Takjil Manis dan Gurih

Ahli Gizi : Berbuka Puasalah dengan Takjil Sehat dan Enak

Devi Setya - detikFood Selasa, 07 Mei 2019 13:30 WIB
Foto: istock Foto: istock
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih
Jakarta - Buka puasa memang jadi waktu yang ditunggu setelah seharian menahan haus dan lapar. Tapi sebaiknya jangan kalap dan tetap santap takjil sehat.

Ahli gizi yang juga penulis buku, Dokter Tan Shot Yen mengatakan saat waktunya berbuka puasa sebaiknya menyantap takjil terlebih dulu. Takjil ini adalah makanan yang membatalkan puasa.

Idealnya air putih karena air bisa dengan cepat menghidrasi sel-sel dalam tubuh. "Takjil konsepnya kan membatalkan puasa, bukan melepaskan tahanan nafsu," kata Dr. Yen saat dihubungi lewat pesan singkat (6/5).

Baca juga : Jadi Ikon Santapan Berbuka, Takjil Selalu Diburu Jelang Buka Puasa

Di Indonesia, gorengan masih menjadi takjil favorit yang disantap saat berbuka puasa. Padahal makanan tinggi minyak ini tidak terlalu baik dikonsumsi berlebih.

Dr. Yen justru menyarankan beberapa pilihan takjil sehat yang tetap menarik dan enak. "Takjil sehat tidak harus sesat," ungkapnya.

Di sini ia menjabarkan beberapa pilihan menu berbuka yang bisa jadi pilihan takjil sehat.

1. Lumpia Basah
Ahli Gizi: Berbuka Puasalah dengan Takjil Sehat dan Enak Foto: istock

Lumpia basah bisa jadi alternatif sajian berbuka puasa yang enak. Lumpia ini tak digoreng sehingga mengurangi kadar minyak yang masuk ke dalam tubuh. Lumpia bisa dibuat dengan kulit yang terbuat dari telur, bukan kulit lumpia berbahan tepung.

Untuk isiannya bisa disesuaikan dengan selera. Lumpia ini bisa diisi dengan tahu, ayam, udang ataupun rebung. Supaya makin enak, lumpia basah bisa dinikmati bersama daun bawang dan cabai rawit.

2. Otak-otak Ikan
Ahli Gizi: Berbuka Puasalah dengan Takjil Sehat dan Enak Foto: istock

Otak-otak ikan juga bisa jadi pilihan enak menu berbuka puasa. Usahakan membuat otak-otak sendiri agar kualitasnya lebih terjamin.

Buat otak-otak ikan tanpa sagu, gunakan campuran rumput laut agar rasanya makin enak dan kaya serat. Otak-otak yang dipanggang akan jauh lebih sehat dibandingkan otak-otak goreng.

Baca juga : Ini Pilihan Takjil yang Bisa Kamu Siapkan Saat Berpuasa Nanti

3. Siomay
Ahli Gizi: Berbuka Puasalah dengan Takjil Sehat dan Enak Foto: istock

Siomay juga bisa jadi alternatif menu sehat berbuka puasa. Siomay bisa terbuat dari cincang ayam, ikan atau udang lalu dibungkus dengan kulit tahu, pare atau tahu kukus.

Supaya tak kehilangan sensasi khas siomay, santap dengan sambal kacang yang kental creamy. Tambahkan juga kecap manis. Boleh saja pakai sambal tapi pastikan jumlahnya tak banyak.

4. Healthy Sushi
Ahli Gizi: Berbuka Puasalah dengan Takjil Sehat dan Enak Foto: istock

Sushi memang dikenal sebagai santapan sehat. Terbuat dari nasi Jepang yang digulung dengan udang, ikan atau sayuran.

Jika biasanya sushi dinikmati dengan soy sauce, sushi sehat ini bisa dinikmati bersama saus salsa buatan sendiri. Bisa juga dicocol dengan saus guacamole.


Ahli Gizi : Berbuka Puasalah dengan Takjil Sehat dan Enak
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih