Takjil Manis dan Gurih

Menu Buka Puasa Gurih, Ada Jalangkote Renyah hingga Pakat Rotan Pedas

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 09 Mei 2019 15:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih
Jakarta - Selain berbuka dengan yang manis, takjil gurih pun tak kalah menggoda selera. Beberapa daerah di Indonesia, punya takjil gurih yang enak dan unik rasanya.

Salah satu menu buka puasa gurih yang tidak pernah terlewatkan, adalah aneka camilan. Selain gorengan, banyak takjil gurih dari kota-kota di Indonesia seperti jalangkote dari Makassar, bubur pedas khas Medan, sampai pakat rotan dari Tapanuli.

Baca Juga: Jejongkong hingga Kue Perahu, 5 Takjil Manis dari Sumatera


1. Jalangkote

Menu Buka Puasa Gurih, Ada Jalangkote Renyah hingga Pakat Rotan PedasFoto: Istimewa

Kalau di Pulau Jawa terkenal dengan nama pastel, di kota Makassar kudapan takjil yang satu ini lebih dikenal sebagai jalangkote. Meski sekilas bentuknya terlihat serupa dengan pastel pada umumnya, tapi tentunya ada yang membedakannya.

Jalangkote adonan kulitnya tipis dibandingkan pastel, sehingga teksturnya lebih renyah dan gurih. Isiannya juga berbeda, karena menggunakan tauge, wortel, kentang dan juga laksa. Kini banyak juga yang menambahkan jalangkote dengan telur atau daging cincang. Untuk sambal cocolannya, jalangkote biasanya disantap dengan sambal campuran cuka dan cabe. Hidangan yang satu ini selalu populer selama ramadhan.


2. Bubur Pedas

Menu Buka Puasa Gurih, Ada Jalangkote Renyah hingga Pakat Rotan PedasFoto: Istimewa
Bubur manis seperti bubur kampiun, bubur sumsum, hingga bubur kacang hijau selalu jadi menu takjil yang populer di berbagai daerah. Tapi jika Anda berkunjung ke Medan, Anda justru akan menemukan racikan bubur pedas yang jadi takjil favorit di sana.

Meski namanya bubur pedas, tapi rasanya sama sekali tidak pedas. Bubur ini punya ciri khas rasa yang gurih dan sedikit manis, serta merupakan hidangan khas Melayu. Uniknya, bubur dicampur dengan potongan wortel, kentang, ubi, kacang tanah, ikan asing, bawang merah, hingga pisang mentah. Warna kuningnya didapat dari kunyit santan. Selain itu bubur pedas biasanya disantap dengan anyang, sayuran pakis dan tauge yang dimasak dengan kelapa parut.


3. Ketan Bintul

Menu Buka Puasa Gurih, Ada Jalangkote Renyah hingga Pakat Rotan PedasFoto: Istimewa

Berkunjung ke Banten, bisa cicip ketan bintul yang jadi takjil favorit sultan Banten dan warganya. Hidangan berbahan dasar ketan ini hanya muncul di bulan puasa, yang biasanya ditaburi serundeng.

Tekstur ketan yang lembut, dan rasa gurih dari campuran serundeng membuat ketan bintul tak pernah kehilangan penggemarnya. Apalagi kebanyakan warga Banten, biasanya menyantap ketan bintul dengan kuah semur daging.


4. Sotong Pangkong

Menu Buka Puasa Gurih, Ada Jalangkote Renyah hingga Pakat Rotan PedasFoto: Istimewa
Kuliner ramadhan yang tak kalah menarik berikutnya, ada sotong pangkong dari Pontianak. Hidangan ini masuk ke dalam menu takjil, karena banyak dijual di pinggir jalan dari sore hingga malam hari.

Menu takjil yang satu ini terbuat dari cumi atau sotong, yang dikeringkan setelah dipanggang. Lalu agar bentuknya tipis dan renyah, cumi ini akan dipukul di mana bahasa Melayu dari memukul adalah 'dipangkong'. Biasanya hidangan ini disantap dengan tambahan saus kacang.


5. Pakat Rotan

Menu Buka Puasa Gurih, Ada Jalangkote Renyah hingga Pakat Rotan PedasFoto: Istimewa
Berkunjung ke Tapanuli di Sumatera Utara ada takjil gurih yang unik dan menarik khas Mandailing, bernama pakat rotan. Takjil yang satu ini terbuat dari batang rotan yang masih muda, sehingga bagian dalam rotan masih empuk dan tidak alot.

Sebelum dimakan, rotan-rotan yang masih muda dibakar di atas bara api selama satu jam lebih. Setelah itu rotan dikupas, dan diambil bagian putihnya. Untuk menambah rasa gurih, biasanya ditambahkan irisan bawang, santan, hingga sambal pedas yang menggugah selera.


Baca Juga: Menu Buka Puasa Enak Camilan Belanda, Bitterballen Hingga Kroket (sob/odi)
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih