Rekomendasi Tempat Makan

Gurame Bakar dan Saus Mangga Terenak Ada di 5 Restoran Indonesia Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 05 Mei 2019 11:49 WIB
Foto: dok. detikFood/ Lusiana Foto: dok. detikFood/ Lusiana
Jakarta - Gurame memiliki tekstur daging yang empuk dan gurih ketika dimasak. Gurame juga bisa dimasak dengan paduan saus mangga, digoreng garing hingga dibakar.

Di Jakarta dan sekitarnya, ada tempat makan ikan gurame enak. Tempat ini juga punya suasana yang nyaman untuk dijadikan tempat kumpul keluarga. Kalau dimasak dengan benar ikan gurame akan memiliki rasa yang nikmat. Bahkan ada restoran yang menjual ikan gurame dengan paduan saus buah. Mau coba?

1. Bupe Resto

Ada Gurame Bakar dan Saus Mangga Terenak Ada di 5 Restoran Indonesia IniFoto: Lusiana Mustinda/detikFood

Bukit Pelayangan atau Buepe Resto punya beragam makanan khas Indonesia yang enak. Tempatnya memiliki lesehan dengan undakan layaknya perbukitan. Bupe Resto memiliki menu gurame yang juga beragam. Ada gurame goreng, gurame bumbu rujak, gurame saus mangga dan satu lagi ada gurame spesial dengan paduan saus buah.

Gurame saus buah jadi menu andalan di sini. Gurame yang sudah digoreng kering ini disiram dengan saus asam manis.
Tekstur ikannya lembut dengan bagian luar yang garing. Sausnya merupakan paduan rasa manis dan asam yang segar.

Ditambah dengan topping aneka buah yang bikin rasanya semakin nikmat. Potongan buah anggur merah, anggur hijau, nanas, strawberry dan leci ternyata serasi disandingkan dengan saus asam manis. Enak dimakan dengan nasi!

Resto Bukit Pelayangan
Jl. Cilenggang I No. 53 A
BSD, Tangsel
Telp: (021) 5382626

Baca juga: Bupe Resto: Asyiknya Makan Gurame Saus Buah dengan Suasana Pebukitan

2. Lesehan Gurame

Ada Gurame Bakar dan Saus Mangga Terenak Ada di 5 Restoran Indonesia IniFoto: dokdetikFood

Di kawasan Rawamangun ada restoran yang cukup besar. Ada pilihan tempat makan juga, mau di kursi atau di saung lesehan bambu agar lebih santai.

Deretan ikan gurame bisa Anda cicip di sini. Mulai dari gurame goreng dan juga bakar. Ukurannya juga cukup besar yaitu sekitar 500 gram - 800 gram. Salah satu yang spesial dan patut dicoba adalah Gurame Legian Kremes. '

Ikan gurame ini diambil dagingnya kemudian dipotong kecil-kecil dan digoreng dengan lapisan tepung. Tekstur luarnya renyah kriuk khas kremesan namun dagingnya tebal dan lembut kenyal. Ikan gurame juga terasa sedikit manis, tanda jika ikan ini memang segar. Cocok disantap pakai nasi putih hangat dan juga sambal. Anda juga bisa memesan udang bakar serta tumis kangkung sebagai pelengkap.

Lesehan Gurame
Jl. Pemuda No 77, Rawamangun
Jakarta Timur
Telepon (021) 4720595

Baca juga: Lesehan Gurame : Mau Makan Olahan Gurame Segar yang Sedap, di Sini Tempatnya

3. Radja Gurame

Ada Gurame Bakar dan Saus Mangga Terenak Ada di 5 Restoran Indonesia IniFoto: Detikfood

Pencinta gurame bisa memanjakan lidah di restoran ini. Ada menu serba gurame enak di restoran ini. Pilihannya ada gurame bakar, gurame goreng, gurame kuah Thailand, lada hitam, dabu-dabu hingga pesmol.

Kalau mau yang berkuah, coba sup gurame atau gurame kuah thailand yang asam pedas mirip sup tom yam. Anda juga bisa menikmati gurame pesmol dengan paduan bumbu kuning yang gurih dan pedas. Kalau tak suka ikan, Anda juga bisa mencoba menu lain berupa empal daging, ayam goreng dan ayam bakar.

Radja Gurame
Jl. Cempaka Putih Raya No. 137
Cempaka Putih, Jakarta
Telepon : (021) 4260008

4. Talaga Sampireun

Ada Gurame Bakar dan Saus Mangga Terenak Ada di 5 Restoran Indonesia IniFoto: Istimewa

Restoran seafood ini punya deretan olahan gurame yang enak. Pilihannya mulai dari gurame garang asam, pecak gurame, gurame goreng cabe ijo, gurame bakar kecap hingga sop gurame.

Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah gurame terbang yang gurih berdaging tebal. Ukuran ikan guramenya juga bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Gurame terbang bisa disandingkan dengan sambal kecap, sambal terasi atau sambal mangga yang asam pedas segar. Ikan gurame yang diolah di restoran ini juga terjamin kesegarannya jadi jangan khawatir akan mendapat ikan yang tak segar.

Talaga Sampireun
Jl Lingkar Luar Barat, Cengkareng
Jakarta Barat
Telepon : (021) 58352555

5. Lubana Sengkol

Ada Gurame Bakar dan Saus Mangga Terenak Ada di 5 Restoran Indonesia IniFoto: dok. detikFood/ Lusiana

Di daerah kampung Sengkol, ada rumah makan yang unik. Rumah makan ini menjadi salah satu tempat favorit warga Tangerang dan sekitarnya. Karena dalam satu area, Anda dan keluarga bisa memancing, bermain dan juga makan enak.

Ikan gurame jadi salah satu yang favorit. Ikan gurame goreng, bakar hingga sup tersaji enak. Namun yang bisa dicoba dan terbukti kelezatannya adalah gurame saus mangga dengan berat 600 gram.

Gurame utuh digoreng tepung terlihat renyah garing. Filletnya diiris tipis dan dibalut tepung lalu digreng kering. Disiram dengan saus merah oranye. Wuih! Aroma gurih wanginya menggelitik hidung!

Selain itu, Anda juga bisa mencicip menu lain seperti sapo tahu hingga sop iga. Tak ketinggalan ada es kelapa hinga es saran burung yang segar.

Lubana Sengkol
Jalan Hutama Karya KM. 1.5
Kp. Sengkol, Setu
Tangerang Selatan
Telp: 082113365177

Baca juga: Lubana Sengkol: Mancing Ikan Sambil Makan Gurame Saus Mangga yang Gurih Segar (lus/odi)