Takjil Manis dan Gurih

Candil hingga Misro, Ini 5 Olahan Ubi dan Singkong Enak Untuk Menu Buka Puasa

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 07 Mei 2019 13:52 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih
Jakarta - Penyuka ubi dan singkong bisa puaskan selera dengan takjil bercita rasa manis dan gurih ini. Selain enak, 5 takjil ini juga mudah ditemui.

Olahan ubi yang manis lembut serta singkong yang gurih juga pas dijadikan menu buka puasa. Buka puasa jadi makin enak jika melahap 5 olahan ubi dan singkong berikut ini.

1. Kolak ubi

Candil hingga Misro, Ini 5 Olahan Ubi dan Singkong Enak Untuk Menu Buka PuasaFoto: detikFood

Selian es buah, kolak jadi takjil manis berkuah favorit. Kolak yang berisi potongan ubi, pisang, dan kolang-kaling selalu jadi primadona. Gurihnya santan yang berpadu dengan gula aren manis legit dijamin manjakan selera saat berbuka.

Jenis ubi yang biasa dijadikan kolak sebenarnya cukup beragam. Ada ubi kuning, putih dan ungu. Meski begitu, potongan ubi dalam kolak yang dimasak hingga empuk akan terasa lembut begitu digigit.


2. Bola ubi

Candil hingga Misro, Ini 5 Olahan Ubi dan Singkong Enak Untuk Menu Buka PuasaFoto: iStock

Jajanan tradisional yang tahun lalu hits ini juga bisa dijadikan menu buka puasa yang enak. Biasanya bola-bola ubi terbuat dari ubi kuning dan ungu. Camilan khas Bandung ini terbuat dari campuran ubi kukus dan tepung tapioka.

Begitu diolah dan digoreng, rasanya manis dengan tekstur renyah di bagian luar dan lembut kenyal di bagian dalam. Teksturnya makin kenyal jika sudah kempes dan lama dibiarkan. Makin enak menyantap bola-bola ubi dengan taburan gula bubuk.

3. Misro

Candil hingga Misro, Ini 5 Olahan Ubi dan Singkong Enak Untuk Menu Buka PuasaFoto: Instagram

Olahan singkong parut yang dipadu dengan bumbu sederhana ini punya rasa manis yang khas. Itu karena adonan tersebut diberi gula merah usai dibentuk bulat memanjang. Begitu digoreng, rasa gurih singkong parut berpadu dengan lelehan gula merah yang manis legit. Nyam!

4. Combro

Candil hingga Misro, Ini 5 Olahan Ubi dan Singkong Enak Untuk Menu Buka PuasaFoto: Instagram

Gorengan yang pas jadi menu berbuka ini juga terbuat dari adonan singkong parut. Bedanya dengan misro, combro diberi isian oncom pedas. Karenanya cita rasa combro amat berbeda dengan misro. Bagi penyuka pedas, combro lebih disukai dibanding misro.

5. Candil

Candil hingga Misro, Ini 5 Olahan Ubi dan Singkong Enak Untuk Menu Buka PuasaFoto: detikFood

Siapa yang tidak bisa menahan rasa kenyal legit bubur candil? Rasa manisnya dijamin manjakan lidah saat berbuka. Bubur candil termasuk takjil favorit, terlebih makanan manis memang dianjurkan dilahap usai berpuasa.

Candil yang kenyal lembut kebanyakan dibuat dari tepung beras dan gula merah. Namun ada pula yang membuatnya dari ubi jalar merah. Candil ubi biasa disebut sebagai biji salak di Jakarta. Sebutan itu lahir lantaran ukurannya sebesar biji salak. Candil paling enak disiram kuah santan dan gula merah atau disajikan dengan bubur sumsum.



Candil hingga Misro, Ini 5 Olahan Ubi dan Singkong Enak Untuk Menu Buka Puasa
(dwa/odi)
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih