Pencinta Udon, Ini 10 Jenis Udon Nikmat dari Tiap Wilayah di Jepang

Shara Azzhara - detikFood Sabtu, 04 Mei 2019 17:35 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Udon berkuah bening kecokelatan jadi yang paling populer di Indonesia. Melihat ke negara asalnya, jenis udon ternyata sangat beragam dan punya keistimewaan masing-masing.

Udon merupakan mie khas Jepang yang sangat terkenal di seluruh dunia. Jenis mie udon yang biasa kita ketahui bentuknya panjang dan lebih tebal dari ramen atau mie biasa. Ternyata, di negara asalnya udon memiliki berbagai jenis yang berbeda di hampir setiap daerah.

Di daerah Hokkaido dan Tohoku, banyak produk olahan mie yang dibuat dengan bahan dasar mie kering. Karenanya, bahan ini bisa disimpan lebih lama dan dijadikan persediaan saat musim dingin. Untuk jenis hidangannya, Hokaido dan Tohoku memiliki menu populer yang beragam. Sementara di wilayah Kanto mie olahan yang dibuat banyak menggunakan bahan gandum yang merupakan hasil bumi khas daerah tersebut. Selain dua daerah tersebut, banyak pula daerah yang memiliki olahan udon yang wajib diketahui. Informasinya dirangkum dalam Tsunagu Japan (3/5) berikut.

Pencinta Udon, Ini 10 Jenis Udon Nikmat dari Tiap Wilayah di JepangFoto: Istimewa

1. Mugi Kakke (Aomori, Iwate)
Mugi Kakke merupakan hidangan mie tradisional dari Perfektur Aomori dan Iwate. Mie tradisional ini dipotong dalam bentuk segitiga. Masyarakat lokal awalnya membuat hidangan ini dari sisa adonan Soba yang disebut "kakera". Hidangan ini dimasak dalam hot pot, kemudian dicelup dengan pasta miso bawang putih atau pasta miso daun bawang yang merupakan olahan khas daerah Tohoku.

2. Getsu Udon (Hokkaido)
Udon khas Hokkaido ini dibuat dengan pati kentang yang merupakan hasil bumi terkenal dari kota Kutchan. Gosetsu artinya "hujan salju lebat" yang mencerminkan karakter mie yang transparan dan berwarna putih seperti salju di daerah Kutchan.

Baca juga: Kake dan Salad Udon, Jenis Udon Panas dan Dingin yang Enak dari Jepang

3. Azuki Batto (Aomori, Iwate)
Azuki Batto merupakan hidangan yang sangat unik. Udon dipadukan sup kacang merah manis dan biasa dimakan di wilayah tenggara Aomori dan bagian tengah serta utara Iwate sejak dahulu kala. Sejak zaman dahulu penduduk lokal biasa memberikan hidangan ini kepada tetangganya ketika ada acara pernikahan.

4. Inaniwa Udon (Akita)
Inaniwa Udon merupakan salah satu hidangan paling populer dari daerah Akita dan negara Jepang. Mie Inaniwa berbentuk tipis, pipih, dan lebih mirip dengan mie Somen dari pada Udon. Udon ini sangat disukai karena sangat lembut dan mudah di hirup.

Pencinta Udon, Ini 10 Jenis Udon Nikmat dari Tiap Wilayah di JepangFoto: Istimewa

5. Hippari Udon (Yamagata)
Hidangan ini merupakan makanan terkenal dari pedalaman Yamagata. Mie udon direbus dalam panci, kemudian di tarik dan dimasukan kedalam mangkuk terpisah dan dicampur dengan natto dan ikan sarden. Kata "Hippari" memiliki arti "tarik" dalam bahasa Jepang, kata ini dijadikan nama hidangan karena cara penyajiannya yang ditarik dari panci.

6. Mimi Udon (Tochigi)
Mimi udon sering disantap saat perayaan tahun baru karena dianggap dapat mendatangkan keberuntungan. Mie udon dilipat dengan bentuk unik yang menyerupai daun telinga. Nama Mimi sendiri diambil dari baha Jepang yang berarti "telinga". bentuk telinga tersebut dianggap sebagai telinga dewa kejahatan. Masyarakat Jepang percaya dengan memakan telingana, dewa kejahatan tidak dapat mendengan apa yang akan terjadi di dalam rumah dan mencegah hal-hal buruk terjadi. Tekstur Mimi udon sendiri sangat kenyal dan penyajiannya dilengkapi dengan berbagai topping.

Baca juga: Gurih Segar Udon dengan Topping Daging Sapi Ada di Sini

Pencinta Udon, Ini 10 Jenis Udon Nikmat dari Tiap Wilayah di JepangFoto: Istimewa

7. Hiyajiru Udon (Saitama)
Hiyajiru (atau Hiyashiru) udon merupakan makanan olahan rumah yang terkenal di daerah Omiya, Kawaego, dan Kazo. Menu ini dibuat dengan campuran biji wijen, pasta miso, daun perilla, dan gula yang dihaluskan dan dicampur dengan air atau dashi. Penyajiannya sering dilengkapi dengan irisan ketimun dan jahe.

8. Musashino Udon (Tokyo)
Mie udon Musashino berbentuk lebih tebal dengan warna yang sedikit abu-abu kecokelatan yang didapat dari tambahan kulit gandum. Teksturnya sangat padat dan tidak licin atau lembut. Umumnya udon ini dimakan sebagai tsukemen (mie celup), dengan saus berbahan dasar bonito yang kental.

9. Nagoya Kishimen (Aichi)
kishimen merupakan mie udon dengan bentuk pipih dan panjang. Namun lebih spesifik lagi, Nagoya Kishimen merupakan mie dengan bahan dan cara pembuatan khusus di daerah tertentu. Mie ini biasa disaajikan dengan tsuyu berbahan dasar miso dan kamboko (pasta ikan rebus).

Pencinta Udon, Ini 10 Jenis Udon Nikmat dari Tiap Wilayah di JepangFoto: Istimewa

10. Ise Udon
Jika kebayakan udon disukai karena kekenyalannya, Ise Udon disukai karena kelembutannya. Mie udon ini direbus hingga lembut dan dituangkan saus hitam gurih dan ditabur dengan daun bawang.

Baca juga: Begini Jadinya Kalau Udon dan Soba Disulap Jadi Ksatria Perang

(adr/adr)