua lapisan, warna kuning dan warna hijau yang menggunakan sari pandan. Bahan-bahan yang dibutuhkan ada tepung beras, telur, gula, santan, dan air. Teksturnya lembut, dan cocok untuk menu berbuka puasa.

Baca Juga: Menu Buka Puasa Gurih, Ada Jalangkote Renyah hingga Pakat Rotan Pedas (sob/odi)
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih