Takjil Manis dan Gurih

Jadi Ikon Santapan Berbuka, Takjil Selalu Diburu Jelang Buka Puasa

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 07 Mei 2019 11:30 WIB
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih
Jakarta - Di bulan ramadhan takjil sudah jadi bagian dari budaya buka puasa di Indonesia. Takjil sendiri memiliki jenis beragam, dari bubur manis hingga gorengan.

Kata 'takjil' identik dengan aneka hidangan untuk berbuka puasa. Setiap harinya, terutama di sore hari, banyak orang yang sengaja pergi untuk berburu aneka gorengan, kue, es, hingga kolak yang disebut sebagai takjil.

Baca Juga: Selain Kolak, 5 Takjil Ini Juga Jadi Favorit Untuk Buka Puasa
Jadi Ikon Santapan  Berbuka, Takjil Selalu Diburu Jelang Buka PuasaFoto: Rifkianto Nugroho
Menurut Fadly Rahman, selaku penulis buku Jejak Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia, kata takjil ini berasal dari bahasa Arab, yang memiliki arti 'menyegerakan'.

Kata 'menyegerakan' ini berkaitan agar orang-orang segera membatalkan puasa mereka. Karenanya arti asli dari kata takjil adalah untuk bergegas buka puasa. Di Arab sendiri, orang-orang biasanya membatalkan puasa dengan kurma. Sehingga kurma dianggap sebagai salah satu takjil.

Tapi di Indonesia, kata takjil justru merujuk ke berbagai camilan populer untuk berbuka puasa puasa. Tak hanya kurma saja, semua makanan tradisional disajikan di sini. Hampir di setiap sudut jalan, perumahan, hingga sekitar mesjid, Anda akan menemukan penjual takjil dadakan.
Jadi Ikon Santapan  Berbuka, Takjil Selalu Diburu Jelang Buka PuasaFoto: Pradita Utama
Menu yang ditawarkan ada aneka gorengan, seperti tempe, tahu, bakwan, hingga pisang goreng. Lalu tentunya tak ketinggalan, aneka kolak hangat dan bubur manis seperti bubur kampiun, candil, hingga bubur mutiara.

Banyak juga penjual takjil yang menjajakan aneka jajanan pasar, dan kue basah yang favorit. Seperti kue lumpur, putu mayang, lemper, risoles, hingga pastel. Jika belum puas dengan aneka gorengan dan kue, takjil seperti es buah, es campur, hingga cendol juga diburu untuk melepas dahaga.

Kalau mau coba takjil kekinian juga ada. Bisa cicip es mangga khas Thailand yang legit manis, es serut khas Korea, lalu ada banana nugget yang hits, hingga martabak mini dengan aneka topping enak.

Di Indonesia, berburu takjil ini tidak hanya semata untuk mencari kudapan untuk berbuka puasa saja. Tapi sudah menjadi salah satu budaya dan tradisi di bulan ramadhan, yang dinanti banyak orang.
Jadi Ikon Santapan  Berbuka, Takjil Selalu Diburu Jelang Buka PuasaFoto: Istimewa
Hal ini terlihat dari banyaknya pasar takjil yang tersebar selama bulan ramadhan Salah satu yang terkenal ada pasar takjil di Benhil, Kramat Raya, hingga di wilayah Masjid Sunda Kelapa yang setiap harinya dipenuhi ratusan pengunjung.

Nah, dalam ulasan khusus takjil kali ini, detikFood akan mengupas tuntas tentang serba-serbi takjil populer di bulan ramadhan.

Mulai dari tempat berburu takjil yang paling lengkap, aneka kudapan yang bisa dipilih sebelum membeli takjil, hingga rekomendasi tempat jajanan yang ramai jelang buka puasa. Simak terus detikFood!

Baca Juga: Tak Sempat Bikin Takjil? Mampir Saja ke Pusat Jajan Takjil Ini!


Simak Juga 'Berburu Takjil Murah Meriah di Masjid Sunda Kelapa':

[Gambas:Video 20detik]

Jadi Ikon Santapan  Berbuka, Takjil Selalu Diburu Jelang Buka Puasa
(sob/odi)
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih